Sukses


9 Keutamaan Rutin Membaca Selawat yang Perlu Diketahui Umat Islam

Bola.com, Jakarta - Banyak keutamaan yang bisa diraih dengan rutin membaca selawat. Selawat merupakan doa yang berisi pujian dan permohonan ampun kepada Nabi Muhammad saw.

Melaksanakan rutinitas membaca selawat setiap hari dapat memberikan berbagai manfaat spiritual bagi umat muslim.

Satu di antara keutamaan rutin membaca selawat adalah menjadi bentuk penghargaan dan rasa cinta kepada Nabi Muhammad saw.

Sebagai umat muslim, tugas kita adalah mengingat dan menghormati Nabi sebagai utusan Allah Swt.

Dengan membaca selawat, kita memperlihatkan rasa cinta dan rasa syukur atas keberadaan Nabi yang telah membawa kita kepada agama Islam. 

Ada keutamaan lainnya yang bisa didapatkan dengan membaca selawat secara rutin, untuk memahaminya lebih lanjut Anda bisa menyimak artikel ini.

Berikut sembilan keutamaan rutin membaca selawat yang perlu diketahui umat Islam, Rabu (6/3/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Keutamaan Rutin Membaca Selawat

1. Mendekatkan diri kepada Allah

Membaca selawat merupakan satu di antara cara untuk mendekatkan diri kepada Allah karena zikir ini mengingat dan memuji Rasulullah saw. yang merupakan utusan Allah di dunia.

2. Meningkatkan kualitas ibadah

Membaca selawat juga dapat meningkatkan kualitas ibadah kita. Dengan mengucapkan selawat, kita mengingat dan memberi penghormatan kepada Rasulullah sehingga semangat dan keikhlasan dalam beribadah juga meningkat.

3. Mencapai rahmat Allah

Membaca selawat merupakan jalan untuk mendapatkan rahmat dan perdamaian dari Allah. Rasulullah saw. bersabda bahwa setiap kali seseorang membaca selawat, Allah akan memberikan 10 kali pahala kebaikan dan akan menghapuskan 10 kali dosa.

4. Menjadi syafaat di Hari Kiamat

Membaca selawat juga merupakan amalan yang akan menjadi syafaat di Hari Kiamat. Rasulullah saw. bersabda bahwa orang yang lebih banyak membaca selawat akan mendapatkan syafaatnya di akhirat.

5. Mendapatkan keberkahan dalam kehidupan

Membaca selawat juga dapat mengundang keberkahan dalam kehidupan kita. Rasulullah saw. bersabda bahwa setiap kali seseorang membaca selawat kepadanya, Allah akan memberikan keberkahan dalam hidupnya.

3 dari 3 halaman

Keutamaan Rutin Membaca Selawat

6. Menghapuskan dosa-dosa kecil

Membaca selawat dapat menghapuskan dosa-dosa kecil yang telah kita lakukan. Rasulullah saw. bersabda bahwa setiap kali kita membaca selawat, Allah akan menghapus dosa-dosa kecil yang kita lakukan.

7. Mendapatkan cinta dan kasih sayang Rasulullah

Membaca selawat juga dapat mendatangkan cinta dan kasih sayang Rasulullah kepada kita. Rasulullah saw bersabda bahwa orang yang mencintainya akan ditemani olehnya di surga.

8. Menjaga keseimbangan jiwa

Membaca selawat dapat menjaga keseimbangan jiwa kita. Dalam setiap selawat terkandung kalimat pujian, rasa syukur, dan meminta perlindungan kepada Allah, yang dapat menguatkan dan menenangkan jiwa kita.

9. Memperkuat ukhuwah Islamiyah

Membaca selawat juga dapat memperkuat ukhuwah Islamiyah, ikatan persaudaraan sesama muslim. Kegiatan rutin ini juga dapat menjadi sarana untuk saling mengingatkan dan memotivasi satu sama lain dalam menjalani ajaran Rasulullah saw.

 

Yuk, baca artikel Islami lainnya dnegan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer