Sukses


9 Hadis Membaca Selawat kepada Nabi saw. yang Bisa Diteladani

Bola.com, Jakarta - Membaca selawat nabi merupakan refleksi dari kecintaan umat muslim kepada Nabi Muhammad saw. beserta keluarga dan para sahabatnya.

Allah Swt. secara langsung memerintah umat-Nya untuk membaca selawat nabi. Hal ini dipertegas dalam Al-Qur'an surah Al Ahzab ayat 56.

"Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya berselawat untuk Nabi saw. Hai orang-orang yang beriman, berselawatlah kamu untuk Nabi saw. dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya."

Selawat dinilai sebagai ibadah dan amalan yang mendatangkan pahala. Selain itu, setiap muslim yang mengamalkannya akan memperoleh banyak keutamaan.

Sudah sepatutnya sebagai umat muslim yang beriman untuk memperbanyak membaca selawat nabi. Hal itu karena makin banyak berselawat maka akan banyak kebaikan yang diberikan Allah Swt.

Perihal membaca selawat nabi juga tertuang dalam banyak hadis Rasulullah saw. Hadis tersebut bisa dijadikan umat muslim sebagai pedoman untuk selalu berselawat.

Berikut sembilan hadis tentang membaca selawat kepada Nabi saw. yang bisa diteladani umat muslim, dikutip dari laman mtsmu2bakid.sch.id dan uinbanten.ac.id, Rabu (1/11/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Hadis Membaca Selawat kepada Nabi saw.

Hadis tentang Membaca Selawat kepada Nabi saw. 1

"Apabila salah seorang di antara kamu membaca selawat, hendaklah dimulai dengan mengagungkan Allah Azza wa Jalla dan memuji-Nya. Setelah itu, bacalah selawat kepada Nabi. Dan setelah itu, barulah berdoa dengan doa yang dikehendaki." (HR. Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi)

Hadis tentang Membaca Selawat kepada Nabi saw. 2

"Barang siapa yang berselawat kepadaku sekali maka Allah akan berselawat untuknya sepuluh kali." (HR. Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’i)

Hadis tentang Membaca Selawat kepada Nabi saw. 3

"Barang siapa di antara umatmu yang berselawat kepadamu sekali maka Allah menuliskan baginya sepuluh kebaikan, menghapuskan dari dirinya sepuluh keburukan, meninggikannya sebanyak sepuluh derajat, dan mengembalikan kepadanya sepuluh derajat pula'." (HR. Ahmad)

3 dari 4 halaman

Hadis Membaca Selawat kepada Nabi saw.

Hadis tentang Membaca Selawat kepada Nabi saw. 4

"Manusia yang paling berhak bersamaku pada hari kiamat ialah yang paling banyak membaca selawat kepadaku." (HR. Tirmidzi)

Hadis tentang Membaca Selawat kepada Nabi saw. 5

"Jika kalian mendengar azan maka ucapkanlah seperti yang diucapkan muazin, kemudian berselawatlah kepadaku. Sesungguhnya orang yang berselawat kepadaku sekali maka Allah akan berselawat untuknya sepuluh kali. Lalu, mintalah kepada Allah wasilah untukku karena wasilah adalah sebuat tempat di surga yang tidak akan dikaruniakan, melainkan kepada salah satu hamba Allah. Dan, aku berharap bahwa akulah hamba tersebut. Barang siapa memohon untukku wasilah maka ia akan meraih syafaat." (HR. Muslim)

Hadis tentang Membaca Selawat kepada Nabi saw. 6

"Manusia yang paling berhak bersamaku pada hari kiamat ialah yang paling banyak membaca selawat kepadaku." (HR. Tirmidzi)

4 dari 4 halaman

Hadis Membaca Selawat kepada Nabi saw.

Hadis tentang Membaca Selawat kepada Nabi saw. 7

"Doa itu terhalangi hingga orang yang berdoa itu berselawat untuk Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam." (HR. Thabarani)

Hadis tentang Membaca Selawat kepada Nabi saw. 8

"Celakalah seseorang yang namaku disebutkan di sisinya lalu ia tidak berselawat untukku." (HR. Tirmidzi, Hakim)

Hadis tentang Membaca Selawat kepada Nabi saw. 9

"Sesungguhnya di antara hari-hari yang paling afdal adalah hari Jumat maka perbanyaklah selawat untukku pada hari itu karena selawat kalian akan sampai kepadaku……" (HR. Abu Daud, Ahmad, Hakim)

 

Sumber: mtsmu2bakid.sch.id, uinbanten.ac.id

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer