Sukses


Arti Sedekah beserta Keutamaannya

Bola.com, Jakarta - Sedekah adalah pemberian harta kepada orang-orang fakir, orang yang membutuhkan, ataupun pihak-pihak lain yang berhak menerima sedekah, tanpa disertai imbalan. Sedekah memiliki makna yang lebih luas lagi dari zakat dan infak.

Menurut peraturan BAZNAS No. 2 tahun 2016, pengertian sedekah adalah harta atau non harta bukan zakat milik seseorang atau suatu lembaga dikeluarkan untuk kebaikan bersama.

Dalam agama Islam, sedekah adalah satu di antara ibadah yang sangat dianjurkan sebab tindakan tersebut sangat dicintai oleh Allah Swt. Terlebih sedekah jariyah sangat diutamakan karena mendatangkan banyak manfaat bagi pemberi dan penerimanya.

Sedekah jariyah merupakan bentuk sedekah di mana imbalan pahalanya terus mengalir dan dirasakan pelakunya, meski telah meninggal.

Berikut penjelasan lebih lanjut tentang sedekah, disadur dari laman ocbc.id, Selasa (5/12/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Perbedaan Infak dan Sedekah

Konsep infak dan sedekah adalah sama-sama melakukan pengeluaran harta dan memberikan kepada orang lain. Namun, ada perbedaan infak dan sedekah yang wajib dipahami setiap muslim.

Pertama, perbedaan infak dan sedekah adalah ditinjau dari wujudnya. Bentuk pengeluaran dari infak harus berupa harta.

Contohnya, memberikan uang kepada pengemis. Sedangkan wujud dari sedekah tidak terbatas pada harta saja, tetapi lebih luas mencakup non-harta, tindakan mengandung kebaikan, dan sebagainya.

Contoh sedekah adalah memberikan senyuman, memberi makan kucing, dan lain sebagainya.

Perbedaan infak dan sedekah juga dilihat dari segi latar belakang. Anjuran berinfak karena setiap harta mengandung hak milik orang sehingga diupayakan untuk dikeluarkan dan diberikan kepada orang yang tepat.

Sebenarnya infak bisa diberikan kepada siapa pun, tetapi diprioritaskan untuk orang membutuhkan dan bermanfaat bagi banyak orang, seperti berinfak ke masjid, fakir miskin, korban bencana alam, dan golongan berhak menerima zakat (asnaf).

Sedangkan sedekah diberikan atas dasar sukarela kepada siapa saja, tanpa memandang latar belakang dan kondisi. Ketika kamu memberikan hadiah kepada ibu atau keluarga, hal tersebut termasuk tindakan sedekah.

3 dari 5 halaman

Keutamaan Sedekah Menurut Hukum Islam

Pahala Berlipat Ganda dari Jumlah Sedekah

Imbalan bersedekah bagi pelakunya yaitu mendapatkan pahala. Oleh karena itu, keutamaan sedekah adalah pemberi memperoleh pahala berlipat ganda melebihi jumlah sedekahnya.

Lantaran ibaranya kamu sedang meminjamkan harta atau non harta kepada Allah sehingga balasan atas kebaikan tersebut berupa pemberian pahala berlipat.

Dapat Memanjangkan Usia

Menurut Islam, keutamaan sedekah adalah bisa memanjangkan usia para pelakunya. Dalam hal ini bukan berarti umur kehidupan pemberi sedekah menjadi lama, tetapi amalan kebaikan dari pelaku sedekah akan dikenang melebihi usianya hidup di dunia.

Penghapus Dosa

Amalan sedekah ibarat air memadamkan api sehingga keutamaan sedekah adalah penghapus dosa-dosa bagi pelakunya.

Ketika kamu bersedekah, maka Sang Pencipta akan menghapus dan mengampuni dosa-dosa sebab tersiram oleh pahala kebaikan dari sedekah.

Menjauhkan Diri dari Api Neraka

Selain mampu menghapus dosa-dosa, keutamaan sedekah adalah menjauhkan pelakunya dari api neraka. Hal itu karena sedekah dapat melipatgandakan pahala dan menghapus dosa-dosa. 

Hal ini berarti sedekah akan menjauhkan kamu dari siksa api neraka. Sebab, sedekah mengandung kebaikan yang membuatmu jauh dari hal buruk.

4 dari 5 halaman

Keutamaan Sedekah Menurut Hukum Islam

Menjadi Naungan di Hari Kiamat

Dalam ajaran Islam, manusia akan dibangkitkan dan dikumpulkan saat hari kiamat. Kemudian amal ibadah kita di dunia akan ditimbang.

Aktivitas sedekah di dunia dapat membantu pelakunya menghadapi hari kiamat dan menambah timbangan amal baiknya.

Masuk Surga Melalui Pintu Khusus

Pelaku sedekah akan diberikan pintu khusus saat memasuki surga sebagai bentuk keutamaan sedekah. Golongan gemar bersedekah akan diizinkan Allah melewati pintu khusus sedekah.

Pastinya, hal ini merupakan suatu keistimewaan bagi pelaku sedekah karena mendapat kemudahan masuk surga dari Sang Pencipta.

5 dari 5 halaman

Keutamaan Sedekah Menurut Hukum Islam

Menenangkan Hati

Keutamaan sedekah tak kalah penting yakni amal ibadah ini mampu memberikan ketenangan hati dan jiwa bagi pelakunya karena mereka telah berbagi kebahagiaan kepada orang lain dan mengeluarkan hartanya untuk orang lain.

Meningkatkan Keberkahan Harta

Sering kali sedekah menjadi kebiasaan rutin pasca menerima gaji atau rezeki karena keutamaan sedekah adalah mampu meningkatkan keberkahan harta.

Agar rezeki yang dilimpahkan tidak sia-sia dan mengandung keberkahan, sebaiknya untuk disedekahkan kepada sesama.

Pahalanya Tidak Terputus

Tidak hanya pahala berlipat, keutamaan sedekah adalah pahalanya tidak akan terputus. Apalagi jika kamu melakukan sedekah jariyah di mana kebermanfaatan atas pemberian tersebut terus mengalir hingga kamu telah tiada di dunia. Namun, pahalamu terus bergulir tanpa henti.

 

Sumber: ocbc.id

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer