Sukses


Contoh Alibi dalam Hukum yang Perlu Dipahami

Bola.com, Jakarta - Alibi adalah satu di antara metode peradilan penyangkalan yang biasanya dilakukan oleh terdakwa.

Alibi digunakan untuk membuktikan diri bahwa dirinya sedang berada di tempat lain ketika suatu peristiwa sedang terjadi.

Biasanya alibi yang valid, menentukan apakah seseorang terlibat atau tidak dalam sebuah peristiwa kejahatan.

Pembelaan alibi juga menunjukkan bukti, baik itu kuitansi kartu kredit atau debit, rekaman pengawasan, foto, saksi mata, rekaman video pengawasan, catatan telepon, pernyataan penyelia, dan bukti pendukung lainnya.

Agar kamu makin paham, berikut penjelasan lebih lanjut tentang alibi, disadur dari Liputan6, Rabu (1/11/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Alibi dalam Proses Hukum

Melansir dari laman HG Legal Resources, alibi sering digunakan oleh seseorang ketika ingin menghindari pertanggungjawaban pidana, baik itu dalam kehidupan nyata atau di acara televisi atau film.

Dalam istilah yang paling sederhana, alibi hanyalah bukti yang memang dilakukan untuk menunjukkan bahwa seorang terdakwa dalam kasus pidana berada di tempat lain selain tempat kejadian perkara, saat kejahatan itu terjadi.

Adapun satu di antara contoh, Anwar yang didakwa membunuh Titis, menawarkan bukti bahwa dia berada di kelas hari itu pada saat pembunuhan.

Bukti itu juga bisa berupa saksi-saksi yang berada di kelas dengan Anwar, lampiran lembar kehadiran yang menunjukkan dia di kelas, atau bahkan rekaman kelas dari hari itu yang menunjukkan dia di antara hadirin. Bukti yang digunakan oleh Anwar inilah yang disebut alibi.

Adapun terdakwa dalam tindak pidana, dapat menawarkan pembelaan alibi tanpa melepaskan hak konstitusional mereka terhadap tindakan menyalahkan diri sendiri, satu di antaranya adalah hak untuk tetap diam.

Terdakwa juga dapat mengandalkan saksi atau bukti apa pun, yang menunjukkan bahwa dia berada di lokasi lain yang dapat diterima tanpa harus bersaksi secara pribadi. 

Terlihat dalam beberapa kasus, mungkin ada kejahatan lain yang bisa didakwakan kepada terdakwa saat dilakukan interogasi di pengadilan. Demikian pula, bahkan jika kejahatan yang menggunakan alibi adalah satu-satunya yang didakwa maka jaksa dapat mulai menyerang kredibilitas terdakwa. 

3 dari 3 halaman

Contoh Alibi dalam Proses Hukum

Dalam beberapa kasus seperti Anwar dan Titis, alibi Anwar bahwa dia di kelas hanya didukung oleh beberapa siswa yang berpikir mereka mengingatnya di sana, tetapi masih tidak sepenuhnya yakin.

Maka itu, untuk memperkuat pembelaannya, jaksa dapat mengemukakan fakta bahwa Anwar pernah dihukum karena berpartisipasi dalam perampokan bersenjata menggunakan jenis senjata yang sama yang digunakan untuk membunuh Titis.

Ada keuntungan yang bisa diperoleh terdakwa yang menawarkan pembelaan alibi, di mana dirinya tidak bertanggung jawab untuk membuktikan keabsahan dari alibi. Beban yang membuktikan terdakwa bersalah tanpa keraguan yang masuk akal tetap selalu ada di pihak penuntut.

Biasanya seorang hakim akan mempertimbangkan kredibilitas bukti alibi, tetapi sebagian besar negara bagian mengharuskan terdakwa dalam kasus pidana mengungkapkan niat untuk mengandalkan bukti alibi di persidangan. 

Jika kamu sendiri yang telah didakwa melakukan kejahatan, terlepas dari apakah ada alibi atau tidak, alangkah baiknya kamu menghubungi pengacara sesegera mungkin.

Seorang pengacara dapat membantu kamu menyelidiki kasus dan menyusun pembelaan yang tepat, seperti alibi yang membantu mendapatkan pengaturan pembelaan terbaik atau mengembangkan pembelaan sekuat mungkin. 

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Silvia Estefina Subitmele, Editor: Anugerah Ayu Sendari. Published: 2/11/2022)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer