Sukses


Pengertian Konstitusi, Tujuan, Fungsi, dan Jenis-jenisnya

Bola.com, Jakarta - Konstitusi adalah hukum dasar suatu negara yang menentukan tata cara pembentukan pemerintahan, hak-hak dan kewajiban warga negara, serta hak-hak lembaga pemerintah.

Dari aspek bahasa, konstitusi berasal dari bahasa Inggris, "constitution" yang berasal dari asal kata "constitute", "constitue" atau "to constitue" yang artinya membentuk. Oleh karena itu, kata "konstitusi" maknanya selalu terikat dalam konteks pembentukan suatu organ dan organisasi.

Sementara, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi daring, pengertian konstitusi adalah segala ketentuan dan aturan tentang ketatanegaraan (undang-undang dasar dan sebagainya).

Di Indonesia, konstitusi adalah Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. Konstitusi merupakan dasar bagaimana suatu pemerintahan bekerja.

Itulah sedikit penjelasan tentang pengertian konstitusi. Untuk lebih jelasnya, ketahui pengertian konstitusi menurut ahli, tujuan, fungsi, dan jenis-jenisnya.

Berikut ini pengertian konstitusi menurut ahli, tujuan, fungsi, dan jenis-jenisnya yang perlu diketahui, dilansir dari pascasarjana.umsu.ac.id dan pusdik.mkri.id, Kamis (12/10/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Pengertian Konstitusi Menurut Ahli

Wirjono Prodjodikoro

Konstitusi berarti pembentukan dan yang dibentuk ialah negara bermakna bahwa konstitusi mengandung permulaan dari segala peraturan mengenai suatu negara.

Sri Soemantri Martosoewignjo

Konstitusi dapat diartikan dalam arti sempit dan luas. Dalam arti sempit, konstitusi dituangkan dalam suatu dokumen, seperti udang-undang dasar.

Brian Thomson

Apa itu konstitusi? Konstitusi adalah sebuah dokumen yang memuat aturan-aturan hukum dalam menjalankan sebuah organisasi.

Phillips Hood and Jackson

Konstitusi adalah suatu bentuk aturan, adat istiadat, kebiasaan-kebiasaan yang menentukan susunan dan kekuasaan organ-organ negara, dan yang mengatur hubungan-hubungan di antara berbagai organ negara itu satu sama lain, serta hubungan organ-organ negara itu dengan warga negara.

3 dari 6 halaman

Tujuan Konstitusi

Tujuan adanya konstitusi secara ringkas dapat dibagi menjadi tiga, yaitu sebagai berikut:

1. Konstitusi bertujuan untuk memberikan pembatasan sekaligus pengawasan terhadap kekuasaan politik. Tujuan ini berfungsi untuk membatasi kekuasaan penguasa sehingga tidak melakukan tindakan yang merugikan masyarakat banyak.

2. Konstitusi bertujuan untuk melepaskan kontrol kekuasaan dari penguasaan sendiri. Bisa juga memberikan perlindungan terhadap Hak Asasi Manusia (HAM) sehingga dengan adanya konstitusi maka setiap penguasa dan masyarakat wajib menghormati HAM dan berhak mendapatkan perlindungan dalam melakukan haknya.

3. Konstitusi bertujuan memberikan batasan-batasan ketetapan bagi para penguasa dalam menjalankan kekuasaannya. Selain memberikan batasan-batasan untuk penguasa dalam menjalankan kekuasaanya, hal ini juga bertujuan untuk memberikan pedoman bagi penyelenggara negara agar negara dapat berdiri kukuh.

4 dari 6 halaman

Fungsi Konstitusi

Konstitusi memiliki beragam fungsi yang sangat penting dalam sistem pemerintahan suatu negara. Berikut ini beberapa fungsi konstitusi secara lengkap:

Mengatur Kekuasaan Pemerintahan

Konstitusi menentukan bagaimana kekuasaan akan dibagi antara cabang-cabang pemerintahan, seperti eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Ini membantu mencegah penyalahgunaan kekuasaan oleh pemerintah.

Mengatur Hubungan Pemerintah dan Rakyat

Konstitusi menetapkan hubungan antara pemerintah dan warga negara. Ini mencakup hak dan kewajiban warga negara serta hak-hak asasi manusia yang dilindungi oleh konstitusi.

Menentukan Batasan-batasan Kekuasaan

Konstitusi mengatur batasan-batasan terhadap kekuasaan pemerintah. Ini memastikan bahwa pemerintah tidak beroperasi secara sewenang-wenang dan harus tunduk pada hukum.

Mengatur Proses Perubahan

Konstitusi menguraikan bagaimana perubahan atau amendemen terhadap konstitusi dapat dilakukan. Ini sering kali melibatkan prosedur yang rumit dan memerlukan persetujuan yang luas.

5 dari 6 halaman

Fungsi Konstitusi

Mengatur Hukum

Konstitusi sering mengandung norma-norma hukum yang lebih spesifik, seperti peraturan mengenai perpajakan, hak milik, atau kebijakan sosial.

Mengatur Otonomi Daerah

Konstitusi dapat mengatur hubungan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, termasuk tingkat otonomi yang dimiliki oleh daerah-daerah.

Memberikan Pedoman Moral

Konstitusi sering mencerminkan nilai-nilai dan prinsip-prinsip moral yang dijunjung tinggi dalam masyarakat, membantu membentuk karakter bangsa.

Mengatur Hubungan Internasional

Konstitusi juga dapat mengatur hubungan internasional negara tersebut, termasuk prosedur untuk menyetujui perjanjian internasional.

6 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Konstitusi

Konstitusi Tertulis

Konstitusi tertulis merupakan sekumpulan aturan pokok dasar negara, bangunan negara, dan tata negara yang mengatur perikehidupan satu bangsa di dalam persekutuan hukum negara.

Berikut ini adalah beberapa contoh konstitusi tertulis yang pernah digunakan negara Indonesia, di antaranya yaitu:

a. UUD 1945

b. UUD RIS

c. UUD Sementara

d. UUD 1945 Hasil Amandemen

Konstitusi Tidak Tertulis

Konstitusi yang tidak tertulis dapat juga disebut sebagai konvensi. Konvensi memiliki pengertian sebagai kebiasaan sistem tata negara yang sering ada dalam sebuah negara.

Berikut ini adalah beberapa contoh konstitusi tertulis yang pernah digunakan negara Indonesia, di antaranya yaitu:

a. Keputusan di MPR diambil dan diputuskan berdasarkan musyawarah secara mufakat.

b. Pidato Presiden pada sidang paripurna DPR setiap tanggal 16 Agustus 1945, dan Pidato Presiden sebelum MPR melakukan sidang. Presiden sebagai kepala negara telah menyiapkan bahan-bahan untuk sidang umum MPR yang akan datang.

c. Adat istiadat

 

Sumber: pascasarjana.umsu.ac.id, pusdik.mkri.id

Baca artikel seputar edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer