Sukses


Apa Saja Peran Lembaga Sosial dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam? Ini Penjelasannya

Bola.com, Jakarta - Indonesia merupakan negara yang memiliki Sumber Daya Alam (SDA) melimpah. Sumber daya alam adalah kekayaan alam di suatu tempat yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Banyaknya sumber daya alam yang dimiliki Indonesia tersebut perlu diatur dengan aturan-aturan tertentu demi menjaga kelestariannya. Sesuatu yang dapat mengatur perilaku tersebut ialah lembaga sosial.

Adanya lembaga sosial di masyarakat, memiliki peran dan fungsi bagi masyarakat dalam rangka mencukupi kebutuhan pokok atau dasar tiap-tiap anggota masyarakatnya.

Lembaga sosial juga berfungsi menjaga keutuhan masyarakat yang bersangkutan serta memberikan pedoman kepada masyarakat untuk mengadakan sistem pengendalian sosial (kontrol sosial).

Hal ini berarti lembaga sosial sebagai sistem pengawasan masyarakat terhadap tingkah laku anggota masyarakatnya.

Itulah mengapa, sudah seharusnya lembaga sosial yang ada di masyarakat ikut berperan dalam mengelola pemanfaatan sumber daya alam. Apa saja peran lembaga sosial dalam pemanfaatan sumber daya alam?

Berikut ini peran lembaga sosial dalam pemanfaatan sumber daya alam yang perlu diketahui, dilansir dari Buku Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP Kelas VIII terbitan Kemdikbud, Senin (18/9/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Peran Lembaga Sosial dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Peranan Lembaga Keluarga

Lembaga keluarga berperan penting untuk membentuk kepribadian individu agar dapat memanfaatkan sumber daya alam dengan baik dan benar.

Apabila semua anggota sudah mampu untuk beradaptasi dalam memanfaatkan sumber daya alam dengan baik dan benar maka kehidupan akan tercipta kehidupan yang tenang, aman, dan tenteram.

Pemberian pemahaman kepada anggota keluarga dan pembiasaan yang baik dalam keluarga akan ikut penggunaan sumber daya alam secara arif.

Peranan Lembaga Agama

Lembaga agama berperan dalam pemanfaatan sumber daya alam dengan cara menyeimbangkan kehidupan manusia antara dunia dan akhirat. Agama pada dasarnya aktivitas manusia untuk berhubungan dengan Tuhan.

Pendidikan agama menuntun individu untuk berperilaku baik terhadap sesama manusia, makhluk hidup lain, dan lingkungan alam di sekitarnya.

Semua agama mengajarkan kebaikan dan ketika manusia mempunyai agama maka manusia akan menjaga dan melestarikan sumber daya alam dengan baik dan tidak akan merusak alam hanya untuk kepentingan dirinya.

3 dari 3 halaman

Peran Lembaga Sosial dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Peranan Lembaga Ekonomi

Peranan lembaga ekonomi dalam pemanfaatan sumber daya alam, yaitu menjaga keseimbangan dalam memanfaatkan sumber daya alam.

Aturan-aturan dibuat sedemikian rupa sehingga para pelaku produksi dapat memanfaatkan ketersediaan sumber daya alam secara efektif dan efisien.

Peranan Lembaga Pendidikan

Peranan lembaga pendidikan dalam pemanfaatan sumber daya alam, yaitu memberikan kesadaran menjaga dan me lestarikan alam melalui pendidikan dalam memanfaatkan sumber daya alam.

Peranan Lembaga Politik

Peranan lembaga politik dalam pemanfaatan sumber daya alam, yaitu adanya suatu undang-undang yang dapat mengatur dan melindungi sumber daya alam yang ada di Indonesia.

Undang-undang tentang sumber daya alam bertujuan untuk melindungi sumber daya alam agar tidak dieksploitasi secara berlebihan dan dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya oleh masyarakat yang nantinya dapat dirasakan oleh generasi yang akan datang.

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer