Sukses


5 Manfaat Eceng Gondok yang Jarang Diketahui, Bantu Obati Sakit Gigi

Bola.com, Jakarta - Masyarakat Indonesia tentu tak asing dengan eceng gondok. Tumbuhan ini sempat dianggap sebagai tanaman liar yang dapat menyumbat saluran air dan menyebabkan banjir.

Namun kini eceng gondok sangat populer. Bahkan, di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, eceng gondok dibudidayakan dan menjadi tempat wisata yang instagramable. Eceng gondok juga banyak dijadikan sebagai bahan untuk kerajinan tangan seperti tas hingga topi.

Selain itu, eceng gondok sebenarnya mampu menjernihkan air atau sungai yang tercemar limbah atau polusi. Tapi di balik semua fungsi tersebut, tumbuhan yang memiliki nama ilmiah Eichhornia crassipes ini ternyata memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat eceng gondong telah dibuktikan oleh masyarakat di berbagai belahan dunia untuk menyehatkan kulit, antiperadangan, hingga menjaga berat badan tetap ideal. Eceng gondol mengandung rendah kalori dan kaya nutrisi.

Sebuah penelitian di JournalCogent Social Sciences menemukan eceng gondok dapat mengobati malaria. Tumbuhan ini juga mengandung senyawa penting untuk tubuh seperti karbohidrat, protein, fosfor, kalsium, dan zat besi.

Eceng gondok juga mengandung nutrisi seperti vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C. Tak kalah dengan sayuran, nutrisi dalam eceng gondok juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan dan kecantikan seperti berikut ini.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

1. Meredakan Sakit Maag

Banyak orang masih belum mengetahui tanaman eceng gondok ternyata memberikan manfaat sebagi obat pereda sakit maag atau asam lambung. Maag merupakan penyakit yang disebabkan karena kadar asam lambung yang sangat tinggi.

Eceng gondok mengandung senyawa alami yang bisa menurunkan kadar asam lambung yang tinggi. Untuk mengobati sakit maag, Anda hanya perlu merebus daun eceng gondok dengan air putih secukupnya.

Air rebusan daun eceng gondok itulah yang dapat menetralkan asam lambung. Dengan mengonsumsi air rebusan daun eceng gondok, sakit maag yang Anda alami seperti mual, perih, dan muntah segera mereda.

 

3 dari 6 halaman

2. Meredakan Gatal-Gatal

Sebagian besar orang tentu pernah mengalami gatal-gatal pada kulit yang bisa disebabkan bakteri, gigitan nyamuk, alergi, dan lain sebagainya. Ketika mengalami gatal-gatal, seseorang akan langsung mencari cara untuk mengatasinya, mulai dari mengoleskan minyak hangat, hingga mengonsumsi obat-obatan.

Namun sebenarnya gatal-gatal bisa diatasi dengan cara alami, yakni dengan memetik manfaat eceng gondok. Tanaman ini dapat berperan sebagai anti-pruritus yang efektif meredakan rasa gatal berlebih pada kulit.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengambil 3-5 lembar daun eceng gondok. Kemudian, tumbuk daunnya hingga benar-benar halus. Jika sudah halus, oleskan daun eceng gondok ke kulit yang terasa gatal. Diamkan hingga beberapa jam, dan bilas dengan air bersih jika gatal sudah hilang.

 

4 dari 6 halaman

3. Mengobati Sakit Gigi

Pernahkah Anda mengalami sakit gigi ringat atau bahkan parah, sehingga Anda tidak bisa makan dan tidur dengan enak? Namun sebelum ke dokter, Anda sebenarnya bisa meredakan rasa sakit gigi yang sangat linu.

Eceng gondok mengandung kalsium yang dapat menjaga kesehatan gigi. Tumbuhan ini juga mengandung sifat anti radang, antibakteri, dan anti-inflamasi yang dapat meredakan sakit gigi akibat infeksi bakteri.

Untuk mengobati sakit gigi, Anda bisa menggunakan air rebusan eceng gondok untuk berkumur dalam keadaan hangat. Lakukan cara ini sampai rasa nyeri mereda. Namun jika sakit gigi tidak mereda hingga satu minggu, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter.

 

5 dari 6 halaman

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Mengutip dari Health Benefits, eceng gondok dapat menjaga berat badan tetap ideal. Tumbuhan ini juga mengandung serat cukup tinggi yang dapat menurunkan berat badan, sehingga terhindar dari obesitas.

Air rebusan eceng gondok memiliki kemampuan melancarkan sistem pencernaan. Bahkan masyarakat China telah menggunakan tumbuhan ini untuk menjaga kesehatan dan dipercaya dapat membantu mengatasi diare, mual, cacingan, dan kembung.

Eceng gondok juga memiliki kandungan yang bersifat hipokolesterolemia yang mampu mengontrol kolesterol dalam darah. Dengan begitu, Anda bisa menjaga kesehatan jantung.

 

6 dari 6 halaman

5. Mengatasi Jerawat dan Bisul

Daun eceng gondok dipercaya mampu mengatasi jerawat lantaran memiliki senyawa yang bersifat anti-radang. Bahkan masyarakat Filipina telah memanfaatkan daun ini dengan dicampur air lemon untuk mengobati masalah kulit seperti bisul.

Caranya, Anda bisa menumbuk daun eceng gondok ke kulit yang terdapat jerawat atau bisul. Lakukan cara ini secara rutin hingga jerawat dan bisul menghilang.

Sumber: Health Benefits, JournalCogent Social Sciences

Video Populer

Foto Populer