Sukses


Macam-Macam Gerhana Bulan yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Gerhana bulan adalah fenomena alam yang terjadi ketika bulan terletak di belakang Bumi. Dalam bahasa Inggris, fenomena ini dikenal sebagai "lunar eclipse".

Terjadinya gerhana bulan dipengaruhi oleh posisi relatif antara matahari, Bumi, dan bulan. Proses terjadinya gerhana bulan ada beberapa fase.

Matahari menghasilkan cahaya yang memantul ke bulan. Ketika Bumi berada tepat di antara matahari dan bulan, bayangan Bumi jatuh ke permukaan bulan.

Hal ini menyebabkan bulan terlihat redup atau bahkan menghilang sama sekali selama beberapa saat. Proses ini disebut sebagai gerhana bulan total.

Kemudian, gerhana bulan juga bisa terjadi secara sebagian ketika bulan hanya sebagian masuk ke bayangan Bumi. Kondisi tersebut menyebabkan sebagian dari permukaan bulan terlihat redup.

Selain itu, ada gerhana bulan penumbra bisa terjadi ketika bulan hanya masuk ke dalam bagian tertutup dan terkena bayangan Bumi yang lebih tipis. Hal ini menyebabkan bulan terlihat sedikit redup.

Gerhana bulan terbagi dalam lima macam. Kelima gerhana bulan tersebut terjadi karena perbedaan proses terjadinya. Apa saja jenis gerhana bulan tersebut?

Berikut macam-macam gerhana bulan beserta penjelasannya yang perlu diketahui, Selasa (27/2/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Macam-Macam Gerhana Bulan yang Perlu Dipahami

Gerhana Bulan Total

Gerhana bulan total terjadi saat bulan sepenuhnya masuk ke dalam bayangan Bumi. Pada saat tersebut, Bulan biasanya memiliki warna merah kebakaran karena atmosfer Bumi membelokkan cahaya matahari dan menyebabkan warna merah mencolok. Ini sering disebut sebagai "Bulan Darah".

Gerhana Bulan Parsial

Ketika hanya sebagian kecil bulan yang masuk ke dalam bayangan Bumi, itu disebut gerhana bulan parsial. Pada saat ini, hanya sebagian dari bulan yang tampak redup.

3 dari 3 halaman

Macam-Macam Gerhana Bulan yang Perlu Dipahami

Gerhana Bulan Penumbral

Gerhana bulan penumbral terjadi ketika Bulan hanya melewati bagian samar-samar dari bayangan Bumi, yang disebut penumbra.

Perubahan dalam pencahayaan Bulan pada gerhana penumbral tidak seberapa mencolok dan bisa sulit untuk dikenali tanpa peralatan khusus.

Gerhana Bulan Hibrida

Gerhana bulan ini memiliki karakteristik gerhana total di beberapa wilayah dan parsial di wilayah lain. Hal ini disebabkan oleh variasi kecil dalam jarak antara bulan dan Bumi selama gerhana.

Gerhana Bulan Sebagian

Gerhana Bulan Sebagian terjadi ketika hanya sebagian dari bulan yang masuk ke dalam umbra, bagian paling gelap dari bayangan Bumi. Sisanya masih terkena penumbra.

 

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer