Sukses


5 Contoh Penutup Makalah yang Bisa Menjadi Referensi Menulis

Bola.com, Jakarta - Makalah merupakan satu di antara jenis karya ilmiah yang cukup sering dijumpai sehari-hari, khususnya di sekolah maupun kampus.

Makalah dapat diartikan sebagai suatu uraian tertulis terkait suatu topik atau permasalahan berdasarkan hasil kajian literatur atau penelitian yang telah dilakukan.

Sebagai jenis karya ilmiah, dalam menulis makalah harus ditulis sesuai struktur yang saling melengkapi. Satu di antara struktur dalam makalah ialah bagian penutup.

Meski sering dianggap sepele, membuat sebuah penutup makalah tidak boleh asal-asalan. Alasannya, penutup makalah merupakan penjelasan hasil dari observasi, riset, atau penelitian.

Dengan begitu, penulis dan pembaca bisa memahami isi makalah secara keseluruhan sehingga menambah pengetahuan atau wawasan baru.

Berikut lima contoh penutup makalah yang bisa menjadi referensi menulis, dikutip dari laman 99 dan Bosmeal, Senin (13/11/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Contoh Penutup Makalah (1)

KESIMPULAN

Setelah meneliti perihal pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam suatu perusahaan, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengelolaan SDM adalah aspek yang sangat penting.

Tanpa pengelolaan yang benar, perusahaan tak akan mampu bertahan lama terlebih SDM memiliki peran penting demi keberlangsungan perusahaan.

Adapun pengelolaan SDM meliputi proses rekrutmen, seleksi, pelatihan, dan sistem gaji yang jelas. Selain itu, penanaman nilai dan budaya perusahaan juga bagian penting dalam pengelolaan SDM.

Untuk itu, diperlukan HRD yang mumpuni dalam mengelola SDM perusahaan.

SARAN

Berdasarkan penelitian tersebut, penulis menyarankan:

  • Perusahaan membuat peraturan dan kebijakan yang jelas dan adanya transparansi perihal pengelolaan SDM;
  • Terjalin keterbukaan antara perusahaan dan pekerja; dan
  • Membuat ketentuan yang jelas mengenai perekrutan karyawan.
3 dari 6 halaman

Contoh Penutup Makalah (2)

KESIMPULAN

Menulis bukanlah perkara susah, tetapi bukan berarti mudah dilakukan. Demikian kesimpulan yang didapat dari penelitian ini. Seperti yang diungkapkan oleh Noorca M. Massardi. Menulis tidak pernah menjadi sesuatu yang mudah. Namun, tidak pula dianggap hal susah.

Menulis terutama fiksi memerlukan ketekunan dan kedisiplinan. Banyak yang mengungkapkan bahwa menulis merupakan kegiatan yang bergantung pada ide dan kelancaran penulis dalam melahirkan ide. Namun, dalam menulis perlu dilakukan secara disiplin. Tanpa kedisiplinan, penulis tidak akan menghasilkan karya.

Dari penelitian ini ditemukan bahwa kedisiplinan merupakan bagian penting dalam menulis. Kedisiplinan penulis dalam menulis akan berpengaruh terhadap proses berkarya sang penulis. Untuk itu perlu diterapkan kedisiplinan dalam menulis.

SARAN

  • Penulis menyarankan agar peneliti selanjutnya meneliti lebih banyak sastrawan dari berbagai generasi agar menemukan data yang akurat dan lebih beragam mengenai proses kepenulisan para sastrawan.
  • Penulis juga menyarankan agar peneliti selanjutnya dapat mengupas secara lebih dalam proses kepenulisan dari para sastrawan sehingga data yang diperoleh lebih berkualitas.
4 dari 6 halaman

Contoh Penutup Makalah (3)

KESIMPULAN

Pancasila adalah dasar negara Indonesia dan sudah sepatutnya menjadi dasar kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh masyarakat indonesia, nilai-nilai Pancasila merupakan cakupan dari nilai, norma, dan moral yang seharusnya mampu diamalkan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Sebab, jika bangsa Indonesia mampu mengamalkan nilai-nilai tersebut maka degradasi moral dan kebiadaban masyarakat dapat diminimalkan, secara tidak langsung juga akan mengurangi kriminalitas, meningkatkan keamanan, dan kesejahteraan bangsa Indonesia.

SARAN

Diharapkan agar semua masyarakat dapat menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila tidak hanya sekadar mengetahui saja, tetapi juga pelaksanaannya dalam kehidupan.

Penerapan pendidikan karakter harus ditanamkan sejak dini agar kelak nilai Pancasila akan melekat dalam karakter dan kepribadian tiap individu dalam bermasyarakat agar senantiasa tercipta bangsa Indonesia yang damai.

5 dari 6 halaman

Contoh Penutup Makalah (4)

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan topik masalah sebelumnya maka kami membuat kesimpulan sebagai berikut:

  • Kesehatan adalah hal yang paling utama dalam menjalani kehidupan sehari-hari.
  • Kesehatan mencakup fisik dan psikis.
  • Adapun kesehatan dipengaruhi oleh pola hidup yang baik, mencakup pola makan dan pola tidur.
  • Kesehatan harus dirawat setiap hari dengan konsumsi makanan bergizi dan rutin berolahraga.

SARAN

Kami memiliki saran bagi para pembaca agar selalu menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat. Jika Anda memiliki kesibukan yang padat maka mulailah dengan hal kecil tetapi rutin dilakukan. Contohnya dengan minum air putih, makan buah dan sayur, dan olahraga ringan setiap pagi.

6 dari 6 halaman

Contoh Penutup Makalah (5)

KESIMPULAN

Dari hasil pembahasan mengenai penelitian yang telah kami lakukan, kami dapat menarik kesimpulan yakni olahraga dapat mengurangi tingkat stres pada seseorang. Dengan berolahraga, hormon-hormon dalam tubuh dapat kembali seimbang. Berolahraga juga membuat seseorang dapat sejenak melupakan problematika kehidupan yang dialami oleh seseorang.

SARAN

Kami juga memiliki saran untuk para pembaca agar terhindar dari gejala stres, yakni dengan membuat jadwal rutin untuk berolahraga dan kegiatan lain yang dapat menyegarkan pikiran, seperti berlibur atau melakukan hal-hal yang berkaitan dengan hobi.

 

Sumber: 99, Bosmeal

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer