Sukses


Daftar Makanan yang Perlu Dihindari Pemiliki Kulit Sensitif

Bola.com, Jakarta - Bagi orang yang memiliki kulit sensitif, harus menjaga kesehatan kulit dengan baik. Meski ada banyak obat yang bisa meredakan gejala kulit sensitif, tidak ada salahnya untuk mencegah hal tersebut kambuh.

Terkadang, pemilik kulit sensitif perlu menggunakan produk perawatan khusus, yang tidak menyebabkan alergi muncul.

Tidak hanya itu, menurut sejumlah studi, ada pula beberapa jenis makanan yang perlu dihindari bagi orang yang memiliki kulit sensitif karena banyak kandungan di dalam makanan yang bisa menyebabkan peradangan dan menimbulkan gejala atau masalah pada kulit sensitif.

Gejala kulit sensitif bisa berupa munculnya bercak-bercak merah pada kulit, gatal-gatal, ruam pada beberapa bagian, hingga jerawat yang muncul di wajah.

Lantas, apa saja makanan yang perlu dihindari bagi Anda yang memiliki kulit sensitif?

Berikut daftar makanan yang perlu dihindari bagi pemilik kulit sensitif, seperti disadur dari Klikdokter, Selasa (4/1/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Daftar Makanan yang Perlu Dihindari Pemiliki Kulit Sensitif

1. Makanan Mengandung Gluten 

Gluten merupakan protein yang ditemukan di dalam sumber makanan, seperti biji gandum, barley, dan gandum hitam.

Gluten dapat memengaruhi kulit orang sensitif karena protein tersebut mampu menghancurkan usus vili. Usus vili memiliki fungsi untuk membuat makanan di dalam usus terserap sempurna.

Akibatnya, dapat timbul banyak gejala, seperti gatal dan ruam di kulit. Orang dengan intoleransi gluten juga dapat mengalami berbagai masalah kulit jika tetap mengonsumsi gluten.

2. Makanan Tinggi Gula

Para dokter spesialis kulit menyarankan agar orang dengan kulit sensitif menghindari makanan mengandung tinggi gula. Makanan tinggi gula mudah memicu munculnya sel radang pada kulit.

Makanan tinggi gula juga lebih mudah menimbulkan jerawat di wajah. Contoh makanan tinggi gula adalah biskuit, kue, permen, minuman berkarbonasi, dan makanan manis lainnya.

3 dari 4 halaman

Daftar Makanan yang Perlu Dihindari Pemiliki Kulit Sensitif

3. Produk Olahan Susu 

Pantangan makanan untuk kulit sensitif selanjutnya adalah produk susu. Produk susu dapat menyebabkan gatal-gatal, ruam, dan peradangan sehingga menyebabkan munculnya jerawat.

Lalu, protein di dalam susu, air dadih, dan kasein dapat memicu reaksi alergi. Sebab, kasein dan air dadih sulit untuk dicerna oleh tubuh.

Bila produk susu tersebut telah dipasteurisasi dan ditambahkan dengan pengawet, hormon, serta bahan kimia lainnya, kondisi peradangan makin rentan terjadi. Makanan yang mengandung susu adalah keju, mentega, es krim, dan puding.

4. Putih Telur

Ketika mengonsumsi putih telur, sistem kekebalan tubuh orang dengan kulit sensitif dapat melihatnya sebagai zat asing. Nantinya, sistem kekebalan tubuh akan merespons dengan mengeluarkan histamin, yakni zat inflamasi yang dilepaskan tubuh saat terjadi reaksi alergi.

Akibat reaksi tersebut, bisa muncul ruam dan gatal-gatal. Maka itu, bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya menghindari konsumsi putih telur secara berlebihan.

4 dari 4 halaman

Daftar Makanan yang Perlu Dihindari Pemiliki Kulit Sensitif

5. Kedelai  Kedelai

Alergi protein dari kacang kedelai sangat umum terjadi. Orang dengan kulit sensitif mungkin mengalami gatal-gatal atau timbulnya jerawat setelah mengonsumsi kedelai.

Alergi kedelai dapat menyebabkan kulit jadi memerah. Makanan yang mengandung kedelai adalah roti dan sereal.

6. Anggur atau Wine

Semua orang yang memiliki kulit sensitif harus menghindari buah anggur merah dan anggur putih. Kandungan tanin di dalam anggur merah dapat menyebabkan gatal-gatal atau kemerahan pada kulit orang sensitif.

Maka itu, bagi pemilik kulit sensitif, batasi konsumsi makanan dan minuman yang terbuat dari anggur.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 1/1/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer