Sukses


Macam-Macam Cara Ampuh untuk Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari

Bola.com, Jakarta - Tidur yang berkualitas merupakan kunci utama bagi kesehatan dan kesejahteraan kita. Namun, di tengah kesibukan dan stres hidup sehari-hari, sering kali sulit bagi banyak orang untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dan memulihkan energi sepenuhnya.

Perlu diketahui, waktu yang dibutuhkan untuk tertidur atau latensi tidur biasanya sekitar 15-20 menit. Apabila dibutuhkan waktu lebih untuk dapat tertidur, hal tersebut bisa menandakan pola tidur yang tidak sehat.

Waktu tidur ideal pada malam hari yang diperlukan oleh tubuh adalah 7-8 jam. Dengan menjaga waktu tidur, kesehatan tubuh kita juga ikut terjaga.

Saat seseorang mengalami kekurangan waktu tidur, ada beberapa risiko buruk yang dapat menimpa mereka, beberapa di antaranya adalah munculnya berbagai macam penyakit kronis.

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik dan nyenyak ada beberapa cara yang dapat dilakukan, di antaranya mengurangi gula dan kafein sebelum tidur.

Berikut macam-macam cara ampuh untuk tidur lebih nyenyak di malam hari, seperti disadur dari Dailyentertaiment, Rabu (8/11/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Ampuh untuk Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari

1. Mengurangi Konsumsi Gula

Terlalu banyak mengonsumsi gula bisa berefek buruk pada kesehatan tubuh. Hal tersebut juga dapat memengaruhi pola tidurmu pada malam hari.

Saat kamu mengonsumsi makanan mengandung banyak gula seperti kue atau meminum minuman bersoda sebelum tidur, hal tersebut akan menambah kadar gula dalam darah dan membuatmu sulit untuk tidur.

Usahakan untuk berhenti mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula sebelum jam 5 sore, hal tersebut memberi waktu tubuhmu untuk memproses gula di dalam tubuh, sebelum waktu tidurmu sehingga memberikan kualitas tidur yang lebih baik.

2. Mengurangi Asupan Kafein

Tidak hanya gula yang dapat memengaruhi kualitas tidurmu. Terlalu banyak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein juga dapat mengganggu tidurmu.

Kafein adalah stimulan. Itu mengapa banyak orang meminum kopi pagi hari karena dapat memberikan energi tambahan bagi tubuh untuk melakukan aktivitas di luar rumah.

Hindari mengonsumsi minuman mengandun kafein tinggi seperti kopi dan minuman berenergi agar kamu dapat tertidur lebih cepat dan nyenyak.

3 dari 4 halaman

Cara Ampuh untuk Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari

3. Berolahraga di Pagi Hari

Saat kamu melakukan kegiatan fisik atau berolahraga pagi hari, jantung akan berdetak dengan sehat dan darah mengalir dengan lancar ke seluruh tubuh.

Hal itu akan berpengaruh pada kegiatan yang akan kam lakukan sepanjang hari, termasuk memengaruhi waktu tidur malam hari yang akan lebih nyenyak dan berkualitas.

Bangunlah pada pagi hari sebelum matahari terbit. Perisapkan dirimu untuk melakukan olahraga ringan seperti berjalan cepat mengelilingi taman atau joging di sekitar lingkungan rumah.

4. Mengonsumsi Banyak Buah

Mengonsumsi buah-buahan adalah cara yang mudah dan alami untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Hal itu berkat kandungan nutrisi yang tinggi di dalam buah.

Selain itu, mengnsumsi buah pisang yang kaya akan kandungan melatonin dapat membantu kita tidur lebih nyenyak karena kandungan tersebut dapat menyebabkan kantuk dan memiliki efek yang menenangkan saraf.

Makanlah pisang sebagai pencuci mulut saat kamu melakukan makan malam. Kamu juga dapat membuat smoothie pisang yang tidak dicampurkan bahan apa pun sebelum waktu tidur.

4 dari 4 halaman

Cara Ampuh untuk Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari

5. Mengonsumsi Teh Herbal

Teh herbal seperti chamomile dan valerian, dapat membantu kamu dalam memerangi insomnia atau kesulitan tidur.

Tidak hanya membantu memerangi insomnia, berbagai macam teh herbal juga dapat membantu menenangkan pikiran sehingga kamu dapat memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

Buatlah teh herbal sebelum waktu tidur, buatlah teh tersebut dalam keadaan hangat dan jangan mencampurkan gula di dalamnya agar manfaatnya lebih maksimal.

 

Sumber: Dailyentertainment

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer