Sukses


Jenis-Jenis Hewan Berdasarkan Cara Bergeraknya

Bola.com, Jakarta - Hampir semua makhluk hidup bergerak, walau tingkat pergerakan dan cara mereka bergerak bervariasi. Bergerak adalah satu di antara ciri kehidupan yang paling mendasar.

Setiap makhluk hidup diberi kemampuan menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Penyesuaian diri akan selalu dilakukan setiap makhluk hidup dalam merespons suatu keadaan.

Penyesuaian diri dengan lingkungan penting dilakukan oleh setiap makhluk hidup. Hal itu untuk dapat bertahan hidup, setiap makhluk hidup memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya, baik manusia, hewan, maupun tumbuhan tentu harus bergerak.

Di sisi lain, hewan dapat dikelompokkan berdasarkan cara mereka bergerak. Setiap kelompok hewan ini telah mengembangkan cara bergerak yang sesuai lingkungannya dan kebutuhan hidup mereka.

Cara mereka bergerak dapat bervariasi tergantung pada adaptasi yang dimiliki oleh spesies tertentu.

Berikut ini jenis-jenis hewan berdasarkan cara bergeraknya yang perlu diketahui, dilansir dari smpislampapb.sch.id, Rabu (27/9/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Hewan yang Bergerak dengan Kaki

Hewan juga ada yang bergerak dengan cara berjalan dengan menggunakan kaki, sama seperti manusia. Namun, berbeda dengan manusia, hewan bisa saja memiliki kaki lebih dari dua dan bahkan ada yang bergeraknya bukan dengan berjalan atau berlari, melainkan dengan melompat.

Contoh hewan yang bergerak dengan kaki adalah jerapah, beruang, kambing, kuda, unta, anjing, singa, katak, dan masih banyak lagi.

3 dari 5 halaman

Hewan yang Bergerak dengan Sayap

Apakah kamu pernah tahu hewan yang bergerak dengan sayap? Yap, mungkin yang sering dilihat adalah berbagai spesies serangga dan juga burung.

Sayap merupakan bagian tubuh yang membantu hewan untuk bisa terbang. Dengan bantuan kepakan sayap, hewan tersebut bisa terbang ke mana pun dia mau.

Contoh hewan yang bergerak dengan sayap adalah nyamuk, kupu-kupu, burung, kunang-kunang, lalat, tawon, dan masih banyak lagi.

4 dari 5 halaman

Hewan yang Bergerak dengan Perut

Apakah kamu tahu ada juga hewan yang cara bergeraknya dengan menggunakan perut? Tentu saja ada, tetapi mungkin hewan yang satu ini tidak umum untuk kamu temui di kehidupan sehari-hari.

Hewan yang bergerak dengan menggunakan perut biasa disebut dengan hewan melata. Adapun contoh hewan dengan cara bergerak menggunakan perut adalah ular, cacing, lintah, siput, dan masih banyak lagi.

5 dari 5 halaman

Hewan yang Bergerak dengan Sirip

Sirip adalah satu di antara bagian tipis yang menonjol dari tubuh hewan air dan terutama ikan dan digunakan untuk menggerakkan atau membimbing tubuh melewati air.

Hewan dengan cara bergerak menggunakan sirip adalah sebagian besar dari spesies yang ada di air.

Contoh hewan yang cara bergerak menggunakan sirip adalah adalah paus, lumba-lumba, dan ikan arwana.

 

Sumber: smpislampapb.sch.id

Baca artikel seputar edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer