Sukses


Pengertian Usaha Ekonomi beserta Jenis dan Contohnya

Bola.com, Jakarta - Usaha merupakan sebuah kegiatan manusia yang memiliki tujuan untuk mencari keuntungan ekonomi guna untuk menghidupi kebutuhan sehari-hari.

Dalam hal ini, orang yang melakukan bisnis disebut dengan seorang pengusaha atau lebih tepatnya dengan seorang pebisnis.

Pebisnis terbagi menjadi dua macam, yakni bisnis besar dan bisnis kecil.

Contoh bisnis besar seperti perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang internasional, misal seperti bisnis importir, bisnis sandang pangan dengan jangkauan luas, dan masih banyak lagi.

Sedangkan contoh bisnis kecil yakni seperti bisnis warungan, bisnis gorengan, atau bisnis yang biasa ditemukan di pinggiran jalan. Untuk jenis usaha atau bisnis ini disebutnya dengan bisnis usaha mikro atau UMKM.

Agar kamu makin paham, bisa mencermati jenis dan contoh-contohnya. Berikut macam-macam jenis dan contoh usaha ekonomi, dilansir dari laman Pinhome, Kamis (5/10/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Usaha Ekonomi

Usaha Makro atau Besar

Usaha makro merupakan suatu usaha yang bergerak di bidang perekonomian perorangan yang sifatnya sudah memenuhi kriteria tersebut.

Usaha besar merupakan suatu kegiatan usaha yang biasa dilakukan oleh beberapa badan perusahaan dengan tujuan untuk mencapai tujuan bersama.

Selain itu, jenis usah besar ini memiliki jumlah kekayaan bersih yang hasil penjualnya dalam setiap tahunya terbilang lebih besar dibanding dengan usaha UMKM atau menengah.

Adapun contoh usaha besar ini meliputi usaha BUMN, usaha milik swasta, usaha asing yang kegiatannya ada di Indonesia.

Usaha Mikro atau Kecil

Usaha kecil merupakan suatu usaha ekonomi yang melibatkan rakyat kecil, dengan tujuan untuk mencari keuntungan atau untuk memenuhi kebutuhan ekonomi sehari-hari.

Biasanya jenis usaha kecil ini hanya akan dilakukan oleh masyarakat kecil saja, untuk kriterianya adalah memiliki hasil kekayaan masih di bawah usaha besar dan usaha menengah.

Usaha Menengah

Usaha menengah merupakan suatu kegiatan ekonomi yang biasa dioperasikan oleh suatu badan hukum yang bukan dari anak perusahaan atau lebih tepatnya dengan cabang perusahaan. Namun, dalam hal ini mereka memiliki tujuan untuk mencari keuntungan dan untuk mencapai tujuan bersama.

3 dari 3 halaman

Contoh Usaha Ekonomi

Berikut merupakan contoh-contoh usaha ekonomi:

  • Laundry
  • Cuci motor dan mobil
  • Pembayaran tagihan online
  • Reseller produk
  • Warung kopi
  • Usaha berjualan jus buah
  • Pangkas rambut

 

Sumber: Pinhome

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer