Sukses


8 Cara Menghindari Orang Toxic, Bikin Hidup Selalu Positif

Bola.com, Jakarta - Toxic people atau orang beracun adalah mereka yang gemar melakukan hal negatif dan tak jarang menimbulkan kerugian bagi orang lain secara fisik maupun emosional.

Orang toxic perlu Anda hindari karena Anda bisa saja terkena dampak negatif dari perilaku mereka.

Pasalnya, orang-orang toxic pasti selalu memiliki cara agar keinginan mereka kesampaian atau tindakan-tindakan mereka diterima orang lain. 

Orang-orang toxic biasanya hanya mau senangnya saja, merasa dirinya paling benar, tak memiliki empati dan simpati, sulit meminta maaf, suka mengontrol dan memanipulasi orang lain, suka meremehkan dan merendahkan, suka menghasut, dan masih banyak lagi hal negatif lainnya.

Orang-orang toxic kerap ditemukan di dunia maya, semisal media sosisl, namun kini banyak pula orang toxic di dunia nyata.

Lantaran keberadaan mereka ini 'beracun', tak ayal memicu kejengkelan atau kekesalan orang di sekitarnya. Anda bisa menghindari orang semacam itu demi kebaikan diri sendiri.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari orang toxic, seperti memutus percakapan dengan mereka.

Berikut delapan cara menghindari orang toxic, yang bisa membuat Anda tetap hidup positif, dikutip dari Jordanharbinger dan Inspringtips, Selasa (31/8/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Menghindari Orang Toxic

1. Memberi Tahu

Anda dapat menghilangkan orang-orang toxic dari hidup Anda dengan memberi tahu mereka yang sebenarnya. Mungkin, mereka tidak tahu bahwa Anda menganggap mereka toxic atau mereka tidak tahu bahwa mereka toxic, jadi sebaiknya Anda menghadapi mereka. 

Anda tidak harus memulai dengan mengatakan "Anda toxic", tetapi Anda perlu menentukan apa yang mengganggu Anda.

Misalnya, Anda menganggap mereka beracun karena mereka tidak melakukan apa-apa selain mengeluh tentang pekerjaan mereka. Beri tahu mereka bahwa kata-kata kasar mereka setiap hari berdampak negatif pada Anda dan semangat Anda dalam bekerja.

2. Putuskan Percakapan

Cara lain untuk memisahkan mereka dari kehidupan Anda adalah dengan menghentikan percakapan saat mereka memulainya. Jika mereka berbicara dengan Anda saat Anda bekerja, beri tahu mereka bahwa Anda sibuk dan tunjukkan bahwa Anda sibuk.

Tanggapi dengan penutup percakapan atau komentar yang menunjukkan ketidaktertarikan seperti 'oh, oke' atau 'saya sudah tahu itu'.

3. Berani Katakan 'Tidak'

Berkata 'tidak' mungkin hal tersulit yang akan Anda lakukan, entah karena tidak enak atau kasihan. Tetapi, jika tidak dilakukan, apalagi keapda orang toxic, ini bisa menjadi bumerang untuk Anda.

Adakalanya orang toxic menghalalkan segala cara agar Anda menuruti keinginannya. Mereka tidak bisa menerima kata 'tidak' dari orang lain. Tetaplah pada pendirian Anda, dan berlatih untuk mengatakan 'tidak' pada mereka. Makin sering Anda melakukannya, akan makin mudah pula karena terbiasa. 

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Pasangan Cemburu

4. Abaikan

Anda dapat mencegah mereka berbicara dengan Anda dengan mengenakan headset. Ingatlah bahwa musik ada untuk membawa Anda ke dunia lain di mana orang-orang toxic tidak ada.

Pakai headset itu. Dengan cara ini, apa pun yang mereka katakan, Anda tidak akan mendengarnya. Menggunakan headset juga merupakan cara yang efektif untuk mengatakan 'Saya tidak ingin diganggu, jadi tolong menjauh', tanpa mengucapkan sepatah kata pun.

5. Pergi saat Mereka Bahas Topik Negatif

Ketika orang toxic mulai membahas hal-hal negatif, itu alarm bagi Anda untuk pergi. Biar saja dia tahu kalau Anda memang tidak mau membahas hal semacam itu. Pura-pura sibuk menerima telepon atau ke kamar mandi saja.

Jika Anda tetap berada di situ dan melayani mereka dengan perbincangan negatif, Anda sudah memasuki alur toxic mereka sehingga segera hindarilah momen seperti ini.

6. Putuskan Hubungan dengan Mereka di Media Sosial

Putuskan hubungan Anda dengan mereka bahkan secara virtual. Jika mereka terus mengganggu Anda bahkan saat online, blokir mereka dari akun Anda.

Media sosial membuka jalan bagi orang untuk berkomunikasi dengan mudah satu sama lain. Tetapi, jika itu orang toxic, Anda dapat memblokir akun mereka dan Anda juga dapat menghindari melihat pesan mereka.

4 dari 4 halaman

Ilustrasi Pasangan Cemburu

7. Jangan Biarkan Mereka Memengaruhi Anda Secara Emosional

Hentikan mereka dari memengaruhi Anda secara emosional. Anda perlu belajar untuk tidak peduli dengan apa yang mereka katakan.

Apakah mereka berbicara tentang tuduhan palsu yang dapat merusak reputasi Anda? Mengapa Anda terganggu dengan itu? Istirahatkan pikiran Anda dengan pemikiran bahwa Anda selalu dapat menyangkal kata-kata mereka dengan tindakan Anda.

8. Jangan Terlalu Banyak Memberi Penjelasan

Tidak apa-apa untuk memberi tahu mereka bagaimana perasaan Anda, tetapi Anda tidak berutang penjelasan panjang lebar kepada mereka, dan itu bukan negosiasi.

Seberapa banyak Anda memberi tahu mereka, terserah Anda, dan setiap hubungan berbeda. Tetapi, yang terbaik adalah membuatnya tetap sederhana. Katakan dengan tenang bahwa Anda tidak ingin mereka menjadi bagian dari hidup Anda lagi, dan jangan terjebak dalam perdebatan.

 

Sumber: Jordanharbinger, Inspringtips

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer