Sukses


35 Kata-Kata Inspiratif tentang Toleransi, Kunci Mencegah Perpecahan

Bola.com, Jakarta - Kata-kata inspiratif tentang toleransi bisa menjadi perenungan untuk saling menghargai dan memahami perbedaan. Terlebih lagi kita hidup di negara yang mempunyai latar belakang yang berbeda-beda.

Perbedaan latar belakang tersebut bisa berupa agama, ras, suku, budaya, status sosial, dan perbedaan-perbedaan lain. Jadi, apa pun jenis perbedaannya, jangan sampai membuat kita terpecah belah hingga berbuat rasialisme.

Itulah mengapa, sangat penting toleransi antarsesama. Toleransi merupakan sifat atau sikap toleran, menghargai perbedaan kelompok atau individu masyarakat tertentu.

Jadi, toleransi bisa dikatakan suatu perbuatan yang melarang adanya diskriminasi terhadap kelompok atau golongan yang berbeda dalam masyarakat.

Sikap toleransi bisa diterapkan pada kelompok yang memiliki perbedaan pandangan. Adanya perbedaan tersebut seharusnya bisa menjadi alasan untuk melengkapi satu sama lain dan bukan dipertentangkan.

Selain dengan perbuatan, kita bisa menularkan sikap toleransi melalui kata-kata. Banyak kata-kata inspiratif tentang toleransi yang bisa dibaca dan sebarkan melaui media sosial.

Berikut ini adalah kumpulan kata-kata inspiratif tentang toleransi, seperti dikutip dariĀ Coolnsmart dan Wow4u, Senin (16/11/2020).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Kata-Kata Inspiratif tentang Toleransi

1. "Belajar toleransi adalah landasan untuk menciptakan dunia yang lebih baik."

2. "Toleransi adalah tingkat kekuatan tertinggi Anda, dan keinginan untuk membalas dendam adalah tanda kelemahan yang pertama."

3. "Beberapa agama berkembang dengan intoleransi dan kebencian. Lainnya, tentang toleransi dan cinta."

4. "Masalah terbesar di dunia saat ini adalah intoleransi. Setiap orang sangat tidak toleran satu sama lain." - Putri Diana

5. "Toleransi membawa perdamaian, maka intoleransi mengarah pada perang." - Sipho P Nkosi

6. "Toleransi tidak lebih dari kesabaran dengan batasan." - Shannon L. Alder

7. "Imbalan dari toleransi adalah adanya ketenangan pikiran." - Ky Vanchhay

8. "Toleransi adalah harga yang kita bayar untuk hidup dalam masyarakat yang bebas dan majemuk." - Robert Casey

9. "Toleransi dan kesabaran sebaiknya tidak dianggap sebagai tanda kelemahan. Itu adalah tanda kekuatan."

10. "Dalam praktik toleransi, musuh seseorang adalah guru terbaik."

3 dari 5 halaman

Kata-Kata Inspiratif tentang Toleransi

11. "Ujian keberanian datang saat kita menjadi minoritas. Ujian toleransi datang saat kita menjadi mayoritas." - Ralph W. Sockman

12. "Toleransi berarti menghargai orang lain, bukan karena dia salah atau bahkan karena dia benar, tetapi karena dia manusia."

13. "Banyak masalah dapat diselesaikan dengan menerima perbedaan yaitu toleransi."

14. "Toleransi adalah kebajikan manusia tanpa keyakinan." - Gilbert K. Chesterton

15. "Belas kasihan dan toleransi bukanlah tanda kelemahan, tapi tanda kekuatan." - Dalai Lama

16. "Musuh seseorang seringkali merupakan guru toleransi yang terbaik." - Colleen Houck

17. "Hasil pendidikan tertinggi adalah toleransi." - Helen Keller

18. "Toleransi adalah anugerah pikiran yang terbesar, hal itu membutuhkan upaya otak yang sama seperti yang diperlukan untuk menyeimbangkan diri di atas sepeda." - Helen Keller

19. "Apa yang terpenting dalam sebuah persahabatan? Toleransi dan loyalitas." - JK Rowling

20. "Toleransi adalah kemampuan untuk memaafkan orang yang cenderung berbicara sebelum berpikir." - Catherine Pulsifer

4 dari 5 halaman

Kata-Kata Inspiratif tentang Toleransi

21. "Toleransi adalah memiliki hati atau jiwa yang selalu memberi ruang bagi kelemahan dan ketidaksempurnaan orang dengan tujuan untuk memelihara perdamaian dan meningkatkan persahabatan."

22. "Toleransi adalah menerima perbedaan pada orang lain. Itu berarti berpikir 'tidak apa-apa kamu berbeda dari saya'." - Cynthia Amoroso

23. "Tanggung jawab toleransi terletak pada mereka yang memiliki visi lebih luas." - George Eliot

24. "Toleransi bukanlah tentang tidak memiliki keyakinan. Ini tentang bagaimana keyakinan membuatmu memperlakukan orang yang tidak setuju dengan Anda." - Timothy Keller

25. "Toleransi adalah kata lain untuk ketidakpedulian." - W. Somerset Maugham

26. "Toleransi adalah kebajikan manusia tanpa keyakinan."

27. "Toleransi adalah minyak yang menghilangkan gesekan dari kehidupan."

28. "Toleransi adalah upaya positif dan ramah untuk memahami keyakinan, praktik, dan kebiasaan orang lain tanpa harus berbagi atau menerimanya."

29. "Toleransi itu sikap kita kepada sesama. Tapi, hati tetap berpegang teguh pada agamanya masing-masing." - Andry Satriandie

30. "Toleransi tidak mengartikan kurangnya komitmen pada kepercayaannya, melainkan hal itu mengutuk penindasan dan penganiayaan terhadap orang lain." - John F. Kennedy

5 dari 5 halaman

Kata-Kata Inspiratif tentang Toleransi

31. "Perdamaian erat kaitannya dengan saling toleransi, mendengarkan dan memahami, serta mengurangi perdebatan yang tak perlu adalah kunci yang paling penting".

32. "Toleransi itu bukan hanya soal berdampingan, tapi juga soal kesejajaran."

33. "Hidup di dalam perbedaan seharusnya dapat mengajarkan kita untuk menemukan keharmonisan hidup bersama lewat toleransi."

34. "Toleransi menjadi sulit ketika orang lupa bahwa beragama itu untuk mengatur diri sendiri, bukan mengatur orang lain."

35. "Terkadang toleransi sejati membutuhkan kekuatan luar biasa, yang sering kali terlalu lemah untuk kita lakukan." - Fausto Cercignani

Ā 

Sumber:Ā Coolnsmart, Wow4u

Yuk, baca kumpulan kata-kata inspiratif lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer