Sukses


7 Keutamaan Salat Tasbih yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Rasulullah saw. mengajarkan salat tasbih sebagai satu di antara bentuk ibadah yang dapat mendatangkan keberkahan dan ampunan dari Allah Swt.

Dalam sebuah hadis riwayat Abu Hurairah, Rasulullah saw. pernah bersabda, "Barang siapa yang melaksanakan salat tasbih satu kali dalam hidupnya, niscaya Allah akan memberikan ampunan baginya."

Selain itu, salat tasbih bukan sekadar ibadah sunah biasa, tetapi juga pintu gerbang menuju limpahan pahala dan ketenangan jiwa.

Dalam praktik salat tasbih, umat muslim melakukan serangkaian gerakan salat dihiasi dengan lantunan bacaan tasbih sebanyak 300 kali dalam empat rakaat (siang hari) atau dua rakaat (malam hari).

Setiap gerakan salat dari takbir hingga salam, dihiasi dengan bacaan tasbih "Subhanallah walhamdulillah wa laa ilaaha illallahu wallahu akbar" sebanyak 75 kali.

Pada dasarnya, salat tasbih merupakan perwujudan rasa syukur dan pengagungan terhadap keagungan Allah Swt.

Selain itu, salat tasbih merupakan satu di antara amalan yang diajarkan oleh Rasulullah saw. karena memiliki banyak keutamaan.

Berikut tujuh keutamaan salat tasbih yang perlu diketahui umat muslim, Rabu (3/4/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Keutamaan Salat Tasbih

1. Menghapus Dosa dan Mendapat Ampunan

Keutamaan salat tasbih yang paling utama adalah menghapus dosa dan mendapatkan ampunan dari Allah Swt.

Rasulullah saw. bersabda, "Siapa saja yang menunaikan salat tasbih sekali dalam seumur hidup maka Allah hapuskan dosa-dosanya, baik dosa besar maupun kecil". (HR. Abu Dawud)

2. Memperkuat Iman

Salat tasbih menumbuhkan rasa syukur dan pengagungan terhadap keagungan Allah Swt. Hal ini secara bertahap memperkuat iman dan ketaatan kita kepada-Nya.

3. Menenangkan Jiwa

Lantunan tasbih yang berulang kali dalam salat tasbih membawa ketenangan jiwa bagi pelakunya.

Salat ini bagaikan wadah di tengah kesibukan, membantu kita untuk kembali fokus dan terhubung dengan Allah Swt.

3 dari 5 halaman

Keutamaan Salat Tasbih

4. Mendapat Kebahagiaan Hakiki

Pada hakikatnya, salat tasbih mengantarkan pada kebahagiaan hakiki. Dengan menunaikannya, hati menjadi tenang, tenteram, dan dekat dengan Allah Swt. Kebahagiaan inilah yang menjadi tujuan hidup utama manusia.

5. Mempunyai Tabungan Kebun Kurma di Surga

Keutamaan salat tasbih selanjutnya adalah mempunyai tabungan berupa kebun kurma di surga. Sebagaimana perkebunan di dunia, pemilik perkebunan di surga juga bisa memperoleh manfaatnya dengan memetik buah yang ada di surga, yaitu buah kurma.

4 dari 5 halaman

Keutamaan Salat Tasbih

6. Memberatkan Timbangan Amal Baik di Akhirat

Keutamaan keenam dari salat tasbih, yaitu memberatkan timbangan amal baik di akhirat. Pada hari akhir nanti, semua umat manusia akan ditimbang amalnya, baik itu amal baik dan buruk.

Maka itu, umat muslim dianjurkan untuk melaksanakan salat tasbih agar timbangan amal baiknya lebih berat dari amal buruknya sehingga dapat masuk surga.

Hal ini sesuai hadis Rasulullah saw. yang berbunyi, "Ada dua kalimat yang keduanya ringan diucapkan di lidah, tetapi memberatkan timbangan amal baik dan keduanya disukai oleh Ar Rahman, yaitu subhanallahi wa bihamdihi subhanallahil adzim".

5 dari 5 halaman

Keutamaan Salat Tasbih

7. Terhindar dari Penyakit yang Berat dan Kesedihan

Selanjutnya, manfaat salat tasbih adalah terhindar dari kesedihan dan penyakit yang berat. Hal ini sesuai hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu As Sunni dan Ahmad.

"Suatu kali Qabishah Al Makhariq mendatangi Rasulullah dan berkata, Wahai Rasulullah, ajarkan aku beberapa kalimat yang dengannya Allah memberi manfaat kepadaku karena sungguh umurku sudah tua dan aku merasa lemah untuk melakukan apa pun. Lalu Rasulullah bersabda, 'Jika engkau membacanya maka akan engkau terhindar dari kesedihan, kusta, penyakit biasa, belang, lumpuh akibat pendarahan otak'."

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer