Sukses


25 Kata-kata Ucapan Hari Sumpah Pemuda, Bangkitkan Semangat Kebangsaan

Bola.com, Jakarta - Sebentar lagi Bangsa Indonesia akan memperingati momen penting dan bersejarah. Setiap 28 Oktober, Bangsa Indonesia akan memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Hari Sumpah Pemuda disimbolkan sebagai wujud semangat membangkitkan cinta Tanah Air dan simbol persatuan peran para pemuda Indonesia.

Tonggak sejarah awal pemuda bersatu untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, 92 tahun silam.

Yang dimaksud Sumpah Pemuda adalah suatu pergerakan kemerdekaan Republik Indonesia yang dilakukan oleh para pemuda-pemudi bangsa dengan menyatakan janji satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa melalui keputusan kongres.

Keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Ikrar ini dianggap sebagai perwujudan nyata semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya Bangsa Indonesia.

Sebagai penerus masa depan bangsa, kita bisa memperingatinya dengan beragam cara, termasuk mengirim ucapan ke orang terdekat atau mengunggah status di media sosial terkait Hari Sumpah Pemuda.

Cara itu mungkin bisa membangkitkan nasionalisme atau semangat kebangsaan. 

Berikut kumpulan kata-kata ucapan Hari Sumpah Pemuda, dikutip dari Katamutiarabagus dan Goodminds, Selasa (20/10/2020)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Kata-kata Ucapan Hari Sumpah Pemuda

1. "Kita jangan mewarisi abunya Sumpah Pemuda, tapi kita harus mewarisi apinya Sumpah Pemuda." - Bung Karno

2. "Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia" - Bung Karno

3. "Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun." - Bung Karno

4. "Apa kekurangan kita? Kekurangan kita adalah kurangnya percaya diri sebagai bangsa sehingga kita menjadi penjiplak luar negeri dan kurang memercayai satu sama lain." - Bung Karno

5. "Pemuda masa silam menggelorakan kehendak bersatu, hari ini rayakanlah Indonesia tanpa ragu." - Najwa Shihab

6. "Negeri ini butuh banyak pemuda pencari solusi, bukan pemuda pemaki-maki." - Ridwan Kamil

3 dari 5 halaman

Kata-kata Ucapan Hari Sumpah Pemuda

7. "Tegas, lugas, dan berani itulah kita pemuda. Negara ini berdiri karena seluruh pemudanya bersatu, bahkan seandainya Indonesia tidak pernah ada, pemuda kita akan tetap bersatu."

8. "Kita ini pemuda yang bersumpah, yaitu Sumpah Pemuda bukan sampah dari pemuda, jadi harus betul-betul diingat."

9. "Tidak banyak yang bisa kami tulis untuk Indonesia terutama Sumpah Pemuda, semoga semua semangat itu akan hidup dalam diri kami untuk selama-lamanya."

10. "Ikrarkanlah ikrar sumpah pemuda dengan hati dan anggota badan yang akan menjadi bukti dan raihlah kemerdekaan Indonesia yang sejati."

11. "Kompak bukan berarti harus sama. Ayo, jadikan perbedaan sebagai sebuah kekuatan bersama!"

12. "Selamat Hari Sumpah Pemuda. Mulailah dari dirimu sendiri. Mulailah dari hal yang kecil. Mulailah dari sekarang!"

4 dari 5 halaman

Kata-kata Ucapan Hari Sumpah Pemuda

13. "Yang muda yang berkarya, Selamat Hari Sumpah Pemuda."

14. "Bangkitlah pemuda, jangan terlena akan keadaan. Ingat, kita masih dalam masa perjuangan yang sesungguhnya, tetaplah berpedoman dengan ikrar Sumpah Pemuda yang kita miliki."

15. "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Selamat Hari Sumpah Pemuda."

16. "Kamu harus bangga terlahir sebagai Indonesia. Bertanah air, berbangsa, dan berbahasa. Selamat Hari Sumpah Pemuda."

17. "Aku hanya pemuda biasa yang bekerja untuk bangsa Indonesia dan dengan cara Indonesia."

18. "Jangan kau ucapkan mentah-mentah, bacalah, resapi dan rasakan setiap makna dari kalimat ikrar Sumpah Pemuda. Selamat Hari Sumpah Pemuda."

5 dari 5 halaman

Kata-kata Ucapan Hari Sumpah Pemuda

19. "Selamat Hari Sumpah Pemuda, untuk kau para pemuda belajarlah tanpa kenal lelah, jadilah pemuda yang berkualitas dan selalu junjung tinggi rasa cinta terhadap tanah airmu."

20. "Sumpah Pemuda bukanlah sekadar teks sejarah, tetapi itu seperti kepalan tangan yang berlumuran darah. Meski harus merasa sakit, tetap banggalah untuk mengatakan bahwa saya Indonesia. Selamat Hari Sumpah Pemuda."

21. "Bersatulah wahai pemuda, kemajuan bangsa Indonesia ada di genggamanmu."

22. "Jika kita mempunyai keinginan yang kuat dari hati, alam akan saling bahu-membahu untuk mewujudkannya. Selamat Hari Sumpah Pemuda."

23. "Busungkan dadamu wahai pemuda, pandanglah ke depan, ikrarkan Sumpah Pemuda dengan sepenuh hati dan raihlah sebuah kemerdekaan, Kemerdekaan Indonesia yang sejati. Selamat Hari Sumpah Pemuda!"

24. "Tuhan hanya akan mengubah nasib sebuah bangsa jika bukan bangsa itu sendiri yang mengubahnya. Bersatulah wahai pemuda pemudi dan ubahlah negara Indonesia menjadi lebih baik. Selamat Hari Sumpah Pemuda."

25. "Kemajuan suatu bangsa ada di genggaman para pemuda, Selamat Hari Sumpah Pemuda."

 

Sumber: Katamutiarabagus, Goodminds

 

Dapatkan kumpulan artikel kata-kata ucapan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer