Sukses


Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi dan Asam Urat yang Tak Boleh Diabaikan

Bola.com, Jakarta - Kolesterol dan asam urat merupakan penyakit yang biasanya dialami orang dewasa. Maka itu, kolesterol dan asam urat perlu diwaspadai.

Kolesterol adalah zat lemak yang ada dalam tubuh. Kolesterol sebenarnya merupakan zat penting bagi tubuh. Namun, jika kadarnya terlalu tinggi bisa menjadi faktor penyebab penyakit berbahaya.

Asam urat adalah sejenis penyakit sendi yang terjadi akibat kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam darah. Asam urat dapat menyebabkan rasa tidak nyaman bagi pengidapnya.

Di Indonesia, penderita kolesterol dan asam urat urat bisa dibilang tinggi. Maka itu, penting untuk memahami ciri-ciri penyakit kolesterol dan asam urat.

Dengan mengetahuinya, seseorang bisa dengan cepat mencegah dan mengobatinya agar tidak makin parah. Apa saja ciri-ciri kolesterol dan asam urat?

Berikut ini ciri-ciri kolesterol dan asam urat yang perlu diketahui, dilansir dari cimahikota.go.id dan siloamhospitals.com, Rabu (20/9/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Kolesterol

Mudah Mengantuk

Seringnya menguap terjadi akibat pasokan oksigen ke otak berkurang. Kalau frekuensi menguap sudah tidak wajar, kamu patut waspada. Bisa jadi, hal itu disebabkan menumpuknya kolesterol yang tinggi sehingga pasokan oksigen menuju otak tidak optimal.

Kesemutan

Sering merasakan kesemutan pada kaki, tangan, atau bagian tubuh tertentu merupakan satu di antara gejala aliran darah tidak lancar. Akibatnya, ada syaraf yang tidak mendapat pasokan darah yang optimal.

Secara umum, penyebab aliran darah tidak lancar disebabkan oleh kolesterol.

Pegal pada Tengkuk atau Pundak

Tengkuk atau pundak terasa pegal? Ada kemungkinan hal itu terjadi karena kurangnya suplai oksigen serta darah ke daerah tersebut akibat penumpukan kolesterol. Segera atasi agar tidak berkelanjutan.

Rasa Nyeri di Kaki

Nyeri pada kaki bisa jadi merupakan gejala kolesterol tinggi akibat tersumbatnya aliran di arteri sehingga aliran darah ke kaki terhambat.

Xanthelasma

Xanthelasma yaitu endapan kolesterol yang berada di bawah jaringan kulit. Jika ini terjadi, biasanya tampak noda kuning muda di ujung kelopak mata atau muncul bentolan kecil padat di lipatan tubuh seperti tumit, siku, atau lutut.

3 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Kolesterol

Perlemakan Hati

Ketika hati dipenuhi lemak berkadar tinggi, timbul keluhan berupa rasa tidak nyaman, begah, bahkan mual. Keadaan seperti ini bisa meningkatkan risiko penyakit sirosis, bahkan kanker hati.

Gejala Strok

Tingginya kolesterol dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah di otak karena kurangnya asupan oksigen dan darah. Kondisi ini yang menyebabkan seseorang mengalami gejala melemahnya satu di antara sisi tubuh, muntah menyemprot, atau sakit kepala yang hebat.

Kram

Gejala kolesterol tinggi juga bisa berupa kram di beberapa bagian tubuh pada malam hari saat terbangun dari tidur. Kram terjadi pada tumit, telapak kaki, dan lainnya. Rasa nyeri itu akan hilang saat tubuh digerakkan.

Nyeri Dada

Kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) yang tinggi ini berperan penting dalam terbentuknya plak di pembuluh darah (aterosklerosis).

Plak adalah penyebab tersumbatnya pembuluh darah jantung yang dapat memicu meningkatnya risiko penyakit jantung dan strok. Gejalanya, nyeri pada dada.

4 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Asam Urat

1. Nyeri pada Persendian

Gejala yang paling jelas ditandai adalah timbulnya rasa nyeri pada bagian persendian. Rasa nyeri ini diakibatkan oleh kadar asam urat yang terlalu tinggi di dalam darah sehingga menimbulkan penumpukan kristal asam urat.

Bagian yang biasanya terserang nyeri yakni pergelangan kaki, pergelangan tangan, jari tangan, lutut, dan siku.

2. Pembengkakan Sendi

Gejala asam urat berikutnya yang sering dialami penderita adalah terjadinya pembengkakan pada sendi atau sinovium.

Pembengkakan ini dapat terjadi akibat meningkatnya volume synovial atau cairan pelumas sendi pada saat bagian sendi tersebut terkena asam urat.

3. Rasa Panas pada Persendian

Pada saat sendi terserang asam urat dan mengalami radang, tidak hanya rasa nyeri dan pembengkakan yang terjadi, tetapi juga timbul rasa panas atau hangat pada sendi.

5 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Asam Urat

4. Rasa Tidak Nyaman pada Sendi

Sesaat setelah mengalami rasa nyeri, penderita asam urat akan mengalami ketaknyamanan pada sendi. Hal tersebut dapat berlangsung beberapa hari dan fase lanjutan hingga berminggu-minggu.

Jika asam urat kembali kambuh, jangka waktunya akan berlangsung lebih lama dari sebelumnya dan kemungkinan akan menyerang bagian sendi lainnya.

5. Terdapat Benjolan

Kondisi ini dapat terjadi apabila penyakit ini tidak segera ditangani secara medis. Benjolan yang terdapat pada persendian ini disebut thopi.

Thopi akan menjadi kronis dan keberadaannya permanen. Hal ini tentu saja dapat merusak sendi dan jaringan lunak di sekitarnya serta dapat merusak kulit yang mengelilingi persendian.

 

Sumber: cimahikota.go.id, siloamhospitals.com

Baca artikel seputar kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer