Sukses


5 Contoh Teks Biografi Diri Sendiri Singkat, Baik, dan Benar

Bola.com, Jakarta - Di bangku sekolah pada pelajaran Bahasa Indonesia, kamu mungkin pernah mendapatkan tugas membuat teks biografi diri sendiri.

Teks biografi diri sendiri atau juga bisa disebut dengan autobiografi adalah kisah, cerita, atau teks yang berisikan perjalanan hidup seseorang.

Isi teks biografi diri sendiri biasanya memuat kisah dari masa kanak-kanak sampai keadaan penulis saat ini. Di dalamnya terdapat pesan atau hikmah yang dapat diambil pembaca.

Pada dasarnya, teks biografi diri sendiri bersifat subjektif karena segala sumber penulisan tersebut berdasarkan kerangka pemikiran dan ingatan penulisnya sendiri.

Teks biografi diri sendiri bisa ditulis sendiri atau juga dapat disusun oleh oleh orang lain, tetapi berdasarkan pengetahuan atau penuturan dari tokoh yang bersangkutan.

Bagi yang ingin menulis teks biografi diri sendiri, tetapi kesulitan dalam merangkai kata-katanya, bisa mencermati beberapa contoh pada artikel ini.

Berikut lima contoh teks biografi diri sendiri singkat, yang bisa menjadi petunjuk membuatnya dengan baik dan benar, dikutip dari laman Titikdua dan Pendidikanpedia, Rabu (18/10/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Contoh Teks Biografi Diri Sendiri Singkat 1

Perkenalkan, aku Dewi Anggini, gadis yang lahir pada tanggal 12 Juni 1998 di Majalengka.

Aku merupakan buah dari pasangan Rizal dan Riska. Aku memiliki seorang kakak dan adik. Dewi ialah panggilan akrabku. Keluargaku merupakan keluarga yang sederhana dan berkecukupan.

Ayahku bekerja sebagai pegawai di sebuah perusahaan swasta. Sedangkan ibuku berprofesi sebagai tenaga pendidik di madrasah yang letaknya tidak jauh dari rumah kami.

Sedari kecil kedua orang tuaku selalu mengajarkan sikap jujur, baik kepada sesama, dan rajin beribadah kepadaku.

Saat aku berusia 6 tahun, aku masuk ke SDN 3 Pasawahan, Majalengka. Selepas lulus dari SD tersebut aku melanjutkan pendidikan di SMPN 1 Majalengka, tepatnya tahun 2009.

Selanjutnya, ketika aku lulus di tahun 2012, aku memutuskan untuk pindah ke Kota Bandung bersama dengan bibiku. Kami tinggal di sekitar daerah Buah Batu.

Di Bandung, aku melanjutkan sekolah di SMA yang tidak jauh dari tempat tinggal kami. Satu di antara hobiku saat itu adalah membaca dan menulis. Saat memasuki tahun kedua SMA, aku ikut dalam sebuah kejuaraan menulis cerpen antarsekolah se-kota Bandung.

Aku menulis cerpen dengan judul "Kisah di Desa Ujung Timur". Aku tidak berharap lebih saat itu, tetapi ternyata aku berhasil meraih peringkat ketiga di kejuaraan menulis cerpen tersebut. Tentu aku tidak akan pernah melupakan momen-momen itu.

Momen di saat namaku disebut oleh juri kemudian naik ke atas panggung. Apalagi, saat itu aku bersanding, menyalami, dan diberikan penghargaan oleh bapak Ridwan Kamil yang saat itu masih menjabat sebagai Wali Kota Bandung.

Setelah memperoleh pengalaman emas itu, aku makin semangat untuk terus menulis. Aku berharap, suatu nanti aku bisa menjadi penulis cerpen terkenal yang karyanya selalu dinantikan oleh para pembaca dan dapat menginspirasi.

Kini aku masih duduk di kelas XII SMA dengan jurusan Bahasa. Ketika lulus nanti, aku akan melanjutkan pendidikan di satu di antara perguruan tinggi negeri dengan jurusan Sastra Indonesia.

3 dari 6 halaman

Contoh Teks Biografi Diri Sendiri Singkat 2

Perkenalkan aku Iki, teman-temanku biasa memanggilku begitu. Sementara nama asliku adalah Muhammad Rizki Maulana.

Aku suka menulis, membaca buku, dan juga main futsal. Tempat dan tanggal lahirku yaitu di Yogyakarta, 18 Juni 1995. Ayah dan ibuku bernama Rohmat dan Linda.

Aku merupakan anak kedua dari tiga bersaudara. Kakakku bernama Lusi Lusiana, sekarang ia sudah tinggal bersama suami di Kota Purwokerto. Sementara adikku masih berusia 6 tahun, ia bernama Isma.

Bisa diketahui bahwa aku merupakan satu-satunya anak laki-laki di keluarga kami karena baik kakak maupun adikku, semuanya perempuan. Aku mulai bersekolah di tahun 2002, tepatnya di SDN Mulya Budi.

Pada 2007, aku lulus SD dan melanjutkan pendidikanku ke SMPN 1 Karang Tiara. Aku lulus dari SMP tahun 2010.

Lalu aku masuk ke sekolah SMA impianku, yaitu SMAN 12 Yogyakarta. Sekolah itu merupakan impianku karena di sana terdapat tim futsal yang sudah aku idolakan sejak dulu.

Betapa senangnya aku ketika aku berhasil menjadi salah seorang anggota tim futsal SMAN 12 Yogyakarta. Dengan tekad dan kerja sama yang kuat, kami berhasil menjuarai beberapa kompetisi di tingkat antarsekolah dan antarkota.

Beberapa prestasi yang berhasil kami raih di antaranya Juara I Piala Wali Kota Yogyakarta 2013, juara I Kilimanjaro Cup 2013, dan peringkat kedua Futsal Hardiknas Cup 2012.

Saat ini aku makin bersemangat untuk mengejar cita-citaku menjadi anggota Timnas Futsal Indonesia dan membawa nama bangsa di dunia futsal internasional.

Aku juga berharap bisa memberangkatkan haji kedua orang tuaku suatu hari nanti. Semoga aku bisa mewujudkannya!

4 dari 6 halaman

Contoh Teks Biografi Diri Sendiri Singkat 3

Namanya adalah Dewi Anggraeni, lahir di Tasikmalaya, 30 Desember 1997, ia adalah anak ketiga dari lima bersaudara, buah dari pasangan Kamaruddin dan Siti Zubaidah. Dewi adalah panggilan akrabnya, ia terlahir di keluarga yang sangat sederhana.

Ayahnya seorang guru honorer di sebuah madrasah tsanawiyah, sedangkan ibunya bekerja sebagai buruh di pabrik sepatu tak jauh dari rumahnya. Sejak kecil dia selalu dinasihati ayahnya untuk selalu rajin beribadah, jujur, dan baik terhadap sesama.

Ketika berumur 6 tahun, ia memulai pendidikan di SDN 1 Ciawi, Tasikmalaya, kemudian setelah lulus dia melanjutkan di SMPN 1 Tasikmalaya pada 2009. Selepas lulus dari SMP pada 2012, dia ikut pamannya tinggal di Kota Bandung dan melanjutkan di SMA xx Kota Bandung.

Ketika menginjak kelas X SMA tersebut, dia mengikuti lomba menulis puisi antar sekolah se-Kota Bandung, dan puisinya yang berjudul, "Senja di Barat Cikapundung" menjadi pemenang ke-3 dalam perlombaan tersebut.

Tentu saja ini membuat hatinya senang dan makin bersemangat dalam menulis, terutama puisi-puisi bertemakan lingkungan. Baginya, lingkungan merupakan satu di antara aspek penting dalam kehidupan karena lingkungan yang bersih dan asri dapat membuat jiwa manusia kuat dan sehat.

Selain itu, ia juga aktif dalam berbagai kegiatan di sekolah. Dewi bergabung dengan organisasi Pramuka dan juga pernah menjabat sebagai pemimpin redaksi majalah dinding sekolah.

Saat ini, dia masih duduk di kelas XII SMA jurusan Bahasa. Setelah lulus nanti gadis berkulit hitam manis ini berencana untuk melanjutkan kuliah di jurusan Sastra Indonesia Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.

5 dari 6 halaman

Contoh Teks Biografi Diri Sendiri Singkat 4

Aku Wesley Kaleida, panggil saja aku Wes atau Wesley. Aku lahir di Sorong, Papua, pada 12 Januari 1995. Namun, saat ini aku tinggal di kota Jakarta dan menjadi mahasiswa di Universitas Trisakti, Jakarta.

Aku memiliki hobi-hobi yang cinta dengan tumbuhan dan juga berolahraga, terutama olahraga joging. Bagiku tumbuhan dan kesehatan adalah hal yang sangat penting untuk kebugaran tubuh kita.

Ketika aku masih kecil, aku pernah tinggal di bantaran Sungai Ciliwung. Yah, setiap musim penghujan tiba, rumahku menjadi langganan banjir ibu kota. Kemudian, aku bersama keluargaku yang sederhana terpaksa harus mengungsi ke pusat pengungsian di daerah Cikini. Sayangnya, seiring berjalannya waktu, banjir ibu kota seakan tidak memiliki pemecahan yang pasti.

Ketika aku masuk di bangku SMA tahun 2011, aku menyadari bahwa permasalahan banjir ibu kota yang setiap tahun melanda bukanlah menjadi tanggung jawab pemerintah semata.

Masyarakat, perusahaan, atau lembaga-lembaga lain juga harus bersinergi dan berkolaborasi dalam upaya memecahkan masalah tersebut. Caranya cukup sederhana, minimal kita tidak membuang sampah sembarangan, terutama ke sungai.

Saat itulah aku memutuskan untuk bergabung dengan Komunitas Pencinta Alam dan Peduli Lingkungan yang ada di Jakarta. Komunitas ini memiliki program rutin yaitu menyosialisasikan berbagai cara kreatif yang dapat dilakukan oleh masyarakat agar dapat mengantisipasi terjadinya banjir.

Dalam kampanye itu juga tak lupa kami menyelingi dengan pola hidup sehat dan kegiatan bakti sosial, terutama terhadap korban banjir di Jakarta.

Dari berbagai aktivitas itulah aku dapat memberikan manfaat bagi orang lain, terutama bagi keluargaku. Setidaknya jika kita berbagi kepada orang lain, kita dapat membantu mereka dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Saat ini, Puji Tuhan, aku tinggal bersama ayahku yang sudah bekerja di satu di antara perusahaan nasional yang berada di wilayah Jakarta Utara. Sekarang aku tidak hanya aktif di Komunitas Pencinta Alam dan Peduli Lingkungan saja, tetapi juga komunitas Parkour de Batavia dan komunitas Goowes Jakarta.

6 dari 6 halaman

Contoh Teks Biografi Diri Sendiri Singkat 5

Nuraeni tinggal di kota Bandung dan menjadi satu di antara siswi kelas XI, SMA Negeri 76 Bandung, jurusan IPA. Ia lahir di Ambon pada 10 Januari 1999.

Selain memiliki ketertarikan dalam bidang yang berhubungan dengan tumbuh-tumbuhan, ia juga memiliki hobi berolahraga, terutama joging. Baginya, tumbuhan dan kesehatan penting dan saling berkaitan satu sama lainnya.

Semasa kecil dia pernah tinggal di dekat Kali Ciliwung dan setiap musim hujan rumahnya selalu kebanjiran dan kemudian mengungsi ke tempat penampungan. Kejadian tersebut terus terulang dari tahun ke tahunnya.

Hal tersebut kemudian membuatnya berpikir, bahwa datangnya banjir tersebut bukan semata karena faktor alam saja. Namun, juga karena faktor manusia yang sering membuang sampah sembarangan ke sungai, pemukiman liar di bantaran sungai, dan kurangnya resapan air.

Itulah yang membuat hatinya tergerak untuk ikut menyadarkan masyarakat agar tak membuang sampah sembarangan. Dia pun kemudian bergabung dengan komunitas peduli lingkungan di kota Jakarta.

Setiap akhir pekan gadis berkulit hitam manis ini ikut melakukan penyuluhan dan bakti sosial. Untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan dan lingkungan.

Saat ini, Nuraeni tinggal bersama ayahnya yang berprofesi sebagai pegawai swasta di perumahan Puri Makmur nomor 103, Kemang. Selain aktif di komunitas peduli lingkungan, ia juga aktif di komunitas sepeda Batavia, tanaman hias dan parkour Jakarta Selatan.

 

Sumber: Titikdua, Pendidikanpedia

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer