Sukses


Pengertian Sejarah Menurut Ahli, Ciri-Ciri, Unsur, dan Manfaatnya

Bola.com, Jakarta - Sejarah adalah studi tentang peristiwa masa lampau yang mencakup semua aspek kehidupan manusia. Sejarah pada umumnya ditulis berdasarkan pemikiran dan tindakkan manusia di masa lampau.

Kata sejarah berasal dari bahasa Arab, "syajaratun", yang artinya pohon. Semua bagian pohon tersebut menunjukkan aspek kehidupan yang saling berhubungan satu dengan yang lain.

Kata sejarah juga disebut lebih dekat dengan bahasa Yunani, yaitu "historia", yang berarti ilmu. Dalam bahasa Inggris berasal dari "history', yakni masa lalu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, ada tiga pengertian sejarah. Pertama, sejarah adalah asal usul, keturunan, atau silsilah.

Pengertian kedua dari sejarah ialah kejadian atau peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau, riwayat, tambo. Pengertian terakhir sejarah menurut KBBI adalah pengetahuan atau uraian tentang kejadian, atau peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa yang telah lampau.

Pengertian di atas dapat ditegaskan bahwa pengertian sejarah menyangkut waktu dan peristiwa yang terjadi di masa lampau.

Namun, tidak semua peristiwa pada masa lampau dapat disebut sebagai peristiwa sejarah. Sebuah peristiwa sejarah menjadi peristiwa sejarah jika bersifat unik, abadi dan penting

Itulah sedikt penjelasan tentang pengertian sejarah. Untuk lebih jelasnya, perlu mengetahui pengertian sejarah dari para ahli.

Berikut ini pengertian sejarah menurut ahli, ciri-ciri, unsur, dan manfaatnya yang perlu diketahui, dilansir dari e-Modul Sejarah Indonesia Kelas X terbitan Kemdikbud, Rabu (6/9/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Pengertian Sejarah Menurut Ahli

1. Herodotus (484 - 425)

Sejarah bukan berkembang dan bergerak ke depan dengan tujuan yang pasti, melainkan bergerak melingkar.

2. Ibnu Khaldun (1332-1406)

Sejarah adalah catatan tentang manusia dan peradabannya dengan seluruh proses perubahan secara nyata dengan segala sebab dan akibatnya.

3. R.G. Collingwood (1889 - 1943)

R.G. Collingwood mendefinisikan sejarah sebagai penyelidikan tentang hal-hal yang telah dilakukan manusia pada masa lampau.

4. J V Bryce

Sejarah adalah catatan dari apa yang telah dipikirkan, dikatakan, dan diperbuat oleh manusia.

5. Robin Winks

Sejarah adalah pembelajaran tentang manusia dalam kehidupan masyarakat.

6. W H Walsh

Sejarah itu menitikberatkan pada pencatatan yang berarti dan penting bagi manusia. Catatan itu meliputi tindakan-tindakan dan pengalaman-pengalaman manusia pada masa lampau pada hal-hal yang penting sehingga merupakan cerita yang berarti.

3 dari 6 halaman

Pengertian Sejarah Menurut Ahli

7. Patrick Gardiner

Sejarah adalah ilmu yang mempelajari apa yang telah diperbuat oleh manusia.

8. Sir Charles Firth

Pengertian sejarah merekam kehidupan manusia, perubahan yang terus berlangsung, merekam ide-ide, dan merekam kondisi-kondisi material yang membantu atau merintangi perkembangannya.

9. John Tosh

Sejarah merupakan memori kolektif, pengalaman melalui pengembangan suatu rasa identitas sosial manusia, dan prospek manusia tersebut pada masa yang akan datang.

10. Sartono Kartodirdjo (1921 - 2007)

Menurut beliau, pada hakikatnya sejarah dibatasi oleh dua pengertian, yaitu sejarah objektif dan sejarah subjektif. Sejarah yang objektif adalah sejarah yang menunjuk pada kejadian atau peristiwa itu sendiri.

Adapun sejarah yang subjektif adalah sejarah yang telah dipengaruhi oleh emosi dan pikiran sejarawan atau penulis sejarah tentang suatu peristiwa.

11. R. Mohammad Ali

R. Mohammad Ali mendefinisikan sejarah adalah keseluruhan perubahan, kejadian, peristiwa, dan kenyataan yang memang benar-benar terjadi di sekitar kita.

12. Muhammad Yamin (1903 - 1962)

Muhammad Yamin mendefinisikan sejarah sebagai ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan dari berbagai peristiwa yang dapat dibuktikan.

4 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Sejarah

Adapun ciri-ciri yang mendukung bahwa hal tersebut benar adanya sebagai sejarah adalah sebagai berikut:

1. Peristiwa yang penting, untuk dapat dikatakan sebagai sejarah sebuah peristiwa harus memiliki dampak yang besar bagi lingkungan sekitar atau apa yang terjadi setelahnya.

2. Peristiwa unik, peristiwa sejarah harus terjadi sekali saja dan bukan merupakan sebuah peristiwa yang berulang secara sama terus-menerus.

3. Peristiwa abadi, peristiwa sejarah merupakan sebuah kejadian yang dapat diingat sepanjang masa bahkan oleh generasi selanjutnya.

4. Empiris, ilmu sejarah berasal dari pengalaman manusia (saksi) yang didokumentasikan bersama dengan pengalaman manusia yang lainnya secara kolektif.

5. Memiliki objek, objek dari penelitian sejarah adalah waktu.

6. Memiliki teori, ilmu sejarah menggunakan teori-teori untuk mendukung fakta-fakta yang diperoleh.

7. Memiliki fakta, fakta adalah tumpuan dari penelitian sejarah sehingga penelitian sejarah tidak dapat berlangsung hanya dengan teori.

8. Memiliki metode, ilmu sejarah memiliki tradisi ilmiah yang terus dikembangkan untuk memperoleh fakta yang dapat dipertanggungjawabkan.

9. Meski begitu, hasil penelitian dapat dibantah sewaktu-waktu dengan temuan fakta yang baru.

10. Generalisasi, sejarahwan selalu berupaya melakukan generalisasi atas kumpulan fakta-fakta yang ditemukan sehingga dapat memunculkan kesimpulan mengenai sebuah peristiwa yang terjadi pada masa lampau.

5 dari 6 halaman

Unsur Sejarah

Manusia

Manusia menjadi sejarah karena keberadaannya memengaruhi kehidupan. Sejarah tidak akan membahas mengenai sejarah binatang atau tumbuhan karena sudah masuk kajian ilmu biologi atau zoologi.

Manusia tidak dapat dipisahkan dari sejarah. Manusia adalah objek dan sekaligus subjek sejarah. Pada satu sisi, sejarah menceritakan tentang kisah kehidupan manusia pada masa lalu, sedangkan pada sisi yang lain kisah kehidupan manusia pada masa lalu dibuat oleh manusia.

Ruang

Ruang dalam sejarah memperlihatkan tempat terjadinya berbagai peristiwa alam, peristiwa sosial, dan peristiwa sejarah dalam proses perjalanan waktu. Keberadaan unsur ruang akan mempermudah pemahaman tentang suatu peristiwa.

Waktu

Konsep waktu dalam sejarah erat kaitannya dengan peristiwa masa lalu, masa kini, dan masa yang akan datang. Tempat atau ruang merupakan unsur penting yang harus ada dalam sejarah.

Jika berbicara mengenai penjajahan, harus ditegaskan di mana penjajahan tersebut terjadi.

6 dari 6 halaman

Manfaat Ilmu Sejarah

  • Menjelaskan bagaimana manusia dan tindakan mereka mungkin dipengaruhi oleh situasi politik atau masalah ekonomi atau kondisi geografi. Melalui sejarah, kita akan memahami perilaku manusia dan nilai-nilai suatu masyarakat.
  • Memberikan pemahaman bahwa orang-orang pada masa lalu mungkin tidak memiliki nilai yang sama seperti yang kita miliki saat ini. Pemahaman tentang masa lampau akan membantu kita untukmenghindari kesalahan agar tidak terulang pada masa kini dan mendatang.
  • Mengenal siapa diri kita sebagai pribadi dan mengenal siapa kita secara kolektif (sebagai bagian dari suatu kelompok masyarakat dan bangsa). Pemahaman tentang identitas akan menumbuhkan ikatan sosial (contohnya ketika kita mengetahui tentang sejarah keluarga maka akan menumbuhkan jiwa saling membantu karena menjadi bagian dari suatu keluarga).
  • Memahami memori dan tradisi yang diwariskan oleh generasi sebelumnya ke generasi mendatang hingga bagaimana sejarah membentuk kondisi kita saat ini.
  • Mengembangkan kecakapan berpikir kritis, kreatif, imajinatif, dan reflektif
  • Mengembangkan kecakapan ilmiah seperti mencari sumber (heuristik), memilah sumber (verifikasi), dan menganalisis sumber sejarah (interpretasi).

 

Sumber: Kemdibud

Baca artikel seputar sejarah lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer