Sukses


Andalkan Fitur Live Streaming, Penjual Mukena Ini Raih Penghargaan di Shopee Super Awards 2023

Bola.com, Jakarta Mukena yang juga simbol kesucian dan spiritualitas dalam beribadah bagi perempuan Muslim, telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam budaya Indonesia. Namun, di balik keindahan dan kekhasan mukena, terdapat cerita inspiratif para pengrajin dan penjual untuk tetap relevan dan berdaya saing dalam pasar yang semakin kompetitif.

Salah satu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang sukses memberikan kisah inspiratif adalah Triana Saptiaji, pemilik UMKM Azella Collections. Dirinya berhasil meraih penghargaan dalam ajang Shopee Super Awards 2023.

Berkat ketekunannya menggunakan fitur live streaming dan sukses menjual ribuan produk dalam sehari, Triana pun diganjar penghargaan di kategori Super Livestreamer UMKM. Ia membagikan kisah mengenai perjalanan merintis bisnis mukena online-nya.

Awalnya, pria 43 tahun ini memiliki bisnis konveksi, namun perputaran modalnya dirasa cukup lama karena banyak dari para pelanggannya yang membayar dalam tempo yang cukup lama.

“Saya sudah pakai Shopee dari tahun 2015, tapi waktu itu cuma untuk belanja aja, dan waktu itu saya masih punya bisnis online konveksi. Istri saya bilang, zaman semakin canggih, semakin modern, jadi serba digital, jadi harus bisa melangkah ke depan," tutur Triana.

"Selain itu, sebagai UMKM kecil kita butuh yang bisa perputaran modalnya bisa cepat, dan akhirnya saya buka Azella Collections di Shopee. Alhamdulillah, bersyukur banget ambil keputusan itu,” jelasnya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Andalkan Fitur Live Streaming

Pandemi COVID-19 menjadi titik balik perjalanan bisnis Triana. Pria kelahiran Tasikmalaya ini, mengandalkan fitur live streaming di Shopee untuk mengembangkan bisnis mukenanya.

Hasilnya pun cukup mengesankan. Karena Azella Collections berhasil menjual hingga 1.500 produk saat kampanye tanggal kembar berlangsung.

“Namanya era digital, kita sebagai pelaku UMKM mau nggak mau harus belajar biar bisa berkembang. Akhirnya saya pelajari itu fitur-fitur di Shopee termasuk live streaming. Sehari bisa live sampai 7 sesi. Alhamdulillah bisa tembus ratusan juta dalam sehari waktu 12.12,” ucap Triana.

Kisah sukses Triana pun menjadi inspirasi bagi pelaku UMKM lainnya untuk memberikan bukti bahwa pemanfaatan fitur-fitur inovatif di platform e-commerce dapat membawa kesuksesan dan pertumbuhan bisnis yang signifikan.

 

(*)

Video Populer

Foto Populer