Sukses


Cara Meminimalkan Cyber Crime yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Kejahatan cyber atau cyber crime adalah suatu tindakan kejahatan yang berkaitan dengan komputer maupun perangkat jaringan, biasanya kejahatan ini dilakukan secara online.

Kejahatan cyber bisa menargetkan siapa saja. Jika kamu menjadi satu di antara korbannya, dapat mengakibatkan banyak merugikan. Bahkan berpengaruh pada kondisi mental hingga kerugian secara finansial.

Satu di antara contoh dari cyber crime yang berbahaya adalah doxxing, yang berujung pada cyberbullying hingga pengambilan data pribadi dan menyebarkannya di internet.

Tujuan dari tindakan ini bermacam-macam. Mulai ancaman, pemerasan, mempermalukan seseorang, dan mengambil keuntungan yang lainnya.

Seiring pesatnya kemajuan teknologi dan internet, ancaman kejahatan siber atau cyber crime makin banyak bermunculan.

Agar tak menjadi korban, berikut cara meminimalkan cyber crime, dilansir dari kominfo.kotabogor.go.id, Senin (23/10/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Cara Meminimalkan Kejahatan Cyber

1. Jangan gunakan software bajakan.

Jika kamu menggunakan software bajakan, akan berpotensi mencuri dan merusak data karena aplikasi atau software bajakan rentan virus malware.

2. Jangan mudah percaya dan selalu waspada

Jangan mudah percaya pada seseorang yang baru saja kamu kenal. Kamu harus tetap waspada pada saat berselancar di internet hal tersebut karena banyak bahaya yang dapat mengancam.

Selain itu jangan asal dalam mencari situs informasi di internet apalagi website.

3. Jangan bagikan data informasi pribadi

Janganlah meng-upload segala sesuatu terkait dengan data diri dan informasi pribadi ke dalam media sosial. Satu di antara yang sempat tren, yang ramai, dan menjadi trending Instagram Story adalah fitur stiker "Add Yours".

Melalui fitur tersebut pengguna Instagram dapat mengikuti fitur tersebut, serta memulai sebuah tantangan yang bisa dilanjutkan oleh pengguna Instagram yang lainnya, Yaitu membagikan data pribadi seperti menyebutkan nama panggilan, kota tempat tinggal, dan menunjukkan tanda tangan, tempat tanggal lahir.

Selain itu Ketika ada seseorang yang baru kamu kenal, jangan membagikan dan memberikan informasi prinadi apa pun kepadanya. Apalagi seseorang tersebut menjanjikan hadiah dan meminta data pribadimu.

4. Jangan gunakan kata sandi untuk semua akun

Jangan menggunakan satu kata sandi yang sama untuk semua akun karena mudah ditebak oleh pelaku yang mengincar akun media sosial dan akun lainnya, bahkan membajak m-banking-mu.

 

Sumber: kominfo.kotabogor.go.id

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer