Sukses


9 Hadis tentang Fitnah yang Penting Dicermati

Bola.com, Jakarta - Agama Islam sangat melarang umat muslim melakukan fitnah. Fitnah dianggap dosa keji karena terkait dengan nasib orang lain.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi daring, fitnah adalah perkataan bohong atau tanpa berdasarkan kebenaran yang disebarkan dengan maksud menjelekkan orang (seperti menodai nama baik, merugikan kehormatan orang).

Itulah mengapa, umat muslim dilarang untuk melakukan fitnah karena efeknya kepada orang lain tidak main-main dan tak bisa diperkirakan.

Al-Qur’an pun mewanti-wanti umat muslim melakukan perbuatan fitnah. Sebab, fitnah termasuk dosa besar, yang mana dosanya lebih besar daripada pembunuhan.

Dalam Al-Qur’an surah An Nur ayat 4 disebutkan tentang ancaman bagi mereka yang melakukan sebuah fitnah.

“Dan orang-orang yang menuduh wanita-wanita yang baik-baik (berbuat zina) dan mereka tidak mendatangkan empat orang saksi, maka deralah mereka (yang menuduh itu) delapan puluh kali dera, dan janganlah kamu terima kesaksian mereka buat selama-lamanya. Dan mereka itulah orang-orang yang fasik.”

Selain dalam ayat Al-Qur'an, persoalan fitnah juga tertuang dalam banyak hadis Rasulullah saw.

Berikut sembilan hadis tentang fitnah yang penting dicermati umat muslim, dikutip dari laman uin-suka.ac.id dan Fiqihmuslim, Kamis (14/9/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Hadis tentang Fitnah

Hadis tentang Fitnah 1

إِنَّهُ لَمْ تَكُنْ فِتْنَةٌ فِى الأَرْضِ مُنْذُ ذَرَأَ اللَّهُ ذُرِّيَّةَ آدَمَ أَعْظَمَ مِنْ فِتْنَةِ الدَّجَّالِ وَإِنَّ اللَّهَ لَمْ يَبْعَثْ نَبِيًّا إِلاَّ حَذَّرَ أُمَّتَهُ الدَّجَّالَ

“Tidak ada ujian di muka bumi sejak Allah ciptakan Adam yang lebih besar melebihi fitnah Dajal. Dan sungguh, setiap Allah mengutus seorang nabi, pasti dia akan mengingatkan umatnya dari bahaya Dajal.” (HR. Ibnu Majah)

Hadis tentang Fitnah 2

"Tidak ada fitnah yang lebih besar melebihi fitnah Dajal." (HR. Muslim, Al Hakim, Ahmad)

Hadis tentang Fitnah 3

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

"Siapa yang menghafal 10 ayat pertama dari surah Al Kahfi, maka ia akan terlindungi dari fitnah Dajal (fitnah)." (HR. Muslim)

3 dari 4 halaman

Hadis tentang Fitnah

Hadis tentang Fitnah 4

"Tidak masuk surga orang yang suka menyebarkan fitnah,” (HR. Bukhari, Muslim)

Hadis tentang Fitnah 5

عَنْ الْمِقْدَادِ بْنِ الْأَسْوَدِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ ايْمُ اللَّهِ لَقَدْ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّ السَّعِيدَ لَمَنْ جُنِّبَ الْفِتَنَ إِنَّ السَّعِيدَ لَمَنْ جُنِّبَ الْفِتَنِ إِنَّ السَّعِيدَ لَمَنْ جُنِّبَ الْفِتَنُ وَلَمَنْ ابْتُلِيَ فَصَبَرَ فَوَاهًا

"Sesungguhnya orang yang berbahagia adalah orang yang dijauhkan dari fitnah. Dan barang siapa yang mendapat ujian lalu bersabar, maka alangkah bagusnya." (HR. Abu Dawud)

Hadis tentang Fitnah 6

"Akan terjadi fitnah, orang yang duduk lebih baik daripada yang berdiri, orang yang berdiri lebih baik daripada yang berjalan, orang yang berjalan lebih baik daripada yang berlari, barang siapa yang mencari fitnah maka dia akan terkena pahitnya dan barang siapa yang menjumpai tempat berlindung maka hendaknya dia berlindung." (HR. Bukhari, Muslim)

4 dari 4 halaman

Hadis tentang Fitnah

Hadis tentang Fitnah 7

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبيّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : إِنَّ الدُّنْيَا حُلْوَةٌ خَضِرَةٌ وَإِنَّ اللَّهَ مُسْتَخْلِفُكُمْ فِيهَا، فَيَنْظُرُ كَيْفَ تَعْمَلُونَ، فَاتَّقُوا الدُّنْيَا، وَاتَّقُوا النِّسَاءَ، فَإِنَّ أَوَّلَ فِتْنَةِ بْنِي إِسْرَائِيلَ كَانَتْ فِي النِّسَاء

“Sesungguhnya dunia ini manis dan indah. Dan sesungguhnya Allah Azza wa Jalla menguasakan kepada kalian untuk mengelola apa yang ada di dalamnya, lalu Dia melihat bagaimana kalian berbuat. Oleh karena itu, berhati-hatilah terhadap dunia dan wanita, karena fitnah yang pertama kali terjadi pada Bani Israil adalah karena wanita.” (HR Muslim, Ahmad, An Nasa’i)

Hadis tentang Fitnah 8

"Sungguh fitnah yang terjadi di antara kalian lebih aku takuti daripada fitnah Dajal. Tiada seseorang yang dapat selamat dari fitnah sebelum fitnah Dajal, melainkan akan selamat pula darinya (Dajal). Tiada fitnah yang dibuat sejak adanya dunia ini, baik kecil ataupun besar kecuali untuk fitnah Dajal." (HR. Ahmad)

Hadis tentang Fitnah 9

“Barang siapa memfitnah saudaranya (dengan tujuan mencela dan menjatuhkan kehormatannya) maka Allah akan menahannya di jembatan Jahannam sampai ia bersih dari dosanya (dengan siksaan itu).” (HR. Abu Daud)

 

Sumber: uin-suka.ac.id, Fiqihmuslim

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer