Sukses


Macam-Macam Penyebab Mengantuk setelah Minum Kopi

Bola.com, Jakarta - Kopi adalah minuman yang banyak dikonsumsi karena efeknya yang dapat membuat seseorang merasa lebih segar dan terjaga.

Namun, terkadang ada yang setelah minum kopi justru merasa mengantuk. Hal ini bisa jadi terasa membingungkan. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan mengantuk setelah minum kopi perlu diperhatikan.

Pertama, kafein yang terdapat dalam kopi dapat memberikan efek sementara, seperti meningkatnya energi dan waspada. Namun, ketika efeknya mulai turun, tubuh dapat merasakan reaksi menurunnya energi yang mengakibatkan mengantuk.

Kafein juga dapat memengaruhi siklus tidur seseorang sehingga konsumsi kopi dalam jumlah yang berlebihan, dapat mengganggu pola tidur dan menyebabkan kelelahan.

Selain itu, konsumsi kopi dapat menyebabkan dehidrasi. Kafein memiliki efek diuretik yang dapat meningkatkan produksi urine dan membuat tubuh kehilangan cairan.

Dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan dan mengantuk. Oleh karena itu, penting untuk tetap mengonsumsi air setelah minum kopi untuk menghindari efek dehidrasi.

Dalam penjelasan ini, akan dijelaskan penyebab mengantuk setelah minum kopi. Berikut penjelasannya secara simpel, Rabu (13/12/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Apa yang Terjadi di Tubuh ketika Minum Kopi?

Ketika seseorang minum kopi, kafein dalam minuman tersebut akan diserap ke dalam aliran darah dan mencapai otak dalam waktu sekitar 15-45 menit.

Di otak, kafein akan menghalangi neurotransmitter adenosin yang bertanggung jawab untuk membuat kita merasa mengantuk. Hal ini menyebabkan peningkatan energi, kegembiraan, dan kewaspadaan.

Kafein juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan memicu pelepasan hormon seperti adrenalin. Hal ini dapat meningkatkan denyut jantung, tekanan darah, dan membuat saluran udara pada paru-paru melebar.

Minum kopi dapat memicu produksi asam lambung, yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada beberapa orang. Namun, bagi sebagian orang, kandungan antioksidan dalam kopi dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Meski minum kopi dapat memberikan berbagai efek positif dan negatif pada tubuh, penting untuk mengonsumsinya secara moderat dan memiliki batas konsumsi yang aman.

Selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi jika memiliki kondisi kesehatan tertentu atau kebiasaan minum kopi secara berlebihan.

3 dari 3 halaman

Macam-Macam Penyebab Mengantuk setelah Minum Kopi

1. Kafein yang berlebihan dalam kopi dapat menyebabkan efek jantung berdebar-debar dan meningkatkan metabolisme tubuh, yang dapat membuat seseorang merasa lelah setelahnya.

2. Kebiasaan minum kopi secara teratur dapat membuat tubuh menjadi kebal terhadap efek kafein sehingga seseorang mungkin akan merasa kantuk setelah minum kopi karena tubuh telah terbiasa dengan adanya kafein.

3. Kualitas tidur yang buruk dapat membuat seseorang tetap merasa mengantuk, meski telah minum kopi. Kurang tidur atau tidur yang tidak berkualitas dapat menyebabkan kantuk yang sulit dihindari.

4. Pola makan yang tidak seimbang atau kekurangan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan rasa lelah setelah minum kopi.

5. Faktor-faktor lain seperti stres, kelelahan fisik, atau kondisi kesehatan tertentu dapat menjadi penyebab seseorang merasa mengantuk setelah minum kopi.

 

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer