Sukses


5 Contoh Teks Persuasif Singkat tentang Kesehatan yang Bisa Dicermati

Bola.com, Jakarta - Di kehidupan sehari-hari, kita sering menjumpai teks persuasif, baik dalam bentuk iklan, pidato, editorial, brosur, atau kampanye politik.

Teks persuasif adalah jenis teks yang bertujuan untuk meyakinkan, memengaruhi, atau membujuk audiens agar setuju atau melakukan sesuatu sesuai dengan pendapat atau argumen yang disajikan.

Dalam teks persuasif, penulis akan menggunakan berbagai teknik persuasif seperti penggunaan fakta atau data, logika, emosi, testimonial, atau bahkan memanfaatkan otoritas untuk memperkuat argumennya.

Sebagai pembaca atau pendengar, kita perlu lebih waspada terhadap teks persuasif ini agar tidak mudah dipengaruhi tanpa pertimbangan yang matang.

Maka itu, kemampuan memahami dan menganalisis teks persuasif merupakan hal yang penting dalam kehidupan sehari-hari agar tidak mudah terbujuk oleh argumen yang tidak kuat.

Di sisi lain, ada beragam tema yang bisa diangkat dan dijadikan sumber inspirasi penulisan teks persuasif. Satu di antara tema yang umum dijumpai adalah tentang kesehatan.

Berikut lima contoh teks persuasif singkat tentang kesehatan yang bisa dicermati, Kamis (29/2/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Contoh Teks Persuasif Singkat tentang Kesehatan (1)

Sarapan sering dilewatkan oleh banyak orang. Alasan melewatkan sarapan sangat bervariasi, mulai ketidakmampuan untuk bergegas pergi ke kantor atau sekolah, tidak untuk lapar, dan tidak terbiasa makan di pagi hari.

Padahal, sarapan pagi adalah hal penting sebelum kita memulai aktivitas di pagi hari. Jika kita tidak sarapan, tubuh tidak akan lagi terserap di pagi hari, yang nantinya akan menyebabkan kurangnya energi saat beraktivitas di siang hari.

Jika kebiasaan tidak makan sarapan terus-menerus dan tanpa gangguan, tubuh bisa menjadi ringan di pagi hari dan membuat tubuh impoten ketika melakukan aktivitas di siang hari, yang berarti bahwa pekerjaan yang dilakukan tidak optimal.

Saat sarapan, disarankan untuk makan banyak karena sarapan dengan porsi besar dapat menyebabkan kantuk. Cukup saja selama perut tidak kosong dan tubuh memiliki energi yang cukup untuk bergerak.

Dengan memenuhi kebutuhan tubuh, tubuh kita menjadi lebih sehat, lebih kuat dan lebih bermanfaat.

Biasakan untuk sarapan di pagi hari. Jika Anda tidak punya waktu, Anda bisa membawa sarapan dan memakannya dalam perjalanan ke kantor, sekolah, atau kampus.

3 dari 6 halaman

Contoh Teks Persuasif Singkat tentang Kesehatan (2)

Budaya merokok sungguh kental di Indonesia, meski sudah disediakan bilik khusus rokok di beberapa titik, tidak menutup kemungkinan akan ada saja orang yang masih merokok di sembarang tempat. Padahal, rokok yang berisi cacahan daun tembakau kering ini memiliki banyak bahan kimia, seperti nikotin, tar, dan masih banyak lagi.

Katanya, rokok dapat membuat lebih konsentrasi dan meningkatkan mood agar menjadi lebih baik. Namun, itu semua hanya semu belaka. Faktanya, RSUP Dr. Sardjito kerap mengingatkan bahaya merokok yang dapat menyebabkan penyakit paru obstruktif kronis, bronkitis, hingga kanker paru akibat adanya efek karsinogenik. Rokok juga dapat menjadi candu yang menyebabkan pengguna sulit untuk berhenti.

Tak hanya untuk perokok aktif, perokok pasif pun dapat terkena dampak dari asap rokok yang ditimbulkan. Badan Kesehatan Dunia atau WHO menyebutkan bahwa terdapat kasus kematian dari perokok pasif sebanyak 890 ribu dari jumlah kematian 7 juta perokok aktif di setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan meskipun asap rokok sudah menghilang, sebanyak 4.000 zat berbahayanya masih berterbangan di udara dan dapat menjadi pemicu kanker.

Namun, jangan khawatir, tidak ada kata terlambat untuk melakukan perubahan yang lebih baik. Kita mendapat tubuh yang baik, sehat, dan sempurna ketika lahir, maka dari itu minimalkan segala hal yang dapat merugikan tubuh dan juga orang lain.

Menjaga kesehatan semaksimal mungkin salah satunya adalah dengan tidak merokok. Jangan sampai varian penyakit datang hanya gara-gara rokok.

Sayangi diri sendiri, keluarga, dan orang di sekitar Anda dengan tidak merokok. Mari berhenti merokok!

4 dari 6 halaman

Contoh Teks Persuasif Singkat tentang Kesehatan (3)

Tahukah kamu bahwa tubuh membutuhkan berbagai vitamin dan mineral? Ya, vitamin dan mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat.

Banyak sekali makanan yang mengandung gizi, dari buah, daging, susu, kacang-kacangan, dan sayuran. Hal ini membuktikan bahwa menerapkan pola hidup sehat bukan hal yang sulit karena semua makanan yang bergizi dapat dijumpai dengan mudah di sekitar kita.

Ketika kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh tercukupi maka tubuh akan menjadi sehat dan tidak mudah terkena penyakit. Namun, sebaliknya, apabila enggan mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin dan mineral maka tubuh akan lebih mudah terserang penyakit.

Oleh karena itu, mulai sekarang mari terapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin dan mineral, serta nutrisi lainya.

Selain makanan, kita juga harus mengimbanginya dengan olahraga yang teratur.

5 dari 6 halaman

Contoh Teks Persuasif Singkat tentang Kesehatan (4)

Kesehatan merupakan satu di antara hal paling penting dalam kehidupan. Sebagai manusia, kita harus menjaga kesehatan dengan benar agar tidak mudah terserang penyakit.

Penyakit jenisnya bisa bermacam-macam, dari sakit demam, flu, dan batuk. Berdasarkan sebuah penelitian, penyakit yang cukup sering menyerang warga Indonesia adalah flu dan batuk.

Penyakit ini membuat tidak nyaman serta dapat ditularkan dengan mudah. Bahkan penelitian mengatakan setidaknya satu juta warga Indonesia sakit flu batuk setiap tahun.

Itulah sebabnya kita harus menjaga kesehatan serta daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit flu dan batuk.

Caranya adalah dengan mengurangi makanan mengandung minyak serta minuman dingin. Selain itu, gunakan masker agar tidak mudah tertular orang lain.

6 dari 6 halaman

Contoh Teks Persuasif Singkat tentang Kesehatan (5)

Masih banyak yang berasumsi bahwa jalan kaki tidak bermanfaat. Padahal, olahraga yang ringan dan murah ini mengandung sejumlah manfaat yang baik bagi tubuh kita.

Menurut sebuah studi, berolahraga jalan kaki selama 30 menit ternyata mampu menurunkan risiko penyakit jantung sebanyak 40 persen. Berdasarkan data tersebut, berarti olahraga jalan kaki dapat memicu jantung untuk terus berdenyut lebih kencang sehingga jantung pun menguat, dan sirkulasi darah pun kian meningkat.

Selain itu, berjalan kaki secara teratur dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh. Hal ini dikarenakan berjalan kaki akan menuntut tubuh bergerak secara konstan yang mengakibatkan lemak dan kolesterol pun akan semakin menurun.

Itulah mengapa, biasakanlah berolahraga jalan kaki minimal selama 30 menit agar tubuh makin sehat dan terhindar dari serangan jantung serta penyakit yang disebabkan kolesterol.

 

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer