Sukses


Arti Anomali beserta Dimensi dan Macam-macamya

Bola.com, Jakarta - Anomali adalah suatu kata yang sering dipakai untuk menjelaskan keadaan tidak biasa, tidak normal ataupun menyimpang.

Kata anomali pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi daring memiliki beberapa penjelasan. Pengertian pertama, anomali adalah tidak seperti yang pernah ada ataupun penyimpangan dari yang sudah ada.

Kedua, arti anomali adalah penyimpangan atau kelainan baik itu dipandang dari sudut konvensi gramatikal atau semantis suatu bahasa. Ketiga, arti anomali adalah penyimpangan dari keseragaman sifat fisik serta sering menjadi perhatian eksplorasi.

Dengan beberapa penjelasan tersebut, tidak mengherankan istilah ini kerap dipakai dalam beberapa situasi baik untuk menjelaskan suatu keadaan ilmiah, perilaku ataupun cuaca dan lainnya.

Berikut penjelasan lebih lanjut tentang anomali, disadur dari KapanLagi, Senin (2/10/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Dimensi Anomali

Anomali memiliki dua dimensi, yakni dimensi fisik dan dimensi perilaku. Anomali dimensi fisik adalah suatu keadaan yang dinilai menyimpang atau penyimpangan bisa dilihat secara fisik yakni berkaitan dengan tubuh manusia.

Sementara itu, anomali dimensi perilaku yakni dipandang dari ilmu psikologi, sosiologi, ataupun ekonomi.

3 dari 3 halaman

Macam-Macam Anomali

1. Anomali Air

Anomali air adalah menjelaskan keadaan air yang dinilai aneh, tidak normal dan tidak biasa. Misalnya saja terjadi peningkatan suhu, perubahan warna, dan lainnya pada airr.

Contoh untuk anomali air yakni ketika terjadi pemuaian air saat dipanaskan dalam suhu tertentu, tetapi justru terjadi ketaknormalan.

2. Anomali Cuaca

Anomali cuaca adalah keadaan ketika cuaca terjadi secara tidak biasa, tidak normal, keanehan, menyimpang dari biasanya.

Contoh: ketika terjadi turun salju di wilayah tropis yang seharusnya hanya ada dua musim yakni musim panas dan musim hujan.

3. Anomali Data

Anomali data adalah menjelaskan suatu data yang muncul menyimpang, tidak wajar, tidak biasa, aneh. Dengan kata lain arti anomali ini juga bisa menandakan adanya suatu kesalahan dalam data.

4. Anomali Pasar

Anomali pasar adalah keadaan ketika sekuritas atau sekelompok sekuritas berperforma berlawanan dengan gagasan pasar yang efisien. Misalnya saja anomali perusahaan, anomali musiman, anomali peristiwa atau kejadian.

5. Anomali Peremajaan

Anomali ini merupakan macam anomali dalam dunia kedokteran. Anomali peremajaan adalah suatu keadaan yang tidak biasa, tidak normal, atau kesalahan yang terjadi akibat operasi perubahan record dari relasi.

6. Anomali Penghapusan

Jika sebelumnya adalah terjadi perubahan maka anomali penghapusan artinya adalah anomali yang menjelaskan suatu kesalahan yang terjadi akibat operasi penghapusan record dari relasi.

 

Disadur dari: Kapanlagi.com (Published: 5/7/2022)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer