Sukses


Bacaan Niat Salat Tasbih beserta Tata Caranya yang Mudah Dipahami

Bola.com, Jakarta - Salat tasbih merupakan satu di antara banyak salat sunah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah saw.

Salat tasbih menghadirkan ketenangan jiwa dan menjanjikan pahala berlimpah. Dalam sebuah hadis, Rasulullah saw. bersabda:

"Siapa saja yang mengerjakan salat tasbih maka dosanya akan diampuni, meski sebanyak buih di lautan." (HR. Abu Daud, Tirmidzi)

Disebut salat tasbih karena di setiap rakaatnya, zikir tasbih diulang sebanyak 300 kali. Zikir ini dilafalkan pada setiap perpindahan gerakan salat, mengantarkan hati pada ketenangan dan kekhusyukan yang mendalam.

Salat tasbih dapat dikerjakan kapan pun, baik siang maupun malam hari. Bagi yang ingin mendapatkan limpahan pahala, salat tasbih menjadi pilihan tepat.

Di tengah kesibukan dan hiruk pikuk dunia, salat ini hadir sebagai oase spiritual yang menyejukkan jiwa. Maka itu, mari kita belajar salat tasbih, lengkap dengan bacaan niat dan tata caranya yang benar.

Berikut bacaan niat salat tasbih beserta tata caranya yang bisa dipahami umat muslim, Selasa (2/4/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Bacaan Niat Salat Tasbih

  • Niat salat tasbih empat rakaat sekali salam.

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَسْبِيْحِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ لِلهِ تَعَالَى

"Ushalli sunnat tasbiihi arba‘a rak‘aatin lillaahi ta‘aalaa."

Artinya: "Aku menyengaja salat sunah tasbih empat rakaat karena Allah Ta'ala."

  • Niat salat tasbih empat rakaat dua kali salam.

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَسْبِيْحِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

"Ushalli sunnat tasbiihi rak‘ataini lillaahi ta‘aalaa."

Artinya: "Aku menyengaja salat sunah tasbih dua rakaat karena Allah Ta'ala."

3 dari 4 halaman

Tata Cara Salat Tasbih

Dalam tata cara salat tasbih, salat dikerjakan dalam dua rakaat. Menurut hadis riwayat Abu Dawud, Rasulullah saw. setidaknya ada 300 kalimat atau bacaan tasbih yang dibaca selama melaksanakan dua rakaat salat tasbih.

Dalam setiap satu rakaat, terdapat 15 bacaan tasbih saat berdiri, 10 kali bacaan tasbih saat rukuk, 10 kali bacaan tasbih Itidal, 10 kali bacaan tasbih saat sujud (dikali dua sujud jadi 20), 10 kali bacaan tasbih di antara dua sujud, dan 10 bacaan tasbih saat tasyahud akhir.

Jadi, dalam satu rakaat telah membaca total 75 kalimat tasbih, yang kemudian dilakukan kembali pada rakaat kedua.

Berikut tata cara salat tasbih yang harus dipahami:

  • Niat.
  • Takbiratul ihram.
  • Membaca doa Iftitah.
  • Membaca surah Al Fatihah.
  • Membaca surah dari Al-Qur'an.
  • Membaca tasbih sebanyak 15 kali.

Bacaan tasbih seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah saw. berikut ini:

سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله والله أكبر ولا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم

"Subhaanallah wal hamdulillah wa laailaaha illa alloohu wallaahu akbar wa laa hawla wa laa quwwata illa billaahil ‘aliyyil ‘azhiimi”. Dibaca Sebanyak 15 kali (sebelum rukuk)

  • Rukuk dan membaca doa seperti biasa. Setelah itu membaca tasbih di atas sebanyak 10 kali.
  • Iktidal dan membaca doa seperti biasa. Setelah itu membaca tasbih sebanyak 10 kali.
  • Sujud dan membaca doa seperti biasa. Setelah itu membaca tasbih seperti di atas sebanyak 10 kali.
  • Duduk di antara dua sujud dan membaca doa seperti biasa. Setelah itu membaca tasbih seperti di atas sebanyak 10 kali.
  • Sujud yang kedua kali dan membaca doa seperti biasa. Setelah itu membaca tasbih seperti di atas sebanyak 10 kali.
  • Membaca tasbih sebelum rakaat kedua. Sebelum berdiri untuk mengerjakan rakaat yang kedua, duduk istirahat sejenak sambil membaca tasbih seperti di atas sebanyak 10 kali.
  • Berdiri mengerjakan rakaat kedua sama seperti pada rakaat pertama.
  • Duduk tasyahud akhir. Pada tasyahud akhir membaca tasbih terlebih dahulu sebanyak 10 kali, kemudian baru membaca doa tasyahud akhir.
  • Diakhiri dengan salam.
4 dari 4 halaman

Bacaan Doa Salat Tasbih

Bacaan doa salat tasbih merupakan doa yang dibaca setelah melaksanakan salat. Adapun bacaan doa salat tasbih adalah sebagai berikut:

اَللّٰهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ تَوْفِيْقَ أَهْلِ الْهُدَى وَأَعْمَالَ أَهْلِ الْيَقِينِ وَمُنَاصَحَةَ أَهْلِ التَّوْبَةِ وَعَزْمَ أَهْلِ الصَّبْرِ وَوَجَلَ أَهْلِ الْخَشْيَةِ وَطَلَبَ أَهْلِ الرَّغْبَةِ وَتَعَبُّدَ أَهْلِ الْوَرَعِ وَعِرْفَانَ أَهْلِ الْعِلْمِ حَتَّى أَخَافَك اَللّٰهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ مَخَافَةً تَحْجِزُنِيْ عَنْ مَعَاصِيْكَ حَتَّى أَعْمَلَ بِطَاعَتِكَ عَمَلًا أَسْتَحِقُّ بِهِ رِضَاكَ وَحَتَّى أُنَاصِحَكَ بِالتَّوْبَةِ خَوْفًا مِنْكَ حَتَّى أَخْلُصَ لَكَ النَّصِيحَةَ حَيَاءً مِنْكَ وَحَتَّى أَتَوَكَّلَ عَلَيْكَ فِي الْأُمُورِ كُلِّهَا وَحَتَّى أَكُوْنَ أُحْسِنَ الظَنَّ بِكَ، سُبْحَانَ خَالِقِ النُّورِ

"Allahumma inni as'aluka taufîqa ahlil huda, wa a'mala ahlil yaqin, wa munashahata ahlit taubah, wa 'azma ahlis shabri, wa wajala ahlil khasyyah, wa thalaba ahlir raghbah, wa ta'abbuda ahlil wara'i, wa 'irfana ahlil 'ilmi hatta akhafak. Allahumma inni as'aluka makhafatan tahjizuni 'an ma'ashika hatta a'mala bi tha'atika 'amalan astahiqqu bihi ridhaka wa hatta unashihaka bit taubah, khaufan minka hatta akhlusha lakan nashihata haya'an minka wa hatta atawakkala 'alaika fil 'umuri kulliha wa hatta akuna 'uhsinuz zhanna bika, subhana khaliqin nur."

Artinya: "Ya Allah, kepada-Mu aku meminta petunjuk mereka yang terima hidayah, amal-amal orang yang yakin, ketulusan mereka yang bertobat, keteguhan hati mereka yang bersabar, kekhawatiran mereka yang takut (kepada-Mu), doa mereka yang berharap, ibadah mereka yang wara', dan kebijaksanaan mereka yang berilmu agar aku menjadi takut kepada-Mu. Ya Allah, masukkanlah rasa takut di kalbuku yang dapat menghalangi diri ini untuk mendurhakai-Mu. Dengan demikian aku dapat beramal saleh yang mengantarkanku pada rida-Mu, dan aku bertobat setulusnya karena takut kepada-Mu. Dengan itu pula aku beribadah secara tulus karena malu kepada-Mu. Dengan rasa takut itu aku menyerahkan segala urusanku kepada-Mu. Karena itu juga aku dapat berbaik sangka selalu kepada-Mu. Mahasuci Engkau Pencipta cahaya."

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer