Sukses


7 Hal Penting yang Harus Dicantumkan dalam CV Lamaran Kerja

Bola.com, Jakarta - Dalam mencari pekerjaan, CV atau curriculum vitae merupakan satu di antara dokumen penting yang harus disiapkan oleh calon pelamar.

CV akan memberikan gambaran tentang latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, dan pencapaian yang dimiliki oleh seorang pelamar.

Sebagai pencari kerja, pemahaman terhadap komponen-komponen yang seharusnya terdapat dalam CV sangat penting. Ini dikarenakan setiap perusahaan yang sedang mencari karyawan akan mengawali proses seleksi dengan menelaah CV pelamar.

Apabila seseorang merasa kesulitan dalam menyusun CV, sebaiknya mereka memahami terlebih dahulu unsur-unsur apa saja yang seharusnya ada dalam CV. Hal ini dapat menjadi langkah awal yang membantu pelamar untuk membuat CV yang informatif dan menarik bagi tim HRD.

Untuk itu, ada beberapa hal penting yang harus dicantumkan dalam CV agar dapat memberikan informasi yang lengkap dan relevan kepada calon perekrut.

Berikut tujuh hal penting yang harus dicantumkan dalamĀ CV lamaran kerja, seperti dilansir dari lamanĀ Gurupendidikan, Selasa (23/1/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Hal Penting yang Harus Dicantumkan dalam CV Lamaran Kerja

1.Ā Deskripsi Diri

Bagian ini berisi hal menarik pada diri pencari kerja, saatnya untuk mempromosikan diri kepada HRD perusahaan yang membuka lowongan.

Cobalah tarik minat HRD perusahaan tersebut dengan menerangkan keunggulan yang dimiliki secara ringkas dan menarik. Dengan begitu, HRD mampu menggambarkan diri pelamar kerja dengan tepat karena lebih tahu tentang diri pencari kerja.

Tulislah sekitar tiga atau empat kalimat ringkas yang bisa menarik perhatian HRD yang melakukan rekrutmen. Jika melakukan itu, kesempatan diterima dalam proses rekrutmenĀ tersebut lebih besar.

2.Ā Data Pribadi

Data pribadi adalah data pertama yang harus dicantumkan dalam CV pencari kerja. Sebuah data yang menerangkan informasi-informasi diri pencari kerja, yang ke depannya dibutuhkan oleh HRD perusahaan yang menerima.

Data pribadi berisi nama lengkap, tanggal lahir, usia, alamat nomor telepon, dan nama email.

Sekadar informasi untuk alamat email, sebaiknya buat yang simple dan jelas, menggunakan nama sendiri.

Alamat email sebaiknya tidak dibuat dengan nama-nama aneh yang sulit dibaca dan sedikit berlebihan. Ini akan menimbulkan penilaian tersendiri oleh HRD juga akan memperbesar risiko HRD salah alamat saat mengirimkan email.

3 dari 5 halaman

Hal Penting yang Harus Dicantumkan dalam CV Lamaran Kerja

3.Ā Pengalaman Organisasi

Komponen selanjutnya yang harus ditulis dalam CV adalah pengalaman berorganisasi, yang berguna untuk melihat keaktifan pencari kerja. Ini akan menguntungkan fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja formal.

HRD perusahaan akan melihat pengalaman organisasinya, sebagai tolok ukur keaktifan bekerja sama dalam tim.

Cantumkan semua pengalaman organisasi, terdiri dari jabatan dan nama organisasi yang diikuti. Dengan demikian, HRD perekrut akan bisa mengetahui ketrampilan pencari kerja dan sebagai nilai tambah bagi mereka.

Tulis secara detail jabatan atau kegiatan yang dilakukan dalam organisasi tersebut agar mudah dimengerti.

4.Ā Riwayat Pendidikan Dan Pelatihan

Pendidikan penting dicantumkan saat pencari kerja melamar pada lowongan pekerjaan formal yang profesional.

Mencantumkan riwayat pendidikan mulai SD, SM, SMA, Perguruan Tinggi adalah hal yang harus dilakukan. Lengkap dengan tahun masuk dan tahun kelulusan, hal ini penting dilakukan untuk menunjukkan prestasi pendidikan.

Selain pendidikan formal di atas, juga dipersilakan menuliskan riwayat pendidikan informal yang pernah diikuti. Pendidikan informal terutama yang berhubungan dengan posisi pekerjaan yang dilamar sehingga mendukung keputusan HRD menerima pencari kerja.

4 dari 5 halaman

Hal Penting yang Harus Dicantumkan dalam CV Lamaran Kerja

5.Ā Prestasi yang Pernah Dicapai

Jangan lupa juga mencantumkan prestasi yang pernah dicapai, baik akademik maupun non akademik. Jelaskan apa prestasinya, tahun berapa mendapatkannya dan siapa yang menyelenggarakan, jika itu prestasi non akademik.

Jika prestasi akademik, tulis saja apa prestasinya, tahun berapa, dan saat pendidikan apa prestasi tersebut dicapai.

6.Ā Keahlian Tambahan

Tulis juga keahlian tambahan yang dimiliki, sebagai bahan pertimbangan bagi HRD yang melakukan rekrutmen. Keahlian tambahan yang sering dicari seperti bahasa asing dan keahlian komputer atau yang akan mendukung pekerjaan.

Semisal melamar posisi ahli gizi, sertifikasi HACCP dan ISO yang menunjukkan bisa memproduksi makanan dengan aman akan menjadi nilai tambah.

Cantumkan semua kursus dan yang pernah diikuti, yang membuat memiliki keahlian tambahan yang sesuai posisi yang dilamar.

5 dari 5 halaman

Hal Penting yang Harus Dicantumkan dalam CV Lamaran Kerja

7.Ā Pengalaman Kerja Dan Referensi Perusahaan

Yang terakhir harus dicantumkan dalam CV sesuai contoh CV yang ada, yaitu pengalaman kerja dan referensi dari perusahaan sebelumnya.

Bagi pencari kerja yang sudah memiliki pengalaman kerja sebelumnya, hendaknya mencantumkan semua pengalaman kerja tersebut.

Sebutkan posisi pekerjaan yang pernah dijabat, nama perusahaan dan tahun mengabdi, serta alasan mengundurkan diri. Data ini nantinya didukung oleh surat referensi atau surat pengalaman kerja yang didapat dari perusahaan sebelumnya.

Tulis dengan lengkap semua pengalaman kerja yang telah dilakukan.

Ā 

Disadur dari: Gurupendidikan

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengeklikĀ tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer