Sukses


18 Contoh Kata-Kata Penutup Presentasi, Bikin Audiens Terkesan

Bola.com, Jakarta - Presentasi merupakan satu di antara bentuk komunikasi berbicara di depan audiens yang bertujuan untuk menyampaikan pendapat, topik, atau informasi.

Ketika melakukan presentasi, tentu kamu ingin membuat para audiens terpukau dan berkesan. Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan agar presentasimu terlaksana dengan baik, terutama bagian penutup.

Penutup presentasi tak hanya sekadar mengakhiri kegiatan tersebut, tetapi juga menentukan kesan audiens.

Itulah mengapa, kamu harus menyusun bagian penutup sedemikian rupa agar keseluruhan presentasi bisa direspons dan diingat baik oleh audiens.

Di bawah ini ada banyak rekomendasi contoh kata-kata penutup presentasi yang bisa kamu tiru dan modifikasi.

Berikut 18 contoh kata-kata penutup presentasi yang bikin audiens terkesan, dikutip dari laman Duniakampus dan Indorsie, Kamis (26/10/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Contoh Kata-Kata Penutup Presentasi

1. "Sekian presentasi saya dan saya mengucapkan terima kasih banyak atas kritik, saran, dan evaluasi yang membangun untuk presentasi saya yang lebih baik ke depannya."

2. "Terima kasih banyak audiens atas perhatiannya, saya tutup presentasi kali ini dengan mengucap Alhamdulillah dan Wassalamualaikum Wr. Wb."

3. "Seperti yang disampaikan Bunda Dorce, jika ada kekurangan dalam presentasi ini semata karena kekurangan saya sebagai manusia, jika ada yang benar itu semata karunia Allah Swt."

4. "Bu Dian bawa bonsai, bonsainya pohon ceri. Presentasi telah usai, saatnya kami pamit undur diri."

5. "Sekian presentasi dari kami, Bu Sari datang dari Pasai, mampir ke pasar beli stroberi. Presentasi telah usai, saatnya kami undur diri."

6. "Sekian presentasi hari ini saya sampaikan. Jika ada kekurangan di dalamnya, saya mohon maaf. Namun, jika ada kelebihannya tidak perlu dikembalikan."

3 dari 4 halaman

Contoh Kata-Kata Penutup Presentasi

7. "Sekian yang dapat saya sampaikan, mohon maaf jika ada kekurangan karena yang sempurna hanya lagu Andra and The Backbone. "

8. "Kita akhiri kesempatan yang berbahagia ini dan semoga rekan-rekan sekalian berbahagia selama menyimak presentasi tadi. Terima kasih."

9. "Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan. Terima kasih atas perhatian Anda dan mohon maaf apabila dalam penyampaian presentasi tadi mungkin ada kesalahan atau kata yang kurang berkenan."

10. "Sekian presentasi saya hari ini, jika ada kurangnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga apa yang saya sampaikan dapat berguna untuk diri saya sendiri dan hadirin sekalian di sini. Selamat siang dan terima kasih."

11. "Terima kasih atas perhatian teman-teman semua pada presentasi saya kali ini. Perubahan tidak akan datang jika kita menunggu orang lain atau waktu lain. Kita adalah perubahan yang kita cari."

12. "Untuk mengakhiri presentasi saya, teman-teman perlu ingat bahwa ketika kamu menemukan ide yang tidak bisa berhenti kamu pikirkan, itu mungkin ide yang bagus untuk dikejar."

4 dari 4 halaman

Contoh Kata-Kata Penutup Presentasi

13. "Demikian presentasi kelompok saya hari ini, jika ada lebihnya itu dari saya dan jika ada kurangnya itu pasti dari teman-teman saya."

14. "Kata-kata dapat menginspirasi, tetapi tindakan menciptakan perubahan. Sekian presentasi saya hari ini, semoga bisa memotivasi teman-teman semua."

15. "Terima kasih atas perhatiannya, semoga kamu pun semakin diperhatikan oleh pacar, ya."

16. "Demikian akhir presentasi saya, semoga bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih atas kehadirannya. Wassalamualaikum Wr. Wb."

17. "Sekian presentasi kami, terima kasih telah ikut menyukseskan kegiatan hari ini. Salam sukses."

18. "Demikian akhir presentasi kelompok kami, semoga bisa memberikan manfaat kepada ibu dan bapak yang hadir di sini."

 

Sumber: Duniakampus, Indorsie

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer