Sukses


Jenis-Jenis Produk beserta Penjelasannya yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Produk adalah suatu barang yang diproduksi oleh pihak produsen dan ditawarkan ke pasar agar bisa memenuhi keperluan ataupun kebutuhan konsumen.

Secara umum, produk adalah segala sesuatu yang bisa diproduksi dan dapat diperjualbelikan di pasar untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Produk memiliki elemen nyata maupun tidak nyata, seperti harga, kemasan, distributor, bentuk pelayanan, dan sebagainya yang bisa memberikan kepuasan konsumen.

Produk terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan bentuk, daya tahan produk, dan kemampuannya untuk dikonsumsi.

Berikut penjelasan lebih lanjut tentang produk, dikutip dari lamanĀ Accurate dan Kitalulus, Jumat (8/9/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Produk

Jenis Produk berdasarkan kemampuannya untuk dikonsumsi

Produk Konsumsi

Produk konsumsi adalah semua barang yang dapat dimanfaatkan oleh konsumen akhir atauĀ end user. Barang-barang konsumsi dipisahkan ke dalam kategori berikut:

1. Produk Kebutuhan Sehari-hari

Contohnya adalah bahan makanan, minuman, sabun cuci, sabun mandi, sampo, dan lain-lain yang dibutuhkan dan akan lebih cepat habis jika sering digunakan sehingga konsumen akan lebih sering membelinya.

2. Produk Belanjaan

Produk ini dibelanjakan dengan membandingkan kualitas, harga, dan spesifikasi produk dengan produk lainnya yang serupa. Contohnya smartphone, tv, laptop, sepatu, dan sebagainya.

3. Produk KhususĀ 

Barang istimewa, seperti perhiasan, mobil, dan produk lainnya yang memiliki ciri khas dan terkesan mewah dan istimewa sehingga pembeli tertentu bersedia membayar mahal untuk barang tersebut.

4.Ā UnsoughtĀ GoodsĀ 

Barang yang hanya dicari untuk keperluan yang tidak diinginkan, seperti batu nisan, peti mati, dan tempat pemakaman. Produk ini biasanya tidak dikenal luas dan jika mereka mengetahui produk ini, mereka tidak harus membelinya.

Ā 

Barang Industri

Semua produk yang dapat dibeli oleh pelanggan dan digunakan sebagai bahan baku untuk diproses lebih lanjut menjadi produk jadi tergolong ke dalam produk industri. Produk industri ini terdiri dari beberapa kategori berikut:

1. Bahan Baku dan Suku Cadang

Produk jenis ini dibutuhkan untuk menciptakan produk baru yang lebih bermanfaat. Biasanya, jenis produk ini terdiri dari dua komponen, yaitu bahan baku dan suku cadang.

Contoh bahan baku adalah kayu (dapat diubah menjadi lemari, kursi) dan gandum (dapat diubah menjadi roti). Sedangkan contoh produk bahan atau suku cadang yaitu busi motor, sekrup, dan sebagainya.

2. Barang Modal

Produk ini bersifat tahan lama dan digunakan untuk membantu atau memfasilitasi produsen dalam mengelola atau mengembangkan produk yang matang dan umumnya memiliki umur yang panjang. Contohnya pabrik, gedung perkantoran, komputer, mobil, dan mesin manufaktur.

3.Ā Business Supplies and ServicesĀ 

Produk supply dapat membantu pengelolaan produk matang yang siap dijual dengan umur simpan yang relatif lama.

Contohnya seperti perlengkapan kantor, oli pelumas, bensin motor, dan lainnya. Sedangkan contoh item layanan bisnis meliputi perawatan alat, iklan produk, dan konsultan hukum.

3 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Produk

Produk Berdasarkan Bentuknya

Produk juga dapat diklasifikasikan menurut bentuknya, yaitu sebagai barang atau jasa.

1. Produk Barang

Produk ini adalah setiap barang yang memiliki bentuk fisik, dapat dilihat, disentuh, dipindahkan, dan dirasakan oleh indra manusia. Contohnya termasuk produk makanan dan minuman, aksesoris, dan lain-lain.

2. Produk Jasa

Produk jasa meliputi jasa akomodasi, jasa konsultasi, jasa make up, jasa pijat, dan lain-lain, yang mampu memberikan manfaat dan kepuasan bagi klien.

Ā 

Produk Berdasarkan Daya Tahan

Berdasarkan daya tahannya, produk dibagi menjadi dua, yaitu:

1. Barang Tidak Tahan Lama

Jenis produk ini adalah barang berwujud yang dapat dikonsumsi atau digunakan berkali-kali hingga habis, seperti pasta gigi, sabun mandi, parfum, minyak rambut, dan lainnya.

2. Barang Tahan Lama

Produk tahan lama memiliki bentuk fisik yang tidak habis dalam penggunaan berulang untuk jangka waktu yang lama. Contohnya komputer, smartphone, lemari lemari es, meja, bangku, televisi, dan sebagainya.

Ā 

Sumber:Ā Accurate, Kitalulus

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer