Sukses


22 Manfaat Air Tebu Murni untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bola.com, Jakarta - Apakah Anda pernah mengonsumsi air tebu murni? Sebagian besar orang tentu tak asing lagi dengan air tebu. Ya, ekstrak tumbuhn tebu ini merupakan bahan pokok dalam pembuatan gula. 

Namun sebenarnya air tebu murni jauh lebih baik ketimbang gula yang sudah dikemas. Gula tebu kemasan sudah tercampur dengan bahan-bahan lainnya yang dapat mengurangi sejumlah nutrisi dari air tebu murni.

Tebu mengandung nutrisi penting seperti karbohidrat, protein, dan mineral. Kandungan mineral dalam air tebu murni meliputi fosfor, kalsium, zat besi, zinc, dan kalium. Air tebu juga mengandung vitamin dan antioksidan.

Air tebu juga mengandung senyawa sukrosa, fruktosa, dan banyak varietas glukosa lainnya dengan total 13 gram serat makanan. Air yang memiliki cita rasa manis ini juga kaya serat makanan dan menyediakan senyawa polifenol. Kandungan tersebut dapat membantu kesehatan Anda secara keseluruhan dan mengurangi stres oksidatif.

Selain baik untuk kesehatan tubuh, air tebu juga mengandung asam glikolat yang memberikan efek antioksidan pada kulit. Jika mengonsumsi air tebu secara teratur, maka Anda dapat mencegah radang dan infeksi kulit, memperbaiki penampilan kulit, dan mengurangi tanda penuaan sehingga terlihat awet muda.

Air tebu murni atau sugarcane memiliki rasa yang manis dan menyegarkan. Minuman ini cukup mudah ditemukan di Indonesia. Bahkan, kini sari tebu sudah banyak dijual di tepi-tepi jalan.

Sugarcane dikenal sebagai penyedia energi dan glukosa untuk tubuh agar tetap segar. Namun, air tebu juga memiliki segudang manfaat untuk kecantikan dan kesehatan lebih dari sekedar minuman pelepas dahaga.

Berikut adalah manfaat air tebu murni, seperti Bola.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (28/11/2019).

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

22 Manfaat Air Tebu Murni untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat air tebu murni memang jauh lebih baik ketimbang gula yang sudah dikemas. Air tebu mengandung gula alami dan tak memiliki lemak. Rajin mengonsumsi minuman tersebut secara rutin bisa membantu mengurangi berat badan tubuh.

Air tebu murni juga bermanfaat membantu meningkatkan metabolisme tubuh serta memenuhi kebutuhan energimu. Selain itu, nutrisi dalam minuman ini juga berkhasiat bagi kecantikan. 

Berikut adalah manfaat air tebu murni untuk kesehatan dan kecantikan:

1. Mengontrol kadar gula darah

2. Membantu melawan kanker

3. Mengatasi bau mulut

4. Meningkatkan kekuatan tulang dan gigi

5. Meredakan demam

6. Melancarkan pencernaan

7. Menambah stamina

8. Meredakan sakit tenggorokan

9. Mengobati luka

10. Menurunkan berat badan

11. Mencegah kerusakan sel darah

12. Detoks racun

13. Menjaga kesehatan ginjal

14. Baik untuk ibu hamil

15. Mengelola stres dan atasi insomnia

16. Menjaga stabilitas tekanan darah

17. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

18. Baik untuk kesehatan liver atau hati

19. Mengobati jerawat

20. Cegah penuaan dini dan bikin awet muda

21. Menjaga keseimbangan pH tubuh

22. Menjaga kesehatan dan kecantikan rambut

 

3 dari 3 halaman

Efek Samping Air Tebu

Air tebu bermanfaat bagi kesehatan. Namun, Anda tidak boleh mengonsumsinya terlalu berlebihan karena bisa memberikan efek samping. Setidaknya konsumsilah sari tebu murni satu gelas dalam sehari.

Dampak negatif dari sari tebu terlalu banyak meliputi sakit kepala, gangguan pada perut, mual, pusing, gangguan perdarahan yang memburuk dan meningkatkan insomnia. 

- Meningkatkan kalori

Air tebu memiliki jumlah kalori cukup rendah dibandingkan gula. Namun jika mengonsumsinya terlalu banyak, sari tebu dapat meningkatkan kalori dan membuat tubuh menjadi gemuk. Anda harus mengonsumsi satu gelas per hari, tidak boleh lebih.

- Cepat menjadi racun  

Air tebu murni akan bisa berubah menjadi racun dengan sangat mudah dan cepat. Mengapa demikian?

Dampak ini akan terjadi jika Anda menyimpan air tebu terlalu lama. Sebaiknya, perasan sari tebu harus dikonsumsi langsung dan jangan disimpan dalam waktu lebih dari satu hari lantaran tidak memiliki bahan pengawet.

Bahkan, jika Anda menyimpannya selama lebih dari 15 menit, air ini akan teroksidasi dan kemudian akan berbahaya bagi tubuh. Menurut beberapa penelituan, oksidasi ini bekerja seperti racun di dalam tubuh dan menciptakan banyak masalah terkait lambung.  

- Membuat darah menjadi tipis

Kandungan policosanol dalam air tebu juga bisa membuat darah menjadi tipis.  Dengan demikian tebu akan mematikan darah dan membuat gumpalan yang bisa menyebabkan pendarahan berlebihan. 

 

Sumber: Health if Me, Food NDTV

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer