Sukses


Arti Polarisasi beserta Pengaplikasiannya dalam Kehidupan Sehari-hari

Bola.com, Jakarta - Polarisasi adalah sebuah fenomena yang terkait dengan sifat gelombang elektromagnetik yang melibatkan cahaya, radiasi, atau magnet yang bergerak ke arah tertentu.

Contoh polarisasi adalah gelombang cahaya. Cahaya terpolarisasi, bagaimanapun, terdiri dari gelombang dengan getaran hanya pada satu sudut.

Melansir Britannica, polarisasi adalah sifat radiasi elektromagnetik tertentu di mana arah dan besarnya medan listrik yang bergetar terkait dengan cara tertentu. Polarisasi menjadi sifat yang diterapkan pada gelombang transversal yang menentukan orientasi geometri osilasi.

Gelombang terdiri dari perpindahan bolak-balik medium yang dilaluinya, dan arah perpindahan tidak selalu sama dengan arah rambatnya.

Jika perpindahannya tegak lurus terhadap arah rambat, ini disebut gelombang transversal.

Perpindahan gelombang transversal dapat terjadi ke segala arah pada bidang yang tegak lurus terhadap arah rambat. Jika perpindahan gelombang transversal terbatas pada satu garis, ia dikatakan terpolarisasi.

Gelombang transversal yang menunjukkan polarisasi termasuk gelombang elektromagnetik seperti cahaya dan gelombang radio, gelombang gravitasi, dan gelombang suara transversal (gelombang geser) dalam padatan.

Berikut penjelasan lebih lanjut tentang polarisasi, disadur dari Liputan6, Senin (6/11/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Polarisasi pada Gelombang Cahaya

Cahaya adalah gelombang elektromagnetik transversal yang dapat dilihat oleh manusia. Gelombang cahaya adalah gelombang elektromagnetik yang merambat melalui ruang hampa udara.

Getaran listrik dan magnet dari gelombang cahaya terjadi secara tegak lurus satu sama lain. Medan listrik bergerak ke satu arah dan magnet ke arah lain, meski selalu tegak lurus.

Cahaya yang dipancarkan oleh matahari, oleh lampu atau lampu tabung adalah sumber cahaya yang tidak terpolarisasi. Proses mengubah cahaya tidak terpolarisasi menjadi cahaya terpolarisasi dikenal sebagai polarisasi.

Proses polarisasi bisa dilakukan dengan pemantulan, pembiasan, penyerapan, dan hamburan.

Contoh dari polarisasi adalah warna biru pada langit. Warna ini merupakan hasil dari rambatan cahaya matahari yang menyindari bumi.

Contoh lain adalah kacamata hitam terpolarisasi. Mereka memiliki kemampuan khusus untuk memotong silau cahaya yang dipantulkan dari air atau kaca. Kacamata ini memiliki kemampuan ini karena karakteristik gelombang cahaya yang disebut polarisasi.

3 dari 3 halaman

Aplikasi Polarisasi dalam Kehidupan Sehari-hari

Berikut ini adalah aplikasi polarisasi dalam kehidupan sehari-hari:

- Polarisasi digunakan dalam kacamata hitam untuk mengurangi silau.

- Filter polaroid digunakan dalam industri plastik untuk melakukan uji analisis tegangan.

- Film tiga dimensi diproduksi dan ditampilkan dengan bantuan polarisasi.

- Polarisasi digunakan untuk membedakan antara gelombang transversal dan longitudinal.

- Spektroskopi inframerah menggunakan polarisasi.

- Polarisasi digunakan dalam seismologi untuk mempelajari gempa bumi.

- Dalam kimia, kiralitas senyawa organik diuji menggunakan teknik polarisasi.

- Polarisasi cahaya memengaruhi fokus sinar laser.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Anugerah Ayu Sendari, Editor: Rizky Mandasari. Published: 2/2/2022)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer