Sukses


7 Cara Melembapkan Kulit Wajah Secara Alami

Bola.com, Jakarta - Bagi sebagian orang terutama kaum wanita, memiliki kulit kering mungkin bisa menurunkan kepercayaan diri. Terlebih lagi mengalami kulit kering di bagian wajah.

Saat memasuki usia 20 tahun ke atas, kadar kolagen dan cairan yang ada di dalam kulit menurun sehingga kelembapan menjadi berkurang.

Akibatnya, kulit terlihat menjadi kusam, kering, muncul bintik-bintik, hitam, serta muncul tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

Selain dikarenakan bertambahnya usia, kulit kering pada wajah bisa diakibatkan karena keturunan genetik, udara yang terlelu kering, dan penggunaan produk kecantikan yang tidak cocok.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, kulit kering bisa dilembapkan kembali dengan berbagai bahan alami, yang tidak menimbulkan efek samping.

Berikut tujuh cara melembabkan kulit wajah secara alami, yang bisa Anda terapkan di rumah, seperti disadur dari Fimela, Kamis (30/12/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Melembapkan Kulit Wajah Secara Alami

1. Minyak Zaitun

Cara melembapkan wajah dengan alami yang pertama, yaitu menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun adalah minyak alami yang berfungsi untuk melembapkan kulit kering dan mencegah pengelupasan pada kulit.

Cara menggunakan minyak zaitun untuk merawat kulit, dengan mengaplikasikan beberapa tetes minyak zaitun ke wajah, lalu pijat kulit wajah selama lima menit, dan bilas wajah hingga bersih.

2. Air Mawar

Air mawar merupakan satu di antara bahan alami yang biasanya digunakan untuk melembapkan wajah. Air mawar memiliki fungsi untuk menghidrasi kulit, mencerahkan wajah, serta memberikan efek relaksasi di kulit wajah.

Cara menggunakannya, yakni dengan mencelupkan kapas di air mawar, lalu menempelkan kapas ke area wajah yang kering selama beberapa menit.

3 dari 4 halaman

Cara Melembapkan Kulit Wajah Secara Alami

3. Yoghurt

Yoghurt adalah produk olahan susu, yang bisa membantu menjaga kelembapan kulit dan mencerahkan kulit wajah. Kandungan probiotik yang terkandung dalam yoghurt ampuh mengatasi tanda-tanda penuaan dini.

Gunakan yoghurt yang tawar sebagai masker wajah, aplikasikan ke wajah, dan diamkan selama 10 menit, lalu bilas hingga wajah bersih.

4. Alpukat

Alpukat buah yang kaya akan antioksidan dan vitamin E. Kandungan tersebut bisa membantu melembapkan kulit wajah. Lemak nabati yang terdapat dalam buah alpukat juga bisa membantu menjaga elastisitas pada kulit serta memperbaiki tekstur kulit wajah menjadi lembut.

Cara menggunakannya, lembutkan daging alpukat, lalu aplikasikan ke wajah yang sudah dibersihkan, tunggu hingga 10 menit dan bilas sampai bersih.

4 dari 4 halaman

Cara Melembapkan Kulit Wajah Secara Alami

5. Lidah Buaya

Cara melembapkan wajah dengan alami yang selanjutnya, yaitu menggunakan lidah buaya, yang kaya senyawa antioksidan dan anti inflamasi. Selain bisa melembapkan, lidah buaya bisa mengurangi kemerahan di wajah, menyembuhkan jerawat, dan mencerahkan wajah.

Cara menggunakannya, haluskan daging atau gel lidah buaya yang sudah dibersihkan, lalu aplikasikan ke seluruh wajah dan diamkan selama 10 menit, bilas dengan air dingin.

6. Pisang

Pisang buah yang kaya vitamin, yang bisa membantu melembapkan kulit kering. Daging pisang dapat dihaluskan dan dijadikan masker, untuk mencerahkan wajah dan mengatasi tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

Sedangkan kulit pisang bisa digunakan untuk mengeksfoliasi kulit, melembutkan tekstur, dan meregenerasi kulit wajah.

7. Madu

Cara melembapkan wajah dengan alami berikutnya, yaitu mengoleskan masker madu ke wajah dan diamkan selama kurang lebih 30 menit.

Madu memiliki nutrisi yang bisa melembapkan kulit, meningkatkan produksi kolagen, dan bisa meregenerasi sel kulit. Anda juga bisa mencampurkan madu dengan gula, untuk mengeksfoliasi kulit agar pori-pori bersih dan komedo hilang.

 

Disadur dari: Fimela.com (Penulis: Kezia Prasetya Christvidya. Pubslihed: 24/8/2020)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer