Sukses


Daftar Planet yang Ada di Tata Surya Beserta Penjelasannya

Bola.com, Jakarta - Tata surya adalah kumpulan benda langit dengan matahari sebagai pusatnya. Tata Surya mengorbit pusat Galaksi Bimasakti dengan kecepatan sekitar 515.000 mph.

Saat ini, ada delapan planet yang terdaftar dalam Tata Surya kita. Keunikan masing-masing planet dan posisi mereka dalam tata surya memainkan peran penting dalam menjaga stabilitas dan keseimbangan sistem Tata Surya kita.

Tata surya membutuhkan sekitar 230 juta tahun untuk menyelesaikan satu orbit di sekitar pusat galaksi. Susunan tata surya terdiri dari Matahari dan keluarga benda antariksa yang mengelilinginya.

Tata surya dengan segala kemegahannya sebenarnya hanyalah sebagian kecil dari Galaksi Bimasakti yang kita tempati saat ini.

Selain Matahari, anggota terbesar yang berada di tata surya adalah planet. Ada delapan planet yang beredar mengelilingi Matahari.

Berikut daftar planet yang ada di tata surya beserta penjelasannya, Senin (22/4/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Daftar Planet yang Ada di Tata Surya

1. Merkurius

Merkurius adalah planet terdekat dengan Matahari dan planet terkecil di Tata Surya. Dengan suhu yang ekstrem, Merkurius adalah planet yang sangat panas di siang hari dan sangat dingin di malam hari.

Planet ini juga memiliki permukaan yang penuh dengan kawah dan lekukan, disebabkan oleh benturan meteor dan aktivitas vulkanik.

Merkurius tidak memiliki atmosfer yang signifikan dan tidak memiliki satelit alami.

2. Venus

Venus merupakan planet kedua terdekat dengan Matahari dan sering disebut sebagai "planet kembar Bumi" karena memiliki ukuran dan komposisi yang mirip Bumi.

Venus dikelilingi oleh atmosfer yang sangat tebal yang menghasilkan efek rumah kaca yang kuat sehingga menjadikannya planet terpanas di Tata Surya.

Permukaan Venus terdiri dari gunung berapi, ngarai, dan dataran tinggi. Venus juga memiliki fase bulan yang serupa dengan Bumi.

3. Bumi

Bumi merupakan planet ketiga dari Matahari dan satu-satunya planet yang diketahui memiliki kehidupan. Terdiri dari daratan dan lautan yang luas, Bumi adalah tempat asal bagi berbagai bentuk kehidupan, termasuk manusia.

Bumi memiliki beberapa ciri yang unik, seperti adanya lapisan ozon yang melindungi dari radiasi matahari berbahaya, dan medan magnet yang melindungi planet dari angin surya.

3 dari 4 halaman

Daftar Planet yang Ada di Tata Surya

4. Mars

Mars juga dikenal sebagai "Planet Merah" karena permukaannya yang tampak berwarna merah bata. Mars memiliki kutub utara dan selatan yang tertutup es dan dikelilingi oleh atmosfer yang tipis.

Mars memiliki fitur permukaan yang menarik, seperti lembah-lembah yang dalam, pegunungan yang tinggi, dan gunung berapi yang telah padam.

Para ilmuwan telah menemukan bukti keberadaan air di masa lalu di Mars, yang membuat planet ini menjadi objek penelitian kehidupan di Tata Surya.

5. Jupiter

Jupiter adalah planet terbesar di Tata Surya, bahkan lebih besar dari semua planet lainnya yang digabungkan.

Jupiter dikenal karena memiliki banyak bulan dan cincin. Planet ini terdiri dari lapisan gas yang dalam, dengan nuklir batuan yang diketahui ada di dalamnya.

Jupiter juga memiliki medan magnet yang kuat, dan fenomena seperti badai besar dan merah yang terlihat di permukaannya.

6. Saturnus

Saturnus dikenal karena cincinnya yang indah, Saturnus adalah planet terbesar kedua di Tata Surya setelah Jupiter. Cincin Saturnus terdiri dari partikel-partikel es dan debu yang mengorbit planet.

Saturnus terdiri dari lapisan gas yang dalam dan memiliki banyak bulan. Satu di antara bulan terkenal Saturnus, Titan, memiliki atmosfer yang mirip dengan awal kehidupan di Bumi.

4 dari 4 halaman

Daftar Planet yang Ada di Tata Surya

7. Uranus

Planet ini memiliki ciri khas warna biru yang sangat menonjol di Tata Surya. Uranus adalah planet raksasa gas yang terdiri dari lapisan hidrogen dan helium.

Satu di antara fitur menarik Uranus adalah kemiringan sumbunya yang ekstrem, yang menunjukkan planet ini mungkin pernah mengalami tabrakan besar dengan objek luar angkasa.

8. Neptunus

Neptunus merupakan planet terjauh dari Matahari dan merupakan planet terbesar keempat di Tata Surya. Neptunus terdiri dari lapisan gas yang sangat tebal dan memiliki atmosfer yang berisi gas metana, yang memberikan warna unik planet ini.

Neptunus juga memiliki sistem cincin yang mirip dengan Saturnus, meski tidak seterang dan setipis cincin Saturnus.

Planet yang terletak jauh ini memiliki cuaca yang ekstrem dengan angin yang mencapai kecepatan tertinggi di Tata Surya.

 

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer