Sukses


7 Bahaya Buka Puasa dengan Air Es yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Banyak dari kita yang tergoda untuk buka puasa dengan mengonsumsi minuman berupa air es.

Kebiasaan buka puasa dengan air es terlihat menyegarkan dan dapat menghilangkan dahaga dengan cepat.

Namun, kita perlu menyadari bahwa ada bahaya terkait yang perlu diwaspadai dengan kebiasaan ini.

Para ahli menyatakan bahwa meminum air es secara langsung saat buka puasa dapat memberikan efek buruk pada sistem pencernaan dan kesehatan kita secara keseluruhan.

Maka itu, sebaiknya kita menghindari kebiasaan buka puasa dengan air es. Lebih baik memilih minuman hangat seperti air putih, teh hangat, atau jus segar untuk menjaga kesehatan pencernaan dan tubuh secara keseluruhan.

Berikut tujuh bahaya buka puasa dengan air es yang perlu diketahui, Senin (18/3/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Bahaya Buka Puasa dengan Air Es

1. Sakit Tenggorokan

Minum air es ketika berbuka puasa dalam kondisi perut kosong dan dilakukan secara rutin bisa mengakibatkan sakit tenggorokan serta hidung tersumbat lantaran air es bisa menghasilkan penumpukan lendir berlebih di membran mukosa saluran pernapasan.

Ketika saluran pernapasan ini tersumbat, umumnya akan menjadi rentan terhadap banyak infeksi peradangan.

2. Gangguan Pencernaan

Para ahli mengklaim bahwa air es dan minuman dingin lainnya membuat pembuluh darah kencang sehingga menghambat pencernaan. Hal ini juga menghambat proses alami menyerap nutrisi selama pencernaan.

Suhu normal tubuh adalah 37 °C, dan ketika kita mengonsumsi sesuatu yang bersuhu sangat rendah, tubuh akan menggantinya dengan mengeluarkan energi untuk mengatur suhu ini.

Energi ekstra ini yang sekarang digunakan untuk mengatur suhu yang digunakan dalam proses pencernaan dan menyerap nutrisi.

3 dari 4 halaman

Bahaya Buka Puasa dengan Air Es

3. Menghambat Makanan ke Perut

Penelitian dari Southern Medical University, China, menyebutkan mengonsumsi air dingin dalam keadaan perut kosong bisa menimbulkan akalasia, yakni kondisi ketika otot kerongkongan tidak mampu mendorong makanan atau minuman masuk ke lambung.

4. Meningkatkan Risiko Infeksi

Minum es yang tidak higienis dapat meningkatkan risiko infeksi dan penyakit.

Bakteri dan kuman dapat hidup dan berkembang biak dalam es yang tidak bersih, terutama jika es dibuat dari air yang tidak steril.

5. Menyebabkan Permasalahan Gigi dan Mulut

Mengonsumsi banyak es dapat merusak enamel gigi dan menyebabkan keretakan pada gigi. Apabila terus dibiarkan, dapat permasalahan terhadap suhu dan nyeri mulut.

Orang yang terus mengunyah es mungkin memerlukan perawatan gigi untuk gigi berlubang, termasuk mengganti tambalan yang hilang.

4 dari 4 halaman

Bahaya Buka Puasa dengan Air Es

6. Sakit Kepala

Berdasar studi dari University Hospital, Uppsala, Swedia, air es bisa mengakibatkan sakit kepala. Dalam beberapa kasus, makanan atau minuman yang terlalu dingin bahkan dapat menyebabkan kepala dan otak terasa membeku atau "brain freeze".

7. Menurunkan Detak Jantung

Sejumlah riset menunjukkan, minum es saat buka puasa dapat menstimulasi saraf untuk menurunkan detak jantung, yang dalam beberapa kasus bisa berbahaya bagi jantung.

 

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer