Sukses


5 Hadis tentang Toleransi yang Dapat Menambah Pemahaman

Bola.com, Jakarta - Setiap agama, termasuk Islam menjunjung tinggi prinsip toleransi. Hal itu karena toleransi termasuk satu di antara sikap dalam nilai-nilai ajaran agama.

Toleransi dalam Islam artinya adalah menghormati selama tidak mencampuraduk dalam perkara iman dan akidah terhadap Allah Swt.

Dalam agama Islam toleransi disebut sebagai tasamuh. Maksud dari tasaamuh adalah bersikap menerima dan menghargai perbedaan yang ada.

Namun, bukan membenarkan atau bahkan mengikuti pendirian orang lain, terutama pada eksistensi keimanan, keyakinan, maupun agama yang dianut orang lain.

Sikap toleransi disebutkan dalam Al-Qur'an surah Al An’am ayat 108.

"Dan janganlah kalian mencela orang-orang yang berdoa kepada selain Allah, yang menyebabkan mereka mencela Allah dengan permusuhan dengan tanpa ilmu. Demikianlah Kami menghiasi untuk setiap umat amalan mereka, lalu Dia mengabarkan kepada apa yang mereka lakukan."

Selain itu, Nabi Muhammad saw. juga menyampaikan tentang toleransi lewat beberapa hadis. Hadis Nabi Muhammad saw. tentang toleransi bertujuan untuk memelihara kerukunan masyarakat.

Berikut lima hadis tentang toleransi yang dapat menambah pemahaman umat muslim, dikutip dari laman uin-suska.ac.id dan an-nur.ac.id, Rabu (22/11/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Hadis tentang Toleransi (1)

"Agama manakah yang paling dicintai oleh Allah? Maka beliau bersabda: 'Al-Hanifiyyah As-Samhah (yang lurus lagi toleran)'." (HR. Bukhari)

3 dari 6 halaman

Hadis tentang Toleransi (2)

"Dari Ibnu Abbas, ia berkata: 'Ditanyakan kepada Rasulullah saw. 'Agama manakah yang paling dicintai oleh Allah?', maka beliau bersabda: 'Al-hanifiyyah as-samhah atau agama yang lurus lagi toleran (maksudnya agama Islam)'." (HR. Ahmad)

4 dari 6 halaman

Hadis tentang Toleransi (3)

"Telah menceritakan kepada kami Waki, dari Abu Hilal, dari Bakar, dari Abu Zar (Al-Ghifari) yang mengatakan bahwa sesungguhnya Nabi Muhammad saw. pernah bersabda kepadanya: 'Perhatikanlah, sesungguhnya kebaikanmu bukan karena kamu dari kulit merah dan tidak pula dari kulit hitam, melainkan kamu beroleh keutamaan karena takwa kepada Allah Swt.'." (HR. Ahmad)

5 dari 6 halaman

Hadis tentang Toleransi (4)

"Demi (Allah) yang nyawaku di tangan-Nya, tidaklah beriman seorang hamba sehingga dia mencintai tetangganya sebagaimana dia mencintai dirinya sendiri." (HR. Muslim, Abu Ya'la)

6 dari 6 halaman

Hadis tentang Toleransi (5)

"Di antara isi surat Rasulullah saw. kepada penduduk Yaman adalah penduduk Yahudi dan Nasrani yang tidak mau masuk Islam maka dia tidak dihalangi dalam menjalankan keyakinannya. Akan tetapi, ditetapkan jizyah atas setiap orang yang berakal, laki-laki maupun perempuan, merdeka ataupun budak." (HR. Abdurrazaq)

 

Sumber: uin-suska.ac.id, an-nur.ac.id

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer