Sukses


8 Hadis tentang Berpikir Kritis yang Dapat Menjadi Pedoman

Bola.com, Jakarta - Umat muslim dianjurkan berpikir kritis dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini agar dapat mengevaluasi dan mengintrospeksi suatu masalah hingga menemukan solusi terbaik dalam memecahkannya.

Berpikir kritis dalam Islam disebut dengan tafakur. Perintah untuk berpikir kritis telah termaktub dalam Al-Qur'an surah Ali Imran ayat 190-191. Allah Swt. berfirman:

"Sesungguhnya, dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang, terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk, atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), "Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia; Mahasuci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka".

Di samping itu, orang yang mampu berpikir kritis termasuk Ulil Albab. Ulil Albab adalah sebuah konsep yang membahas tentang akal berpikir manusia.

Ulil Albab juga bisa dimaknai seorang muslim menempatkan Allah, Rasul, dan Islam dalam hati terdalamnya.

Secara garis besar, seorang muslim yang berpikir kritis mempunyai sikap skeptis, rasa ingin tahu yang besar, pemikiran terbuka, dan menghargai kejujuran.

Golongan muslim ini juga mampu menyadari bahwa setiap makhluk atau benda yang diciptakan di alam semesta ini memiliki kebermanfaatan.

Dengan berpikir kritis, seorang muslim juga dapat menghindari kesalahpahaman dan penyelewengan terhadap ajaran agama. Ada sejumlah hadis Rasulullah saw. yang membahas tentang berpikir kritis.

Berikut delapan hadis tentang berpikir kritis yang dapat menjadi pedoman umat muslim, dikutip dari laman Mustafalan dan Markombur, Senin (27/11/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Hadis tentang Berpikir Kritis

Hadis tentang Berpikir Kritis (1)

"Aku memerintahkan kalian untuk berpikir karena berpikir adalah awal dari segala kebaikan." (HR. Imam Ali bin Abi Thalib)

Hadis tentang Berpikir Kritis (2)

"Pikirkanlah mengenai segala sesuatu (yang diciptakan Allah), tetapi janganlah kalian memikirkan tentang Zat Allah, karena kalian akan rusak." (HR. Abu Syeikh)

Hadis tentang Berpikir Kritis (3)

"Bersegeralah kalian beramal sebelum datangnya tujuh perkara yaitu: Apa yang kalian tunggu selain kemiskinan yang melalaikan, atau kekayaan yang menyombongkan, atau sakit yang merusak tubuh, atau tua yang melemahkan, atau kematian yang cepat, atau Dajal maka ia adalah seburuk-buruknya makhluk yang dinantikan, ataukah kiamat, padahal hari kiamat itu adalah saat yang terbesar bencananya serta yang terpahit dideritanya?" (HR. Tirmidzi)

3 dari 4 halaman

Hadis tentang Berpikir Kritis

Hadis tentang Berpikir Kritis (4)

"Orang yang cerdas ialah orang yang mampu mengintrospeksi dirinya dan suka beramal untuk kehidupannya setelah mati. Sedangkan orang yang lemah ialah orang yang selalu mengikuti hawa nafsunya dan berharap kepada Allah Swt. dengan harapan kosong." (HR. At Tirmizi)

Hadis tentang Berpikir Kritis (5)

"Barang siapa yang memiliki akal yang sehat maka hendaklah ia mempergunakan akalnya." (HR. Abdullah bin Mas’ud).

Hadis tentang Berpikir Kritis (6)

"Ada tiga macam akal: akal orang mukmin, akal orang munafik, dan akal orang yang bingung. Maka carilah akal yang berasal dari orang mukmin." (HR. Bukhari)

4 dari 4 halaman

Hadis tentang Berpikir Kritis

Hadis tentang Berpikir Kritis (7)

"Seorang mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah daripada mukmin yang lemah. Dan di dalam keduanya terdapat kebaikan. Hendaklah engkau selalu mencari apa yang bermanfaat bagimu, mintalah pertolongan kepada Allah, dan janganlah engkau merasa lemah." (HR. Tirmidzi)

Hadis tentang Berpikir Kritis (8)

"Barang siapa yang menginginkan petunjuk maka hendaklah ia berpikir." (HR. Abu Hurairah)

 

Sumber: Mustafalan, Markombur

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer