Sukses


7 Hadis tentang Membunuh Cecak yang Harus Dipahami

Bola.com, Jakarta - Cecak adalah hewan melata yang sering dijumpai merayap di dinding, langit-langit rumah, maupun pohon.

Dalam Islam, cecak menjadi hewan yang diperangi dan dibunuh. Nabi Muhammad saw. menyebut cecak sebagai penjahat kecil sehingga beliau menganjurkan untuk membunuhnya.

Nabi Muhammad saw. menceritakan bahwa cecak ikut berperan membantu setan meniup api yang membakar Nabi Ibrahim a.s. agar tetap menyala tatkala hewan lain berusaha memadamkannya.

Nah, orang yang membunuh cecak dengan satu kali pukulan akan mendapat ganjaran 100 kebaikan. Sementara, jika memukulnya berkali-kali, pahalanya akan dikurangi dari pahala pertama.

Namun, perlu dicatat, cecak dibunuh bukan karena dosa nenek moyangnya. Cecak dibunuh karena ada potensi madharat yang dibawanya.

Berikut tujuh hadis tentang membunuh cecak yang benar-benar harus dipahami umat muslim, dikutip dari laman Rumahfiqih dan uin-suska.ac.id, Selasa (7/11/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Hadis tentang Membunuh Cecak

Hadis tentang Membunuh Cecak 1

Dari Sa'id bin Abi Waqqash r.a. bahwa Nabi Muhammad saw. memerintahkan membunuh cecak, dan beliau menamainya si penjahat kecil. (HR. Muslim)

Hadis tentang Membunuh Cecak 2

"Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, bahwa Nabi Muhammad saw. menyebut cecak dengan Al-Fuwaisiq (si kecil yang fasik), tapi aku tidak mendengarnya memerintahkan untuk membunuhnya. Sedangkan Sa’ad bin Abi Waqqash menyatakan bahwa Nabi Muhammad saw. memerintahkan untuk membunuhnya.” (HR. Bukhari)

3 dari 5 halaman

Hadis tentang Membunuh Cecak

Hadis tentang Membunuh Cecak 3

"Siapa saja yang membunuh cecak dengan sekali pukul maka dituliskan baginya pahala sebanyak begini dan begini kebaikan.

Dan barang siapa yang membunuhnya dengan dua kali pukulan maka dituliskan baginya pahala sebanyak begini dan begini kebaikan berkurang dari pukulan pertama. Dan siapa yang membunuhnya dengan tiga kali pukulan maka pahalanya kurang lagi dari yang kedua." (HR. Muslim)

Hadis tentang Membunuh Cecak 4

"Cecak dahulu mengembuskan api kepada Ibrahim ‘alaihis salam." (HR. Bukhari)

4 dari 5 halaman

Hadis tentang Membunuh Cecak

Hadis tentang Membunuh Cecak 5

"Dari Ummu Syarik radhiyallahu ‘anha, 'bahwa Nabi Muhammad saw. memerintahkan untuk membunuh cecak." (HR. Bukhari, Muslim)

Hadis tentang Membunuh Cecak 6

"Barang siapa yang membunuh cecak sekali pukul maka dituliskan baginya pahala 100 kebaikan, dan barang siapa memukulnya lagi maka baginya pahala yang kurang dari pahala pertama. Dan barang siapa memukulnya lagi maka baginya pahala lebih kurang dari yang kedua." (HR. Muslim)

5 dari 5 halaman

Hadis tentang Membunuh Cecak

Hadis tentang Membunuh Cecak 7

"Kami menggunakannya untuk membunuh cecak. Karena Rasulullah saw. memberitahu kami bahwa tatkala Ibrahim a.s. dilemparkan ke dalam api, semua binatang di atas bumi berusaha memadamkan kobaran api kecuali cecak. Ia justru meniup-niupkan apinya supaya berkobar makin besar. Maka Rasulullah saw. pun memerintahkan untuk membunuhnya." (HR. Ibnu Majjah)

 

Sumber: Rumahfiqih, uin-suska.ac.id

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer