Sukses


9 Dalil tentang Hari Kiamat yang Bisa Dihayati

Bola.com, Jakarta Hari kiamat merupakan suatu peristiwa yang diyakini oleh umat muslim sebagai akhir dari kehidupan di dunia ini dan dimulainya kehidupan di akhirat.

Menurut pandangan Islam, hari kiamat adalah saat di mana manusia akan dihidupkan kembali setelah mati untuk dihisab atau dipertanggungjawabkan atas segala perbuatan yang ia lakukan selama hidupnya.

Mengenai waktu pasti terjadinya hari kiamat, hanya Allah Swt. yang mengetahuinya.

Mengingat pentingnya hari kiamat dalam agama Islam, setiap muslim sebaiknya mempersiapkan diri dengan menjalankan perintah Allah Swt. dan menjauhi segala larangan-Nya.

Dengan demikian, umat muslim akan bisa menghadapi hari kiamat dengan keyakinan dan kesiapan yang baik, serta berharap untuk mendapatkan kebahagiaan abadi di akhirat.

Ada dalil-dalil tentang hari kiamat yang dapat dipetik dari ayat Al-Qur'an dan hadis.

Berikut sembilan dalil tentang hari kiamat yang bisa dihayati umat muslim, Kamis (14/3/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Dalil tentang Hari Kiamat

Dalil tentang Hari Kiamat (1)

"Hari kiamat tidak akan terjadi, hingga dua kelompok berperang. Pembunuhan besar-besaran akan berlangsung dan mereka berperang dengan tuntutan yang sama." (HR. Bukhari, Muslim)

Dalil tentang Hari Kiamat (2)

"Aku melihat Rasulullah saw. mengisyaratkan dengan jari telunjuk dan jari tengah yang dirapatkan, seraya berkata: Aku diutus sedangkan jarak antaraku dan kiamat seperti dua jari ini." (HR. Bukhari)

Dalil tentang Hari Kiamat (3)

لَّيْسَ الْبِرَّ أَن تُوَلُّوا وُجُوهَكُمْ قِبَلَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ وَلَٰكِنَّ الْبِرَّ مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَالْمَلَائِكَةِ وَالْكِتَابِ وَالنَّبِيِّينَ

"Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, dan nabi-nabi, …dst." (QS. Al Baqarah: 177)

3 dari 4 halaman

Dalil tentang Hari Kiamat

Dalil tentang Hari Kiamat (4)

اقْتَرَبَتِ السَّاعَةُ وَانشَقَّ الْقَمَرُ وَإِن يَرَوْا آيَةً يُعْرِضُوا وَيَقُولُوا سِحْرٌ مُّسْتَمِرٌّ

"Telah dekat (datangnya) saat (kiamat) itu, dan telah terbelah bulan. Dan jika mereka (orang-orang musyrikin) melihat sesuatu tanda (mukjizat), mereka berpaling dan berkata, '(Ini adalah) sihir yang terus menerus'." (QS. Al Qamar: 1-2)

Dalil tentang Hari Kiamat (5)

"Kiamat tidak akan terjadi hingga muncul para pendusta. Jumlah mereka kurang lebih 30 orang dan seluruhnya mendakwakan diri bahwa mereka adalah Rasulullah (utusan Allah)." (HR. Bukhari)

Dalil tentang Hari Kiamat (6)

اَلْقَارِعَةُۙ(١) مَا الْقَارِعَةُ ۚ (٢) وَمَآ اَدْرٰاكَ مَا الْقَارِعَةُ ۗ (٣) يَوْمَ يَكُوْنُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوْثِۙ (٤) وَتَكُوْنُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنْفُوْشِۗ (٥)

"Al-Qari'ah (hari Kiamat yang menggetarkan). Apakah Al-Qari'ah itu? Tahukah kamu apakah Al-Qari'ah itu? Pada hari itu manusia seperti laron yang beterbangan, dan gunung-gunung seperti bulu yang berhamburan." (QS. Al Qari’ah: 1-5)

4 dari 4 halaman

Dalil tentang Hari Kiamat

Dalil tentang Hari Kiamat (7)

اِنَّ السَّاعَةَ اٰتِيَـةٌ اَكَادُ اُخۡفِيۡهَا لِتُجۡزٰى كُلُّ نَفۡسٍۢ بِمَا تَسۡعٰى‏

"Sungguh, hari kiamat itu akan datang, Aku merahasiakan (waktunya) agar setiap orang dibalas sesuai dengan apa yang telah dia usahakan." (QS. Taha: 15)

Dalil tentang Hari Kiamat (8)

"Demi Allah Swt.! Kiamat tidak akan terjadi hingga muncul 20 orang pendusta, yang diakhiri oleh pendusta bermata satu (Dajal)." (HR. Ahmad)

Dalil tentang Hari Kiamat (9)

"Kiamat tidak akan terjadi hingga waktu terasa berjalan cepat; setahun seperti sebulan, sebulan seperti sepekan, sepekan seperti sehari dan sehari seperti sesaat, seperti cepatnya pelepah kurma yang kering terbakar." (HR. Tirmidzi)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer