Sukses


13 Contoh Kenakalan Remaja yang Perlu Diwaspadai

Bola.com, Jakarta - Kenakalan remaja merupakan masalah yang perlu mendapatkan perhatian serius dari semua pihak. Fenomena ini tidak hanya berdampak negatif bagi remaja itu sendiri, tetapi juga bagi lingkungan sekitar.

Kenakalan remaja dapat mencakup berbagai perilaku seperti tawuran, penyalahgunaan narkoba, pergaulan bebas, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu waspada terhadap potensi kenakalan remaja di sekitar kita.

Kenakalan remaja dapat dipicu oleh berbagai faktor, dari lingkungan sosial, masalah keluarga, hingga pergaulan yang negatif.

Maka itu, kita sebagai masyarakat harus terus memperhatikan dan peduli terhadap remaja agar tidak terjerumus dalam perilaku yang merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Selain itu, pendekatan yang baik dari keluarga, sekolah, dan lingkungan sekitar sangat diperlukan agar remaja dapat tumbuh dan berkembang menjadi individu yang bertanggung jawab dan produktif.

Melalui kesadaran akan pentingnya peran kita dalam mencegah kenakalan remaja, kita dapat bersama-sama menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi mereka untuk tumbuh dan berkembang. 

Ada beberapa bentuk kenakalan remaja. Bahkan, ada kenakalan remaja yang dapat dikenakan sanksi pidana.

Berikut 13 contoh kenakalan remaja yang perlu untuk diwaspadai, dikutip dari laman Dosensosiologi, Jumat (9/2/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Contoh Kenakalan Remaja yang Perlu untuk Diwaspadai

1.  Berkelahi Antarteman Sepergaulan

Berkelahi merupakan sikap di mana ingin menunjukkan yang terhebat diantara teman sepergaulan. Berkelahi antarteman sepergaulan dapat diakibatkan oleh banyak faktor, satu di antaranya karena adanya jiwa kesombongan yang ada dalam dirinya, atau ingin menunjukan kemampuan lebih baik dengan menyingkirkan orang lain.

2.  Tawuran Antarpelajar

Tawuran antarpelajar adalah bentuk perkelahian dalam lingkup sekolah yang berbeda. Tawuran antarpelajar terjadi karena pembuktian sekolah mana yang lebih berkuasa. Adapun faktor penyebab kenakalan remaja seperti ini, misalnya ada kekalahan dalam pertandingan sepak bola.

3.  Membohongi Orang Tua

Berbohong adalah sikap yang tidak terpuji dalam kehidupan. Orang yang memasuki usia remaja akan mudah berbohong kepada orang tua untuk mendapatkan suatu hal yang diinginkan. Berbohong ini apabila terjadi secara terus-menerus dapat terbawa hingga dewasa.

Contoh kasus pada remaja tentang membohongi orang tua, misalnya diberikan uang untuk membayar SPP sekolah maupun buku, tetapi uang tersebut digunakan untuk membeli rokok, bahkan yang membahayakan membeli narkoba.

4.  Tidak Menaati Peraturan Sekolah

Sekolah adalah lembaga pendidikan yang sudah senantiasanya dijadikan tempat untuk mendidik karakter seseorang. Maka, di sekolah akan banyak terdapat peraturan untuk ditaati warga sekolah. 

Hanya, banyak ditemukan peserta didik yang tergolong remaja tidak menaati peraturan sekolah agar dianggap keren oleh teman sepermainannya. Hal tersebut menjadi kenakalan remaja yang harus ditanggulangi.

3 dari 5 halaman

Contoh Kenakalan Remaja yang Perlu untuk Diwaspadai

5.  Melawan Guru di Sekolah

Guru adalah orang tua kita di sekolah. Perintah guru adalah semata-mata ingin menjadikan anak didiknya menjadi pribadi yang baik dalam berkehidupan. Namun, tidak semua perintah guru tidak diindahkan dengan baik oleh peserta didik. Melawan guru adalah hal yang sering terjadi di sekolah.

6.  Bolos Sekolah

Kenakalan remaja dengan cara membolos sekolah adalah bentuk kemalasan siswa terhadap kegiatan pembelajaran di sekolah. Kenakalan semacam ini misalnya, adanya remaja pamit dengan orang tuanya dari rumah untuk pergi sekolah, tetapi tidak sampai ke sekolah.

7.  Hamil di Luar Nikah

Hamil di luar nikah adalah bahaya yang dapat terjadi apabila melakukan seks bebas. Hamil di luar nikah tentu saja dapat menghancurkan masa depan. Hal ini dikarenakan remaja yang hamil di luar nikah akan kesulitan untuk melanjutkan pendidikan.

4 dari 5 halaman

Contoh Kenakalan Remaja yang Perlu untuk Diwaspadai

8.  Balap Liar

Diakui ataupun tidak, kasus terkait dengan balap liar sering terjadi di jalanan dan mirisnya jumlah yang dominan dalam balap liar tersebut adalah anak usia remaja, yang akhirnya banyak meniggal dunia karena kesalahannya sendiri.

9.  Merokok

Merokok adalah kegiatan yang tidak baik jikalau dilakukan para remaja, meski hal ini banyak terlihat baik di sekolah, rumah, maupun temapat-tempat umum.

Merokok menjadi kenakalan untuk usia remaja alasannya karena selain belum memiliki penghasilan, kadang kala diperlukan hanya sebagai bagian daripada gaya hidup.

10.  Minum Minuman Beralkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol bukan menjadi suatu kriminalitas apabila dikonsumsi dalam takaran yang benar. Namun, yang dapat menjadi suatu hal yang menyangkut kriminalitas baik pada usia remaja maupun pada usia dewasa apabila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, apalagi jikalau sampai mabuk-mabukan maka kadang kala membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

5 dari 5 halaman

Contoh Kenakalan Remaja yang Perlu untuk Diwaspadai

11.  Mengonsumsi Obat-obatan Terlarang

Obat-obatan terlarang merupakan jenis obat-obatan yang tidak dijual bebas di pasaran. Dengan mengonsumsi obat-obatan tersebut dapat memberikan efek melayang pada pengonsumsinya. Efek mengonsumsi obat-obatan terlarang dapat timbul bahaya-bahaya yang merugikan.

12.  Pencurian

Mencuri adalah kegiatan mengambil barang yang menjadi hak orang lain tanpa seizin pemiliknya sehingga dalam hal inilah mencuri merupakan bagian dari kriminalitas. Apalagi jikalau disertai dengan kekerasan sampai dengan pembunuhan.

13.  Perjudian

Perjudian dilakukan untuk mengadu nasib dengan cara mengorbankan harta benda. Tindakan seseorang yang melakukan perjuadian dapat tergolong dalam kriminalitas lantaran khususnya di Indonesia, perilaku ini merusak norma hukum sekaligus tidak dibenarkan dalam nilai agama.

 

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer