Sukses


9 Hadis tentang Persaudaraan yang Patut Diteladani

Bola.com, Jakarta - Islam tidak hanya mengatur urusan beragama saja, tetapi juga menuntun kehidupan umat muslim. Satu di antaranya ialah anjuran menjaga persaudaraan antarsesama atau hablumminannas.

Penting untuk menjaga persaudaraan sesama muslim maupun dengan nonmuslim. Sebab, Islam sangat membenci dan mencela perpecahan dan permusuhan.

Hal ini sesuai firman Allah Swt. dalam surah Al Hujurat ayat 10.

"Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat."

Seperti diketahui, Allah Swt. menciptakan umat manusia bersuku-suku dan berbeda agama, ras, golongan, dan warna kulit serta berbeda bahasa agar mereka saling mengenal dan menjalin persaudaraan untuk memakmurkan bumi.

Selain firman Allah Swt., Rasulullah saw. pun menganjurkan kaumnya untuk menjaga persaudaraan seperti yang dijelaskan dalam beberapa hadis.

Berikut sembilan hadis tentang persaudaraan yang patut diteladani umat muslim, dikutip dari laman Muttaqin dan Cecephilmanstaisukabumi, Selasa (3/10/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Hadis tentang Persaudaraan

Hadis tentang Persaudaraan 1

عَنْ أبْنِ عُمَرَ رَضِى الله عَنْه قَالَ: قَالَ رَسُوْلَ اللهِ صَلّى الله عَلَيْهِ وَسَلّمَ: الْمُسْلِمُ أَخُوْ الْمُسْلِمِ لا يَضْلِمُهُ ولايخذله وَلا يُسْلِمُهُ

"Seorang muslim itu adalah saudara muslim yang lain. Oleh sebab itu, jangan menzalimi dan meremehkannya dan jangan pula menykitinya." (HR. Ahmad, Bukhori, Muslim)

Hadis tentang Persaudaraan 2

"Seorang muslim saudara terhadap sesama muslim, tidak menganiyayanya dan tidak akan dibiarkan dianiaya orang lain. Dan siapa yang menyampaikan hajat saudaranya maka Allah akan menyampaikan hajatnya, dan siapa yang melapangkan kesusahan seorang muslim maka Allah akan melapangkan kesukarannya di hari kiamat, dan siapa yang menutupi aurat seorang muslim maka Allah akan menutupinya di hari kiamat. (HR. Bukhari, Muslim)

Hadis tentang Persaudaraan 3

عن البراء قال قال رسول الله صلى اللهم عليه وسلم ما من مسلمين يلتقيان فيتصافحان إلا غفر لهما قبل أن يفترقا

"Setiap dua orang muslim bertemu dan berjabat tangan niscaya diampunkan dosa keduanya sebelum mereka berpisah." (HR. Abu Daud)

3 dari 4 halaman

Hadis tentang Persaudaraan

Hadis tentang Persaudaraan 4

"Jangan putus-memutus hubungan dan jangan belakang-membelakangi dan jangan benci-membenci, dan jangan hasud-menghasud dan jadilah kamu hamba Allah sebagai saudara, dan tidak dihalalkan bagi seorang muslim memboikot saudaranya sesama muslim lebih dari tiga hari." (HR. Bukhari, Muslim)

Hadis tentang Persaudaraan 5

"Seorang muslim adalah saudara bagi seorang muslim yang lain, yang tidak boleh menganiaya saudara muslimnya dan juga tidak boleh menyerahkan saudara muslim itu kepada musuh, dan siapa meringankan seorang muslim dari kesulitan maka Allah akan memenuhi kebutuhanya." (HR. Bukhari)

Hadis tentang Persaudaraan 6

"Tidak sempurna iman seseorang di antara kalian hingga ia mencintai untuk saudaranya segala apa yang ia cintai untuk dirinya sendiri berupa kebaikan." (HR. Bukhari, Muslim)

4 dari 4 halaman

Hadis tentang Persaudaraan

Hadis tentang Persaudaraan 7

"Siapa yang ingin agar rezekinya dibanyakkan dan dipanjangkan umurnya maka hendaklah ia berhubungan baik dengan yang ada hubungan rahim dengannya." (HR. Bukhari)

Hadis tentang Persaudaraan 8

"Allah Swt. yang Maha Besar dan Maha Kuasa berfirman: Aku adalah yang Maha Pengasih (Ar-Rahman). Aku membuat ikatan persaudaraan dan memberinya nama dari nama-Ku. Jika siapa saja mempertahankan ikatan silaturahmi, mempertahankan hubungan dengannya, dan Aku akan memutus hubungan dengan siapa saja yang memutuskan silaturahmi." (HR. Abu Daud)

Hadis tentang Persaudaraan 9

"Orang mukmin itu akrab dan bersatu. Tidak ada kebaikan pada orang yang tidak bersatu dan tidak akrab." (HR. Ahmad, Ath Thabarani, Al Hakim)

 

Sumber: Muttaqin, Cecephilmanstaisukabumi

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer