Sukses


6 Cara Mengatasi Sakit Kepala Secara Alami Tanpa Efek Samping

Bola.com, Jakarta - Sebagian besar orang tentu pernah mengalami sakit kepala, baik hanya pusing atau hingga migrain berat. Ada berbagai hal yang menjadi pemciu sakit kepala seperti telat makan, kurang tidur, atau mengalami stres berat. 

Sayangnya, tak sedikit orang menganggap sakit kepala sebagai penyakit yang tidak terlalu serius. Namun sebenarnya gangguan kesehatan yang satu ini tidak bisa dianggap remeh, karena sakit kepala akan mengganggu aktivitas keseharian dan mengakibatkan sulit untuk berkonsentrasi.

Biasanya saat dilanda sakit kepala, beberapa orang memilih mengonsumsi obat-obatan yang terjual di pasaran dengan harga relatif murah. Namun, obat-obatan tersebut kebanyakan memiliki efek samping lain pada tubuh. 

Anda tak perlu terburu-buru untuk menghilangkan sakit kepala menggunakan obat-obatan. Sakit kepala sebenarnya bisa diobati dengan cara sederhana, alias alami tanpa efek samping. Lalu, bagaimanakah caranya?

Berikut Bola.com merangkum berbagai cara mengatasi sakit kepala secara alami tanpa efek samping, Rabu (27/11/2019).

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

1. Istirahat Cukup dan Lakukan di Ruangan Gelap

Sakit kepala biasanya dialami mereka yang memilili kualitas tidur kurang baik. Beberapa kasus, orang yang berjaga atau bergadang hingga larut malam akan mengalami sakit kepala keesokan harinya.

Sakit kepala muncul karena beberapa saraf terlalu tegang dan lelah. Jika dipaksakan, maka akan semakin merusak saraf-saraf tertentu dan mengganggu kesehatan tubuh lainnya.

Jika sakit kepala muncul saat beraktivitas, segeralah mencari tempat untuk beristirahat sejenak. Akan lebih efektif jika Anda  berisitirahat di ruangan yang tenang dan sedikit gelap. Hindari kebisingan di lingkungan sekitar, dan cobalah untuk melemaskan bagian kepala serta pundak Anda.

 

3 dari 7 halaman

2. Perbanyak Minum Air Putih

Sebelum memutuskan untuk mengonsumsi obat-obatan kimiawi untuk mengatasi rasa sakit di kepala cobalah untuk meminum banyak air terlebih dahulu. Salah satu penyebab sakit kepala adalah dehidrasi.  

Apabila sakit kepala disertai dengan gejala seperti haus, mulut kering, rasa lelah berlebihan, serta frekuensi buang air kecil sedikit, maka cobalah untuk meminum segelas air. Pada dasarnya, sakit kepala bisa disebabkan telat makan, kurang minum, stres, atau  terlalu lama duduk dalam posisi yang kurang nyaman, sehingga tubuh membutuhkan banyak banyak cairan.

 

4 dari 7 halaman

3. Lakukan Pemijatan Ringan

Anda bisa memijat bagian yang sakit menggunakan jari telunjuk dan atau ibu jari ketika kepala terasa sakit. Lakukan cara ini selama 7-15 detik, lalu lepaskan. Jika tak kunjung reda, ulangi pijatan sampai sakit kepala hilang.

Jika tak bisa melakukannya sendiri, Anda sebaiknya meminta bantuan orang lain untuk memijat area kepala, leher, dan pundak. Mintalah untuk memijat dengan tekanan yang pas dan tidak terlalu kencang atau terlalu pelan. Jika terlalu pelan maka tidak akan mengendurkan otot-otot yang tegang, tetapi jika terlalu keras atau kencang justru bisa menambah sakit kepala Anda.

 

5 dari 7 halaman

4. Kompres Es Batu

Es batu tentu memiliki sensasi dingin yang dapat membantu menghilangkan sakit kepala sebelah. Menurut beberapa penelitian, cara ini terbilang mujarab.

Sensasi dingin pada es batu akan membuat otot menjadi rileks, sehingga sakit kepala akan hilang dengan sendirinya.Caranya, Anda perlu membungkus bongkahan es batu dengan kain berbahan lembut, lalu usap-usapkan pada bagian kepala yang sakit.

Es batu juga ampuh untuk mengatasi atau menghilangkan sakit kepala belakang secara alami.

Sufat dingin es batu akan mengecilkan pembuluh darah, sehingga tekanan terhadap saraf-saraf sensitif yang terdapat di kepala akan berkurang.

6 dari 7 halaman

5. Mengonsumsi Pisang atau Daun Mint

Anda bisa mengonsumsi buah pisang segar untuk mengatasi sakit kepala. Pisang mengandung senyawa potasium dan magnesium yang tinggi. Kandungan dalam pisang dapat menghilangkan sakit kepala berkepanjangan. Untuk menghilangkan sakit kepala, konsumsilah minimal tiga buah pisang setiap hari secara rutin.

Selain pisang, Anda bisa mengonsumsi daun mint untuk menghilangkan sakit kepala. Bahan alami yang satu ini dipercaya dapat mengontrol aliran darah di dalam tubuh dan membantu melancarkan peredaran oksigen, sehingga dapat meredakan rasa sakit di kepala.

Anda bisa menggunakan daun mint dengan cara menggunakannya sebagai minyak esensial, dicampur dengan teh hangat, mengonsumsi permen atau kapsul yang mengandung daun mint, hingga infused water.

7 dari 7 halaman

6. Meminum Teh Madu dan Jahe

Madu dan jahe merupakan obat sakit kepala alami lantaran dipercaya dapat mengatasi rasa sakit di area kepala. Bahkan, manfaat yang diberikan jahe sama efektifnya seperti obat sumatriptan, yakni obat yang dapat mengatasi migrain. Manfaat ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dimuat di dalam Pythoter Resource.

Tidak hanya itu, madu dan jahe juga bisa mengurangi rasa mual dan ingin muntah. Jahe dapat menghangatkan tubuh sekaligus melancarkan aliran darah di kepala. Anda bisa membuat teh jahe dengan campuran madu sebagai bahan pemanis alami.

 

Sumber: Pythoter Resource

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer