Sukses


7 Cara Menghilangkan Kutu Beras Secara Alami, Mudah dan Aman

Bola.com, Jakarta - Cara menghilangkan kutu beras perlu anda perhatikan agar makanan pokok yang kamu konsumsi tersebut terjaga kualitas. Kutu beras dikenal sebagai hama yang membuat beras tidak lagi lezat.

Kutu beras berasal dari serbuk halus beras yang disebut tepung beras. Tepung inilah yang kemudian akan melahirkan telur kumbang beras dan menjadi kutu.

Kutu beras umumnya menyerang beras yang disimpan dalam jangka waktu lama. Apabila kutu beras telah menyerang wadah penyimpanan Anda, maka Anda harus segera mengusirnya.

Jika kutu beras berhasil dihilangkan dari karung, kemungkinan kutu tertelan makin berkurang. Kutu beras yang tertelan dalam tubuh akan menyebabkan mual, muntah, dan alergi.

Berikut cara menghilangkan kutu beras secara alami, disadur dari Merdeka, Senin (28/6/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Kutu Beras Secara Alami

Jemur Beras di Bawah Sinar Matahari

Cara menghilangkan kutu beras secara alami yang pertama yaitu dengan menjemur beras di bawah sinar matahari. Anda dapat mencoba cara ini agar kutu beras dapat segera pergi.

Kutu beras diketahui tak menyukai suhu panas, sehingga menjemur beras di bawah sinar matahari dinilai efektif untuk mengusir kutu beras. Anda cukup menempatkan beras pada sebuah wadah yang lebar, lalu jemur di bawah sinar matahari langsung selama beberapa jam.

Tutup Beras dengan Kain Basah

Kutu beras juga tak menyukai area yang lembap. Menutup wadah penyimpanan beras dengan kain yang dibasahi dapat menjadi cara ampuh untuk mengusir kutu beras.

Agar kutu beras segera pergi, Anda tinggal menutup karung atau tempat penyimpanan beras dengan kain yang sudah dibasahi air sekitar 30 menit atau sampai semua kutu menempel pada kain basah tersebut.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Kutu Beras Secara Alami

Menggunakan Daun Salam

Cara menghilangkan kutu beras secara alami selanjutnya yaitu dengan menggunakan daun salam. Daun salam memiliki aroma yang sangat kuat.

Aroma tersebut ternyata tak disukai oleh kutu beras. Anda dapat meletakkan beberapa lembar daun salam kering ke dalam tempat penyimpanan beras. Cara ini juga dinilai efektif untuk mengusir kutu beras.

Menggunakan Kayu Manis

Aroma khas dari kayu manis ternyata ampuh untuk mengusir kutu beras. Anda dapat memanfaatkan kayu manis untuk menyingkirkan kutu beras.

Caranya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mengambil beberapa bagian kulit kayu manis. Kemudian masukkan bagian kulit manis tersebut ke dalam tempat penyimpanan beras.

Menggunakan Cabai Merah Kering

Cara menghilangkan kutu beras secara alami berikutnya yaitu dengan menggunakan cabai merah kering. Anda dapat memanfaatkan cabai merah kering sebagai pengusir kutu beras.

Caranya pun terbilang mudah. Anda hanya perlu memasukkan beberapa cabai merah kering ke dalam wadah penyimpanan beras.

Kemudian tunggu selama semalam sampai kutu beras hilang. Kutu akan keluar perlahan dari tempat penyimpanan beras.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Kutu Beras Secara Alami

 

Menggunakan Daun Jeruk Nipis

Daun jeruk nipis juga dapat Anda manfaatkan untuk mengusir kutu beras. Hal ini karena aroma jeruk nipis yang menyengat. Aroma jeruk nipis ini ternyata tak disukai oleh kutu beras.

Anda dapat memanfaatkan daun jeruk nipis ini. Caranya dengan meletakkan daun jeruk nipis pada tempat penyimpanan beras dan tunggu beberapa jam sampai kutu beras pergi.

Menggunakan Bawang Putih

Cara menghilangkan kutu beras secara alami terakhir yaitu dengan menggunakan bawang putih. Cara ini dinilai cukup berisiko.

Menghilangkan kutu beras dengan bawang putih dapat mengubah rasa hingga teksturnya. Tetapi, apabila Anda ingin mencoba, caranya pun cukup mudah. Anda hanya tinggal meletakkan irisan bawang putih di permukaan beras yang telah di hamparkan di tempat yang lebar atau tampah.

 

Disadur dari Merdeka (Penulis Addina Zulfa Fa'izah/ Published: 4/8/2020).

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer