Sukses


Lampaui Target! Indonesia Kunci Peringkat 6 di Klasemen Akhir Asian Para Games 2022

Bola.com, Hangzhou - Berakhir sudah kiprah dan perjuangan kontingen Indonesia di ajang Asian Para Games 2022 Hangzhou yang selesai, Sabtu (28/10/2023). Prestasi luar biasa dicatatkan oleh kontinge Indonesia.

Skuad Merah Putih tak hanya sukses dalam multi-event disabilitas Asia edisi keempat ini, bahkan melebihi target yang dicanangkan saat mengikuti pergelaran Asian Para Games 2022.

Total Indonesia membawa pulang 95 medali dengan rincian 29 medali emas, 30 medali perak, dan 36 medali perunggu. Raihan ini membuat Indonesia bertengger di posisi keenam daftar perolehan medali akhir Asian Para Games 2022.

Catatan ini melampaui target yang sebelumnya dicanangkan, yakni 19 medali emas, 23 medali perak, dan 25 medali perunggu.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tampil Maksimal

Koordinator Tim Data Analis Kemenpora, Agung Robianto, mengungkapkan bahwa Indonesia adalah negara ketiga paling efektif dalam pengiriman atlet terhadap perolehan medali. Secara detil terdapat 83 dari 130 atlet yang dikirim berhasil meraih medali.

“Walaupun kita berada di peringkat keenam daftar medali terakhir, tetapi dari efektivitas pengiriman atlet terhadap medali itu ada di peringkat ketiga, setelah China dan Uzbekistan,” jelas Robi, sapaan akrab Agung Robianto.

“Jadi kontingen kita sangat efektif, kecil tapi medalinya melebihi target. Awalnya ditargetkan 19 medali emas tetapi realisasinya kita dapat 29 emas, naik 159 persen dari target awal,” kata Robi.

3 dari 4 halaman

Para-Catur Gemilang

Di lain sisi, tim para-catur Indonesia menjadi penyumbang medali emas terbanyak dengan 10 emas. Pasukan Merah Putih juga berhasil mempertahankan gelar juara umum para-catur, mengulangi kesuksesan 2018 saat AiPG di Jakarta.

Deputi CdM, Andi Herman, mengungkapkan bahwa kalkulasi yang dilakukan oleh National Paralympic Comittee (NPC Indonesia) akurat. Pasalnya, 12 cabor yang diikuti seluruhnya menghasilkan medali.

"Kalkulasi kami mengirim atlet itu tepat karena semua cabor itu mendapatkan medali, 12 cabor yang kita kalkulasi mendapat medali dan ternyata semua mendapat medali. Itu artinya sejak awal kami melakukan kalkulasi dan perhitungan yang matang, bahwa yang kita kirim ini adalah atlet-atlet yang berpeluang atau cabor yang berpeluang meraih medali," pungkas Andi Herman.

Keberhasilan kontingen Indonesia di Asian Para Games 2022, merupakan kabar gembira dan membangkitkan semangat bagi olah raga Indonesia yang sedang terpuruk.

4 dari 4 halaman

Tuan Rumah Juara Umum

Asian Para Games 2022 sudah ditutup, tuan rumah China keluar sebagai juara umum. China mengumpulkan 214 medali emas, 167 perak, dan 140 perunggu, total sebanyak 521 medali.

Iran duduk di peringkat kedua dengan torehan 44 emas, 46 perak, dan 41 perunggu. Posisi ketiga dihuni Jepang dengan koleksi 42 emas, 49 perak, dan 59 perunggu.

 

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer