Sukses


Bacaan Doa saat Cuaca Panas dan Matahari Terik, Lengkap beserta Artinya

Bola.com, Jakarta - Bacaan doa saat cuaca panas dan matahari terik penting untuk diamalkan umat muslim. Ketika cuaca panas terjadi, umat muslim dianjurkan untuk berdoa atau memanjatkan permohonan kepada Allah Swt.

Cuaca panas dan terik biasanya terjadi saat musim kemarau panjang. Selain cuaca panas, kemarau penjang mengakibatkan krisis air bersih.

Cuaca panas tidak bisa dianggap sepele. Hal itu karena suhu ekstrem bisa menimbulkan sejumlah gangguan pada fungsi tubuh.

Cuaca panas yang terjadi sering dikeluhkan banyak pihak. Menjaga kondisi tubuh tetap fit saat cuaca panas tentu jadi satu di antara langkah yang direkomendasikan.

Selain itu, umat muslim dianjurkan membaca doa saat cuaca panas dan matahari terik. Bagaimana bacaan doanya?

Berikut ini bacaan doa saat cuaca panas dan matahari terik yang bisa diamalkan umat muslim, disadur dari Merdeka, Rabu (11/10/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Doa saat Cuaca Panas dan Matahari Terik

اللهم خفف عنا وعن المسلمين، اللهم قِنا شر هذا الحر واحمنا منه ومما يحمل من أذى، اللهم لا تجعل فيه المرض ولا الهلاك لأحدٍ من عبادك، اللهم خفف حرارة الشمس وأثرها علينا، اللهم أجرنا من نار جهنم يا رحيم، اللهم أجرنا من حر جهنم يا غافر الذنب وقابل التوبة يا غفور يا رحيم.

Allahumma Khaffif ‘Anna wa ‘ani al-Muslimiin, Allahumma qina syarra haadza al-harr, wahminaa minhu wa mimmaa yaḥmilu min adzaa, Allahumma Laa Taj’al fiihi al-maradh wa laa al-halaak li ahadin min ‘ibaadika. Allahumma khaffif haraarata as-syamsi, wa atsarahaa ‘alaynaa. Allahumma ajirnaa min naari jahannama yaa Rahiim. Allahumma ajirnaa min harri jahannama yaa ghaafira ad-dzanb, wa qaabila at-taubah, Ya Ghafuur, Ya Rahiim.

Artinya:

"Ya Allah, ringankanlah dari kami dan kaum muslimin. Ya Allah, selamatkan kami dari bahaya panas ini, lindungilah kami dari panas ini dan dari penyakit yang dibawanya. Ya Allah jangan engkau jadikan pada panas ini penyakit dan kebinasaan bagi siapa pun dari para hamba-Mu. Ya Allah, ringankanlah panas matahari ini dan dampaknya bagi kami. Ya Allah, selamatkan kami dari api neraka wahai Yang Maha Pengasih. Ya Allah, selamatkan kami dari panas neraka wahai Yang Maha Mengampuni dosa, Maha Menerima taubat. Wahai Allah Yang Maha Pengampun, Maha Pengasih."

3 dari 3 halaman

Cara Menjaga Kesehatan saat Cuaca Panas

Selain berdoa, penting untuk menjaga kesehatan saat cuaca panas. Berikut ini cara menjaga kesehatan saat cuaca panas, seperti disadur dari Klikdokter:

  1. Perbanyak asupan air putih, minimal delapan gelas per hari untuk menghindari dehidrasi. Hindari konsumsi air teh karena bersifat diuretik sehingga akan membuatmu lebih sering buang air kecil.
  2. Gunakan pakaian dengan bahan tipis, tidak menyerap panas, longgar, dan berwarna terang atau putih.
  3. Memakai pelembap untuk menjaga hidrasi kulit dan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.
  4. Perbanyak asupan sayur dan buah yang tinggi kadar airnya.
  5. Jika ada waktu luang, isi dengan beristirahat cukup.
  6. Hindari paparan sinar matahari secara langsung. Jika memungkinkan, cari tempat yang sejuk, teduh, atau ruangan yang memiliki pendingin ruangan.
  7. Jika memungkinkan, kurangi aktivitas di luar ruangan antara pukul 11 siang hingga 3 sore. Sebab, pada waktu ini, suhu udara sedang mengalami peningkatan.
  8. Kamu dapat mandi untuk menyegarkan badan. Namun, jangan terlalu sering saat udara sedang panas karena akan membuat kulit menjadi lebih kering.
  9. Hindari makanan tinggi protein karena akan meningkatkan panas di dalam tubuh.
  10. Hindari pemakaian kosmetik terlalu tebal karena akan membuat udara terasa lebih panas, terutama di area wajah.
  11. Jika sudah terjadi heat cramp atau kondisi kram otot yang menyakitkan, kamu bisa mengatasinya dengan asupan makanan atau minuman yang tinggi garam.
  12. Jika terjadi heat exhaustion, segera istirahat di tempat teduh, dinginkan tubuh di lingkungan dengan udara yang sejuk, dan rehidrasi tubuh dengan cairan, lalu segera ke rumah sakit.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Published: 13/9/2021), Klikdokter (Published: 24/10/2019)

Baca artikel seputar bacaan doa lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer