Sukses


Cara Menangani Kantung Mata secara Alami dan Mudah Dipraktikkan di Rumah

Bola.com, Jakarta - Kantung mata adalah kondisi pembengkakan ringan yang terjadi di bawah mata. Kantung mata normal dialami oleh siapa saja dan bukan merupakan masalah kesehatan yang serius.

Namun, terkadang kantung mata mengganggu penampilan karena akan membuat seseorang tampak lebih tua. Kantung mata bisa dihilangkan dengan cara melakukan perawatan di klinik kecantikan, hanya dengan biaya yang tidak sedikit.

Bagi kamu yang ingin menghilangkan kantung mata dengan biaya yang minim, bisa mencoba berbagai bahan alami yang bisa menghilangkan kantung mata.

Namun, perlu diingat bahwa dengan cara ini tentu hasilnya tidak instan dan memerlukan waktu beberapa lama.

Berikut cara menangani kantung mata secara alami yang mudah diaplikasikan di rumah, dilansir dari yankes.kemkes.go.id, Rabu (20/9/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Cara Menangani Kantung Mata secara Alami

1. Kantong teh

Teh tidak hanya cocok untuk dikonsumsi, tetapi bisa juga digunakan untuk menghilangkan kantung mata. Kafein dalam teh mengandung antioksidan kuat dan dapat meningkatkan aliran darah ke kulit dan berpotensi memperlambat proses penuaan.

Cara menggunakan kompres kantong teh: Seduh dua kantong teh selama 3-5 menit. Biarkan kantong teh dingin di lemari es selama 20 menit. Kemudian, peras cairan ekstra dan letakkan kantong teh ke area kantung mata. Biarkan selama 15-30 menit.

2. Irisan mentimun

Kandungan timun yang tinggi air dan vitamin C dapat membantu melembapkan kulit. Mentimun juga mengandung magnesium dan silika yang baik untuk mendukung mata agar sehat dan terlihat lebih segar.

Cara menghilangkan kantung mata dengan timur cukup mudah. Kamu tinggal memotong timun yang sudah dibersihkan tipis-tipis, lalu tempelkan ke area mata kurang lebih selama 30 menit. Ulangi cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

3 dari 3 halaman

Cara Menangani Kantung Mata secara Alami

3. Kentang

Kentang juga bisa kamu manfaatkan sebagai cara menghilangkan kantung mata secara alami. Enzim, vitamin C, dan nutrisi lain yang dibutuhkan kulit terkandung dalam kentang. Bahan yang kamu perlukan hanyalah satu buah kentang.

Pertama, kupas kulit kentang dan parut kentang. Setelah itu, letakkan kentang yang sudah diparut dalam handuk. Kemudian, letakkan handuk berisi kentang itu di atas kelopak mata yang tertutup selama 10-15 menit. Coba lakukan cara itu sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari.

4. Minyak zaitun

Minyak zaitun bermanfaat untuk menghaluskan dan mencerahkan kulit. Hal itu juga berpengaruh untuk menghilangkan kantung mata. Minyak zaitun mengandung antioksidan yang dapat mencerahkan kulit.

Cara untuk menggunakan minyak zaitun untuk menghilangkan kantung mata yakni dengan mengoleskannya dan melakukan pijatan perlahan pada mata. Gunakan setiap hari sebelum tidur dengan rutin.

5. Daun mint

Daun mint memiliki khsiat mampu menghilangkan kantung mata. Cara membuatnya mudah, hanya perlu menumbuk beberapa helai saja daun ini. Kemudian tambahkan sedikit air yang nantinya membuat daun menjadi seperti scrub.

Tinggal usapkan scrub daun mint ke sekitar kantung mata saja, diamkan kurang lebih 10 menit, lalu bilas dengan air bersih.

 

Sumber: yankes.kemkes.go.id

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer