Sukses


Macam-Macam Ciri Orang Manipulatif yang Perlu Dipahami

Bola.com, Jakarta - Dalam kehidupan sosial, orang manipulatif kerap dihindari. Pasalnya, ia bisa dengan mudah memengaruhi emosi dan mental seseorang untuk menjatuhkan saingan atau musuhnya.

Manipulasi adalah bentuk mekanisme pertahanan diri seseorang ketika berhadapan dengan lingkungan atau masalah yang membuatnya tertekan.

Cara tersebut dipakai untuk melindungi dirinya dengan membalik fakta atau menyerang orang lain dalam berbagai macam cara.

Manipulasi juga menjadi satu di antara cara lain pelaku untuk menyerang dan memengaruhi emosi orang lain. Jadi, ia bisa mengendalikan orang tersebut dan mendapatkan apa yang ia inginkan.

Berikut macam-macam ciri orang manipulatif yang perlu diwaspadai, disadur dari Klikdokter, Sabtu (21/10/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Macam-Macam Ciri Orang Manipulatif

1. Mengambil Keuntungan untuk Diri Sendiri

Orang yang manipulatif akan melakukan berbagai cara untuk menguntungkan dirinya sendiri. Tidak peduli apa yang ia perbuat dan seberapa merugikannya untuk orang lain, orang manipulatif tetap akan melakukannya.

Ia akan kehilangan rasa empati kepada orang lain demi meraih keuntungan.

2. Memutarbalikkan Fakta

Memutarbalikkan fakta yang ada agar dirinya terlihat lebih baik juga jadi tanda orang manipulatif. Selain itu, memutarbalikkan fakta agar orang lain merasa bersalah jadi ciri lainnya.

3. Mudah Dekat dengan Orang Lain

Orang manipulatif bisa dengan mudah dekat dengan orang lain. Di sinilah ia akan membuat targetnya terbuka dengan rahasia-rahasia yang dimiliki. Nantinya, rahasia ini akan dijadikan sebagai "senjata" untuk menjatuhkan atau melawan orang tersebut suatu saat nanti.

Orang manipulatif juga bisa bersikap sangat baik kepada orang lain supaya orang tersebut bisa percaya dengannya.

3 dari 3 halaman

Macam-Macam Ciri Orang Manipulatif

4. Sering Berada di Zona Nyaman

Orang manipulatif biasanya cenderung berinteraksi di zona nyamannya, misalnya lingkungan pertemanan, keluarga, dan kantor. Cara ini dilakukan agar ia bisa mengendalikan keadaan dan mendapatkan apa yang diinginkan dengan lebih mudah.

Ketika masuk ke circle baru, orang manipulatif juga akan bersikap sebaik mungkin agar diterima.

5. Merendahkan Orang Lain

Merendahkan orang lain agar orang tersebut merasa inferior dan si pelaku menjadi superior jadi kebiasaan lainnya dari manipulator.

Sebisa mungkin orang tersebut akan membicarakan kejelekanmu di depan orang banyak sehingga tidak ada lagi yang mau dekat atau percaya denganmu. Sebaliknya, tingkah tersebut membuat pelaku jadi makin disukai karena dianggap "baik" oleh orang-orang sekitar

6. Menyalahkan Orang Lain

Menyalahkan orang lain untuk membenarkan dirinya juga menjadi ciri orang yang manipulatif. Biasanya, ia akan mencari kesalahan orang untuk menutupi kelakuan buruknya. Jadi, ia tidak akan dibenci oleh lingkungan sekitarnya.

Sebaliknya, justru orang-orang akan dimanipulasi sehingga membenci individu tertentu.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 20/7/2021)

Yuk, baca artikel kesehatan mental lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer