Sukses


9 Hadis tentang Dajal yang Penting Diteladani

Bola.com, Jakarta - Dajal adalah sosok yang hadir di akhir zaman dan muncul saat banyak kekacauan yang terjadi di muka bumi ini.

Sebaiknya, umat muslim memperkuat ibadah, membanyak amal, dan mempertebal iman. Jangan ada di antara kita umat muslim sampai menjadi pengikut Dajal di hari akhir nanti.

Sebab, fitnah sekaligus kesesatan Dajal begitu kejam sehingga dapat membuat seorang muslim terombang-ambing dalam keimanannya terhadap Allah Swt.

Dajal merupakan sosok lelaki berambut keriting dan satu matanya buta. Dajal akan mengaku bahwa dia adalah Tuhan yang memiliki kekuatan ajaib.

Namun, ia bukanlah Tuhan, melainkan musuh Allah Swt. dan umat muslim. Dajal akan mendatangi seluruh tempat di muka bumi kecuali Makkah, Madinah, dan Baitul Maqdis.

Hal itu karena tempat-tempat suci itu dijaga oleh banyak malaikat sehingga Dajal tak mampu memasukinya. Terlepas dari itu, sosok Dajal banyak disebutkan dalam berbagai hadis Nabi Muhammad saw.

Berikut sembilan hadis tentang Dajal yang penting diteladani umat muslim, dikutip dari laman Pabrikjammasjid dan Sanctri, Senin (6/11/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Hadis tentang Dajal

Hadis tentang Dajal 1

”Tidak seorang nabi pun yang diutus kecuali dia memperingatkan umatnya tentang Dajal yang buta sebelah matanya dan pendusta. Sesungguhnya Rabb kalian tidaklah buta sebelah. Di antara kedua mata Dajal tertulis (kata) kafir.” (HR. Bukhari, Muslim)

Hadis tentang Dajal 2

”Bersama dirinya (yaitu Dajal) adalah surga dan neraka. Nerakanya adalah surga dan surganya adalah neraka.” (HR. Muslim)

Hadis tentang Dajal 3

”Dajal datang di luar Madinah. -Dia dihalangi dari memasuki jalur masuk Madinah – yaitu sejumlah As-Sabakhah (tanah dengan kadar garam tinggi) yang ada di sekitar Madinah.

Saat itu keluarlah seorang pria. Dia adalah orang terbaik -atau salah satu dari orang terbaik- dia berkata, 'Aku bersaksi bahwa kamu adalah Dajal yang telah Rasulullah saw. ceritakan kepada kami hadisnya mengenai dirimu.'

Lantas Dajal berkata (kepada pengikutnya), 'Bagaimana pendapatmu bila aku bunuh pria ini lalu kuhidupkan lagi, apakah kalian masih ragu dalam masalah ini (bahwa Dajal adalah Tuhan)?' maka mereka menjawab, 'Tidak'.

Lalu Dajal membunuhnya dan kemudian menghidupkannya lagi. Pria tadi berkata setelah Dajal menghidupkannya lagi, 'Demi Allah! Aku belum pernah merasa lebih gamblang mengerti tentang dirimu melebihi hari ini.' Dajal berkata, 'Aku akan membunuhnya tapi aku tidak bisa membunuhnya.' (HR. Bukhari, Muslim)

3 dari 4 halaman

Hadis tentang Dajal

Hadis tentang Dajal 4

”Dajal mendatangi suatu kaum dan mengajak mereka (agar menjadi pengikutnya), dan mereka menerimanya. Maka dia memerintahkan langit agar menurunkan hujan, lalu langit menurunkan hujan.

Ia memerintahkan bumi agar mengeluarkan tumbuh-tumbuhan, lalu bumi mengeluarkan tumbuh-tumbuhan. Lalu binatang ternak mereka kembali di sore hari dengan punuk yang membesar, lambung yang lebar dan kantong susu yang penuh.

Kemudian Dajal mendatangi suatu kaum yang lain dan mengajak mereka, namun mereka menolak seruannya. Dajal meninggalkan mereka. Lalu mereka ditimpa kekeringan dan ketandusan. Hingga mereka kehabisan harta.

Dajal kemudian melewati sebuah tanah kosong. Kemudian dia berkata kepada tanah tersebut, 'Keluarkan harta simpananmu.' Maka keluarlah harta simpanannya mengikuti Dajal sebagaimana lebah-lebah mengikuti lebah jantan.” (HR. Ibnu Majah)

Hadis tentang Dajal 5

”Dajal akan keluar dari bumi di bagian timur yang disebut dengan Khurasan.” (HR. At Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad)

Hadis tentang Dajal 6

”Dajal akan keluar dari Kampung Yahudiyyah Kota Ashbahan bersama 70 ribu orang Ashbahan.” (HR. Ahmad)

4 dari 4 halaman

Hadis tentang Dajal

Hadis tentang Dajal 7

”Dajal itu buta mata sebelah kirinya, rambutnya sangat tebal, bersamanya surga dan neraka. Maka nerakanya sebenarnya adalah surga dan surganya sebenarnya adalah neraka.” (HR. Muslim)

Hadis tentang Dajal 8

”Tidak seorang nabi pun kecuali dia telah memperingatkan umatnya dari Dajal yang buta sebelah matanya dan pendusta.

Ketahuilah, Dajal itu buta sebelah matanya dan Rabb kalian ‘Azza wa Jalla tidaklah buta sebelah. Di antara kedua mata Dajjal tertulis Kaf, Fa’ dan Ra’.” (HR. Al Bukhari, Muslim)

Hadis tentang Dajal 9

”Sesungguhnya Allah tidak buta sebelah. Ketahuilah, Al Masih Ad Dajal itu mata sebelah kanannya buta. Seolah matanya itu buah anggur yang menyembul keluar.” (HR. Al Bukhari, Muslim)

 

Sumber: Pabrikjammasjid, Sanctri

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer