Sukses


5 Cara Menjaga Rambut Diwarnai agar Tidak Cepat Luntur

Bola.com, Jakarta - Cara menjaga rambut diwarnai agar tidak cepat luntur atau pudar pasti menjadi perhatian para penyuka 'rambut warna-warni'.

Mewarnai rambut memang telah menjadi tren di kalangan masyarakat. Ada yang gemar gonta-ganti warna rambut sesuai suasana hati. Namun, ada pula yang seperti terpaksa harus mencat ulang rambut lantaran rambut yang telah diwarnai, gampang luntur atau memudar.

Lantaran tidak permanen, warna rambut akan luntur atau memudar dalam durasi waktu tertentu. Hanya, adakalanya sebelum 'masa berlaku' tersebut, warna rambut sudah memudar terlebih dulu

Rambut akan terlihat kusam. Hal tersebut bisa jadi menjengkelkan. Namun, jangan khawatir, karena ada cara untuk menjaga rambut yang diwarnai agar awet. Dengan begitu, Anda akan lebih lama menikmati warna rambut kesukaan Anda. 

Cara-cara ini akan lebih pas apabila dibarengi dengan perawatan khusus untuk rambut yang diwarnai, seperti menggunakan serum khusus dan masker rambut.

Nah, berikut ini beberapa cara menjaga rambut diwarnai agar tidak cepat luntur, disadur dari Liputan6, Rabu (6/10/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Cara agar Rambut Diwarnai Tidak Cepat Luntur

1. Jangan keramas tiap hari

Cara pertama, jangan keramas setiap hari. Tiap kali terkena air dan detergen dari sampo, kutikula rambut akan terbuka dan membuat molekul warna berkurang. 

Cukup keramas dua kali dalam seminggu dan menggunakan dry shampoo di hari lain, yang cukup disemprotkan ke akar rambut dan disisir tanpa harus dibilas air. 

Bonusnya, rambut jadi lebih bervolume dan lebih wangi. Tak ada dry shampoo? Gunakan bedak bayi di akar rambut.

2. Gunakan shampo bebas sulfat

Bahan detergen atau sulfat yang memberi busa di sampo cepat melunturkan warna rambut sehingga akan lebih baik bagi Anda yang rambutnya diwarnai untuk menggunakan sampo bebas sulfat.

3. Gunakan air dingin

Saat keramas, hindari penggunaan air hangat atau air panas karena hal ini bisa membuat warna rambut Anda cepat luntur.

3 dari 3 halaman

Cara agar Rambut Diwarnai Tidak Cepat Luntur

4. Lindungi dari panas

Sebaiknya Anda tidak terlalu sering menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut Anda. Jika terpaksa dikeringkan dengan hair dryer, gunakan produk pelindung panas agar warna rambut tak pudar, lebih cemerlang, dan rambut tetap sehat. 

Selain melindungi warna rambut dan menjaga rambut tetap sehat, produk pelindung panas membuat warna rambut terlihat lebih mengilap.

5. Pakai produk perawatan

Selain menyehatkan rambut, produk perawatan membuat warna rambut lebih berkilau. Coba gunakan masker khusus rambut diwarnai setidaknya sekali seminggu. 

Sesekali setelah keramas, pakai conditioner yang dicampur dengan setengah sendok teh cat rambut sewarna dengan rambut. Gunakan di seluruh batang rambut, diamkan selama 1-2 menit dan bilas.

 

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Ardi Suryaamaja, Editor: Annabella Siahaan. Published: 2/8/2016)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer