Sukses


Arti Medan Magnet beserta Pengukuran dan Prinsipnya

Bola.com, Jakarta - Medan magnet adalah sebuah gambaran yang biasa kita gunakan untuk merepresentasikan bagaimana gaya magnet terdistribusi di antara suatu benda bermagnet atau di sekitar benda bermagnet tersebut.

Dalam ilmu fisika, medan magnet adalah suatu medan yang dibentuk dengan menggerakkan muatan listrik (arus listrik) yang menyebabkan munculnya gaya di muatan listrik yang bergerak lainnya.

Sebuah medan magnet adalah medan vektor, yaitu berhubungan dengan setiap titik dalam ruang vektor yang dapat berubah menurut waktu. Arah dari medan ini adalah seimbang dengan arah jarum kompas yang diletakkan di dalam medan tersebut.

Ada dua jenis sumber magnet yang menghasilkan medan magnet, yakni sumber alamiah dan sumber buatan.

Berikut penjelasan lebih lanjut tentang medan magnet, dilansir dari lamanĀ Stekom dan Studiobelajar, Kamis (19/10/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Pengukuran Medan Magnet

LantaranĀ medan magnet merupakan besaran vektor, ada dua aspek untuk mengukur medan magnet, yakni besarnya dan arahnya.

Untuk mengukur arahnya, kita dapat menggunakan kompas magnet. Jika kompas magnet diletakkan di sekitar medan magnet, arah jarum kompas akan mengikuti arah medan magnet di titik tersebut.

Pada rumus medan magnet, besarnya medan magnet dituliskan dengan simbol B. Sesuai sistem Internasional,Ā besarannyaĀ memiliki satuan dalam tesla (T) yang diambil dari nama Nikola Tesla.

Tesla didefinisikan sebagai seberapa besar gaya medan magnet. Contohnya, sebuah kulkas kecil memproduksi medan magnet sebesar 0,001 T.

AdaĀ satu cara untuk membuat medan magnet tanpa menggunakan magnet, yakni dengan mengalirkan arus listrik.

Jika kita alirkan arus listrik melalui kabel (contohnya dengan menyambungkannya ke baterai),kita akan mendapat dua fenomena. Makin besar arus yang mengalir pada kabel, akan makin besar pula medan magnet yang dihasilkan.

3 dari 3 halaman

Prinsip Penggunaan

Medan magnet memiliki empat jenis prinsip yang dapat menjelaskan karakteristiknya penggunaannya.

  • Prinsip pertama bahwa suatu medan magnet hanya menghasilkan arus listrik pada bagian tubuh dari magnet.
  • Prinsip kedua ialah medan magnet yang dapat terpengaruh oleh arus listrik dapat menghasilkan gaya. Prinsip ini digunakan pada motor listrik.
  • Prinsip ketiga ialah tegangan listrik dapat dihasilkan pada medan magnet yang mengalami perpindahan penghantar listrik. Prinsip ini digunakan pada generator listrik.
  • Sedangkan prinsip keempat ialah jumlah kumparan penghantar listrik menentukan lamanya waktu yang diperlukan untuk pertukaran suatu medan magnet.

Ā 

Sumber: Stekom,Ā Studiobelajar

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer